Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan media audio visual pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup, (2) Tinggi peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan media audio visual, (3) Penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar tersebut signifikan secara statistik. Penelitian ini merupakan pra-eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi peserta didik kelas VII SMP Kristen Kandora adalah 38 peserta didik, sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih 1 kelas sebanyak 22 peserta didik. Instrumen penelitian adalah pretest dan posttest berupa berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 nomor. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi klasifikasi makhluk hidup. Sebelum penerapan, hasil belajar peserta didik berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata 9,95, sedangkan setelah penggunaan media audio visual meningkat menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 21,36. Peningkatan tersebut diperkuat dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,75 yang menunjukkan kategori tinggi, menandakan bahwa media ini mampu memperbaiki pemahaman konsep peserta didik secara efektif.

Article Details

How to Cite
Shirafin, Muhiddin, N. H., & Saenab, S. (2025). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Kristen Kandora . Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 9(2), 329–339. https://doi.org/10.33369/diklabio.9.2.329-339