Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, serta mendeskripsikan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIIb SMPN 3 Marga Sakti Seblat dengan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru IPA Biologi sebagai peneliti dan seluruh siswa di kelas VIIb SMPN 3 Marga Sakti Seblat. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk memperoleh data aktivitas guru dan siswa serta lembar tes untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Hasil analisis data observasi aktivitas guru pada siklus 1 diperoleh rerata skor 21 dengan kriteria baik, kemudian meningkat disiklus II skor aktivitas guru meningkat menjadi 22 dengan kriteria baik. Hasil analisis data observasi aktivitas siswa pada siklus 1 diperoleh rerata skor 21 dengan kriteria baik, kemudian meningkat disiklus II menjadi 22 dengan kriteria baik. Presentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 47,22 % dengan kriteria belum tuntas, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 75 % dengan kriteria tuntas. Dari hasil analisa data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model PBM dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIIb SMPN 3 Marga Sakti Seblat.
Kata kunci: Hasil Belajar, Aktivitas belajar dan mengajar, Pembelajaran Berbasis Masalah
Article Details
Copyright (c) 2018 Puspira Dwi Okta, Yennita Yennita, Irwandi Ansori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Arikunto, dkk. 2010. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
- Khalifah, Siti. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
- Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Yrama Widya
- Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.
- Rusman. 2014. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.
- Suryadi, Ace. 2014. Pendidikan Indonesia Menuju 2025. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
- Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
References
Arikunto, dkk. 2010. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Khalifah, Siti. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Yrama Widya
Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.
Rusman. 2014. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Suryadi, Ace. 2014. Pendidikan Indonesia Menuju 2025. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara