Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui kerangka dan kelayakan LKPD IPA berbasis service learning menurut dosen ahli dan praktisi, serta mengetahui reflective thinking peserta didik setelah belajar dengan menggunakan LKPD IPA berbasis service learning. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan metode 1) Tahap analisis, 2) perancangan, 3) pengembangan dan produksi, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Data dianalisis secara deskriptif yaitu hasil pengembangan LKPD IPA materi dampak pencemaran lingkungan terdiri atas kerangka umum yang berisi halaman judul, kompetensi, tujuan pembelajaran, peta konsep, dan lembar kegiatan, serta kerangka isi berisi judul, tujuan kegiatan, pengantar materi, alat dan bahan, langkah kerja, tabel dan gambar, pertanyaan diskusi, kesimpulan, dan kolom refleksi. Hasil penilaian validasi dari tim dosen ahli dan praktisi dilihat dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan memberikan hasil 94,75% sehingga bahan ajar LKPD IPA berbasis service learning yang dikembangkan memiliki kelayakan dengan kategori sangat baik. Hasil pretest-posttest kemampuan reflective thinking peserta didik sebelum dilakukan uji coba LKPD dan setelah peserta didik belajar dengan semua LKPD menunjukkan adanya peningkatan dengan rerata skor 61,4 berkategori kurang menjadi 79,4 berkategori cukup. Berdasarkan penilaian skor hasil tes pretest-posttest kemampuan reflective thinking maka peserta didik telah memiliki kemampuan reflective thinking.
Kata kunci : Reflective Thinking, LKPD, Service Learning
Article Details
Copyright (c) 2018 Nindya Puri Setiawati, Bhakti Karyadi, Ariefa Primair Yani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Andersen, Susan M. 1998. Service Learning: A National Strategy for Youth Development. http://gwdspace.wrlc.org, diakses 08 Februari 2017
- Asyraf, Lathifah., Syamsudin, Muhammad Munif., & Karsono. 2014. Efek Metode Service Learning Terhadap Kemandirian Anak. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id, diakses 08 Februari 2017
- Billig, Shelley H. 2000. Research on K-12 School-Based Service Learning: The Evidence Builds. USA: Denver. http://search.proquest.com, diakses 20 Februari 2017
- Borich, Gary D. 1994. Observation Skills for Effective Teaching. The University of Texas: USA
- Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. www.springer.com, diakses 08 Februari 2017
- Ennis, Robert H. 1993. Critical Thinking Assessment.http://faculty.education.illinois.edu, diakses 08 Februari 2017
- Ibda, Fatimah. 2015. Perkembangan Kognitif: Teori Jean Peaget. (Artikel Jurnal Intelektualita, Vol.3 (1), (http://jurnal.ar-raniry.ac.id,diakses 08 Februari 2017)
- Kemendikbud. 2016. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta:
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Salinan)
- Kirby. 2016. Service Learning Definitions and Benefits : What is Service Learning, (https://provost.wayne.edu, diakses 27 Januari 2017)
- Kuntjara, Esther., Palit, Herry., Arifin, Lilianny Sigit., Natadjaja,
- Listia., & Cahyono, Yohanes Budi. 2013. Panduan Pelaksanaan Service Learning. http://lppm.petra.ac.id, diakses 08 Februari 2017
- Nastiti, Chusnindiyah Sari., & Nurohman, Sabar. 2016. Pengembangan LKPD Materi Sistem Ekskresi Pada Ginjal untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Ingin Tahu Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Piyungan. http://www. journal.student.uny.ac.id, diakses 10 Februari 2017
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Salinan)
- Widiawati, Restu. 2016. Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Gender Kelas VIII di MTs Negeri Tanjunganom. http://www.simki.unpkediri.ac.id, diakses 28 Januari 2017
- Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
References
Andersen, Susan M. 1998. Service Learning: A National Strategy for Youth Development. http://gwdspace.wrlc.org, diakses 08 Februari 2017
Asyraf, Lathifah., Syamsudin, Muhammad Munif., & Karsono. 2014. Efek Metode Service Learning Terhadap Kemandirian Anak. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id, diakses 08 Februari 2017
Billig, Shelley H. 2000. Research on K-12 School-Based Service Learning: The Evidence Builds. USA: Denver. http://search.proquest.com, diakses 20 Februari 2017
Borich, Gary D. 1994. Observation Skills for Effective Teaching. The University of Texas: USA
Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. www.springer.com, diakses 08 Februari 2017
Ennis, Robert H. 1993. Critical Thinking Assessment.http://faculty.education.illinois.edu, diakses 08 Februari 2017
Ibda, Fatimah. 2015. Perkembangan Kognitif: Teori Jean Peaget. (Artikel Jurnal Intelektualita, Vol.3 (1), (http://jurnal.ar-raniry.ac.id,diakses 08 Februari 2017)
Kemendikbud. 2016. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Salinan)
Kirby. 2016. Service Learning Definitions and Benefits : What is Service Learning, (https://provost.wayne.edu, diakses 27 Januari 2017)
Kuntjara, Esther., Palit, Herry., Arifin, Lilianny Sigit., Natadjaja,
Listia., & Cahyono, Yohanes Budi. 2013. Panduan Pelaksanaan Service Learning. http://lppm.petra.ac.id, diakses 08 Februari 2017
Nastiti, Chusnindiyah Sari., & Nurohman, Sabar. 2016. Pengembangan LKPD Materi Sistem Ekskresi Pada Ginjal untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Ingin Tahu Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Piyungan. http://www. journal.student.uny.ac.id, diakses 10 Februari 2017
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Salinan)
Widiawati, Restu. 2016. Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Gender Kelas VIII di MTs Negeri Tanjunganom. http://www.simki.unpkediri.ac.id, diakses 28 Januari 2017
Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar