Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif dan psikomotorik peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terstruktur di kelasIXA MTs Negeri 1 Lebong pada materi bioteknologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IXA MTs Negeri 1 Lebong tahun ajaran 2018/2019, yang terdiri dari 35 peserta didik. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terstruktur, serta hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif dan psikomotorik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil analisis data hasil belajar psikomotorik pada siklus I diperoleh skor rata-rata 12,4 (cukup) dan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 15,6 (baik). Hasil belajar ranah kognitif pada siklus I mendapatkan persentase sebesar 65,71% (tidak tuntas), dan meningkat pada siklus II menjadi 77,14% (tuntas). Kriteria ketuntasan minimal (KKM) peserta didik kelas IXA MTs Negeri 1 Lebong adalah ?70 dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah ?75%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IXA MTs Negeri 1 Lebong.

 

Kata Kunci : Inkuiri Terstruktur, Bioteknologi, Hasil Belajar

Article Details

Author Biography

Dedi Damhuri, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu


How to Cite
Damhuri, D., Idrus, I., & Jumiarni, D. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IXA MTsN 1 LEBONG. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 47–54. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.47-54

References

  1. Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama
  2. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
  3. Arikunto, S. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara
  4. Astuti, T.I., Irdam I., dan Yennita. 2018. Penerapan Model Pembelajaram Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Biologi Peserta didik SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2(1): 5-9
  5. Brickman, P. 2009. Effect of Inquiry-based Learning on Students Science Literacy Skill and Confidence. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. 3. (2): 1-22
  6. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakrta: Rineka Cipta
  7. Handriani, L.S., Ahmad H., dab Aris D. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Bepikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(1): 218
  8. Hartati, T.A.W., Aloysius D.C., Hadi S. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dan Siklus Belajar 5E terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Kemampuan Akademik Berbeda. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Malang. 3(1): 22-30
  9. Khalifah, N.U. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VIII 3 SMP 21 Kota Bengkulu. Skripsi Tidak Dipublikasi. Bengkulu:UNIB
  10. Margiastuti, S.N. 2015. Penerapan Model Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah dan Pemahaman Konsep Peserta didik pada Tema Ekosistem. Semarang: Universitas Negeri Semarang
  11. Novitsania, A. 2013. Perbedaan Keterampilan Proses Sains Antara Peserta didik yang Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dengan Peserta didik yang Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Konsep Fotosintesis. Skripsi Tidak Diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
  12. Rahmasiwi, A., Slamet S., Dewi P.S. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajran Biologi melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri di Kelas XI MIA 9 (ICT) SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UNS. 9(3): 428
  13. Sari, N.P. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dengan Bantuan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VIII7 SMPN 04 Kota Bengkulu. Skripsi Tidak Diterbitkan. Bengkulu: Universitas Bengkulu
  14. Sukardi. 2012. Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Indeks
  15. Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  16. Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Prenadamedia Group
  17. Turney, C. 1973. Sydney Micro Skills Handbook Series 1-5. Sidney: Sydney University