Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi telah mempengaruhi pola belajar generasi Alpha yang akrab dengan perangkat digital. Teknologi yang peneliti pilih sebagai media pembelajaran adalah teknologi Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Assemblr Edu berbasis teknologi Augmented Reality yang dikolaborasikan dengan model pembelajaran Anchored Instruction untuk materi pencemaran lingkungan. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang disederhanakan menjadi tiga tahap. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas 7 SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media Assemblr Edu dengan model pembelajaran Anchored Instruction pada materi pencemaran lingkungan menunjukkan kategori “Sangat Valid” dengan dengan rata-rata skor 82,25%. Media Assemblr Edu dengan model pembelajaran Anchored Instruction pada materi pencemaran lingkungan dikategorikan sebagai media pembelajaran yang valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran

Article Details

How to Cite
Riyanto, Ummah, R., Murniati, N., Saleh, R., & Iza, N. (2025). Pengembangan Media Assemblr Edu dengan Model Pembelajaran Anchored Instruction pada Materi Pencemaran Lingkungan : Development of Assemblr Edu Media with an Anchored Instruction Learning Model for Environmental Pollution Material. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 9(2), 311–319. https://doi.org/10.33369/diklabio.9.2.311-319