Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Biologi berbasis problem based learning pada materi pencemaran lingkungan dalam upaya meningkatkan kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah R & D dengan mengadopsi model Dick & Carey, yang terdiri dari 9 tahapan. Subjek penelitian adalah 31 orang peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah. Variabel penelitian adalah kemampuan memecahkan masalah peserta didik. Instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah berupa tes tertulis. Hasil dari pengembangan LKPD Biologi berbasis problem based learning materi pencemaran lingkungan terdiri atas lima unsur kerangka umum dan sembilan unsur kerangka inti. Hasil penilaian validasi keseluruhan aspek pada bahan ajar LKPD Biologi berbasis problem based learning materi pencemaran lingkungan yang dikembangkan memiliki kelayakan sangat baik dengan persentase 90,62%. Hasil pretest dan posttest kemampuan memecahkan masalah peserta didik sebelum dilakukan uji coba LKPD dan setelah diujicobakan LKPD menunjukkan adanya peningkatan hasil dengan rerata skor 61 menjadi 78. Maka pembelajaran dengan menggunakan LKPD Biologi hasil pengembangan problem based learning dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada materi pencemaran lingkungan kelas X SMA.

Kata Kunci : LKPD, memecahkan masalah,  problem based learning.

Article Details

How to Cite
Arestu, O. O., Karyadi, B., & Ansori, I. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MELALUI LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MASALAH. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 58–66. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.58-66

References

  1. Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar SMA/MA. Jakarta: Depdiknas.
  2. Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. 2005. The systematic design of instruction (6th ed.). New York: Allyn & Bacon, Published by Allyn and Bacon, Boston, MA. Copyright 2005 by Pearson Education. Adapted with permission from the publisher.
  3. Fardani, Rizki Nanda. 2016. Pengaruh Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis Inkuiri Materi Suhu dan Perubahan Terhadap Hasil Belajar Siswa, (digilib.unila.ac.id/22148/3 SKRIPSI%20, diakses tanggal 10 November 2017).
  4. Greenstein, Laura. 2012. Assessing 21st Century Skills. A guide evaluating mastery and authentic learning. Printed in the United States of America, Library of Congress Cataloging in Publication Data: Copyright 2012 by Corwin a Sage Company.
  5. Kurniawati, & Sri Endah. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Klasifikasi Tumbuhan untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas X SMA Taman Harapan Malang. (http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/40917,Diakses tanggal, 12 Juni 2018)
  6. Lestari, Oktavia Dwi. 2017. Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik MAN Godean pada Materi Pokok Momentum dan Impuls.
  7. Nasution, S. 1989. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  8. Permendikbud nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Biologi SekolahMenengah Atas/MadrasahAliyah.Jakarta:KementrianPendidikanDasardan Kebudayaan.
  9. Rahayu Rina, & Endang. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning di SMP. (https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/7184, Di akses tanggal 12 Juni 2018).
  10. Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kecana.
  11. Surna, I Nyoman., dan Pandeirot, Olga D. 2013. Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga.
  12. Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  13. Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  14. Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar).