Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dengan model Problem Based Learning (PBL) dikelas VIIIA SMPN 2 Lebong Utara. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas VIIIA SMPN 2 Lebong Utara. Variabel penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL), aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Pada siklus I aktivitas guru diperoleh skor rata-rata yaitu 27 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 29 (Baik). Pada siklus I aktivitas siswa diperoleh skor yaitu 25,5 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas siswa menjadi 29 (Baik). Hasil analisis persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 65% (tidak tuntas) dan pada siklus II meningkat menjadi 85% (tuntas). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMPN 2 Lebong Utara.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Aktivitas, Hasil Belajar
Article Details
Copyright (c) 2019 Putri Endah Nurfiyanti, Yennita Yennita, Dewi Jumiarni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Ahmar, Dap. 2012. Belajar dan Pembelajaran (eprints.uny.ac.id/ diakses 6 April 2018).
- Arikunto. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Dimyati dan Mujiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Hidayah. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Di Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sawang Kabupaten Aceh Selatan, 13 (1) :299-306 (http://etd.unsyiah.ac.id diakses 1 November 2017).
- Kemendikbud. 2014. Permendikbud No. 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SekolahMenengahPertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Kurniawan, D. E. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pernapasan Pada Siswa Kelas VIIIE SMPN 2 Kota Bengkulu. Skripsi Tidak Dipublikasi. Bengkulu: UNIB.
- Krida, Abi. 2012. Proses Pembelajaran. (eprints.uny.ac.id/ diakses 18 april 2018)
- Putra, S. R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.
- Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
- Sari, R. A. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Sudaryono. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Suryono, E. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Siswa Kelas XI IPA4 SMAN 1 Kota Bengkulu. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Bengkulu: UNIB.
- Wisudawati, A. W. & Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.
References
Ahmar, Dap. 2012. Belajar dan Pembelajaran (eprints.uny.ac.id/ diakses 6 April 2018).
Arikunto. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mujiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayah. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Di Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sawang Kabupaten Aceh Selatan, 13 (1) :299-306 (http://etd.unsyiah.ac.id diakses 1 November 2017).
Kemendikbud. 2014. Permendikbud No. 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SekolahMenengahPertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniawan, D. E. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pernapasan Pada Siswa Kelas VIIIE SMPN 2 Kota Bengkulu. Skripsi Tidak Dipublikasi. Bengkulu: UNIB.
Krida, Abi. 2012. Proses Pembelajaran. (eprints.uny.ac.id/ diakses 18 april 2018)
Putra, S. R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, R. A. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sudaryono. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suryono, E. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Siswa Kelas XI IPA4 SMAN 1 Kota Bengkulu. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Bengkulu: UNIB.
Wisudawati, A. W. & Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.