Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah yang dilakukan guru dan kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Variabel penelitian adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Memecahkan Masalah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 25,5 (Baik), dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 30 (Baik). Hasil analisis data aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh skor rata-rata 25,5 (Baik), dan pada siklus II skor aktivitas peserta didik menjadi 30 (Baik). Data hasil kemampuan peserta didik memecahkan masalah pada siklus I dianalisis berdasarkan kategori ketuntasan belajar klasikal dan diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 61% yang termasuk dalam kategori belum tuntas dan pada siklus II kemampuan peserta didik memecahkan masalah mengalami peningkatan dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu 85% dan termasuk dalam kategori tuntas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemampuan peserta didik memecahkan masalah.
Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, kemampuan memecahkan masalah, pencemaran lingkungan.
Article Details
Copyright (c) 2019 Try Liayunika, Sri Irawati, Yennita Yennita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
- Asrati, Sirtika. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning pada Materi Pengelolaan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta didik Kelas VIIc SMPN 9 Kota Bengkulu. Skripsi (Tidak diterbitkan).
- Fariroh, Aida dan Anggraito, Yustinus Ulung. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Virus Kelas X SMA. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Malang
- Gunantara, G., dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD 2 (1) (http://ejournal.undiksha.ac.id), diakses 21 Juli 2018).
- Permendikbud Nomor 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (salinan).
- Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
- Sukardi, H.M. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Syafi’i, Wan., dkk. (2011). Kemampuan Berfikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Peserta didik Melalui Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA SMAN 2 Pekan Baru. Jurnal Biogenesis, 8 (1). (http://ejournal.unri.ac.id/rticle/view/1872/1841), diakses 21 Juli 2017.
- Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
- Valentisari, Dewi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pengelolaan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta didik Kelas VIIG SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Bengkulu.
- Widoyoko, E.P. (2016). Evaluasi Program Pembelejaran.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
- Winarsunu, Tulus. (2015). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
- Yuniar, TE dan Widodo, AT. (2015). Problem Based Learning Berpendekatan Seven Jumps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik.(http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined), diakses 17 april 2018.
References
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Asrati, Sirtika. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning pada Materi Pengelolaan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta didik Kelas VIIc SMPN 9 Kota Bengkulu. Skripsi (Tidak diterbitkan).
Fariroh, Aida dan Anggraito, Yustinus Ulung. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Virus Kelas X SMA. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Malang
Gunantara, G., dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD 2 (1) (http://ejournal.undiksha.ac.id), diakses 21 Juli 2018).
Permendikbud Nomor 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (salinan).
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sukardi, H.M. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Syafi’i, Wan., dkk. (2011). Kemampuan Berfikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Peserta didik Melalui Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA SMAN 2 Pekan Baru. Jurnal Biogenesis, 8 (1). (http://ejournal.unri.ac.id/rticle/view/1872/1841), diakses 21 Juli 2017.
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Valentisari, Dewi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pengelolaan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta didik Kelas VIIG SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Bengkulu.
Widoyoko, E.P. (2016). Evaluasi Program Pembelejaran.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Winarsunu, Tulus. (2015). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Yuniar, TE dan Widodo, AT. (2015). Problem Based Learning Berpendekatan Seven Jumps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik.(http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined), diakses 17 april 2018.