Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi telah mempengaruhi pola belajar generasi Alpha yang akrab dengan perangkat digital. Teknologi yang peneliti pilih sebagai media pembelajaran adalah teknologi Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Assemblr Edu berbasis teknologi Augmented Reality yang dikolaborasikan dengan model pembelajaran Anchored Instruction untuk materi pencemaran lingkungan. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang disederhanakan menjadi tiga tahap. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas 7 SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media Assemblr Edu dengan model pembelajaran Anchored Instruction pada materi pencemaran lingkungan menunjukkan kategori “Sangat Valid” dengan dengan rata-rata skor 82,25%. Media Assemblr Edu dengan model pembelajaran Anchored Instruction pada materi pencemaran lingkungan dikategorikan sebagai media pembelajaran yang valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran
Article Details
Copyright (c) 2025 Riyanto, Roisatul Ummah, Neni Murniati, Rahmat Saleh, Nikmatul Iza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
