Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan jenis tumbuhan mangrove yang terdapt di Taman Wisata Alam Pantai Panjang kota Bengkulu, (2) Membuat desain LKPD berbasis Discovery Learning berdasarkan hasil pengembangan dari studi tumbuhan Mangrove di kawasan TWA Pantai Panjang Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Berdasarkan hasil studi tumbuhan mangrove yang ditemukan sebanyak 7 jenis yaitu Rhizophora apiculata, Sonneratia alba, Avicennia lanata, Bruguiera cylindrical, Lumnitzera littorea, Acanthus ebracteatus, Xylocarpus granatum. Hasil studi ini kemudian dikembangkan menjadi bahan ajar berupa LKPD yang divalidasi oleh 3 validator menunjukkan skor rata-rata 51,3 dengan persentase keseluruhan kriteria sangat valid 85,5 % . LKPD juga diuji keterbacaan oleh 29 orang peserta didik kelas X SMA N 1 Bengkulu dengan hasil persentase 95,8 % dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan persentase dari skor rata-rata hasil validasi oleh ahli dan uji keterbacaan dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat valid dan sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar di sekolah pada sub materi keanekaragaman hayati jenis X SMA.
Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Discovery Learning, Mangrove
Article Details
Copyright (c) 2019 Mutia Lorena, Kasrina Kasrina, Ariefa Primair Yani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Cahyo, Agus N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Jogjakarta : DIVA Press
- Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan kualitatif. Jakarta. Rajawali Press.
- Hosnan. Dipl. Ed. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
- Junaidi (2014). Identifikasi Komposisi Vegetasi Mangrove Di Kawasan Wisata Alam Bangko-Bangko Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Penelitian UNRAM 18 (2), Diakses 22 Juli 2018.
- Kusuma, Tiani Alfi. Indawati. Alex. (2015). Model Discovery Learning Disertai Teknik Probing Prompting Dalam PembelajaranFisika di MA. Dalam Jurnal Pendidikan Fisika 3 (4), Di Akses 13 November 2017
- Laila dan Diah Lestari P. (2013). Mangrove Pilar yang Terlupakan. Tangerang. PT Nusantaralestari Ceriapratma
- Noor,Rusila, Y., M. Khazali, dan I N.N. Suryadiputra. (2006). Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. PHKA/WI-IP, Bogor.
- Nugraha, Rudijanta Tjahja (2011). Seri Buku Informasi Dan Potensi Mangrove Taman Nasional Alas Purwo. Banyuwangi. Balai Taman Nasional Alas Purwo.
- Permendikbud No 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah
- Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Menciptakn Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan.Yogyakarta: DIVA Press.
- Rahmat. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Berbasis Potensi Lokal Hutan Mangrove dengan Strategi Discovery Learning pada Materi Pokok Keanekaragaman Hayati untuk Kelas X di SMA Negeri 1 Popayato. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
- Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung : ALFABETA.
- Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
- Widarmayanti, R. P., Susantini, E., Ambarwati, R. (2015). Profil Validitas LKS BerbasisKeterampilan Proses Pada Subpokok Bahasan Invertebrata Untuk Kelas X SMA. Jurnal Bioedu 4 (1).
- Widyantini, T. 2013. Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sebagai Bahan Ajar. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika
References
Cahyo, Agus N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Jogjakarta : DIVA Press
Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan kualitatif. Jakarta. Rajawali Press.
Hosnan. Dipl. Ed. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Junaidi (2014). Identifikasi Komposisi Vegetasi Mangrove Di Kawasan Wisata Alam Bangko-Bangko Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Penelitian UNRAM 18 (2), Diakses 22 Juli 2018.
Kusuma, Tiani Alfi. Indawati. Alex. (2015). Model Discovery Learning Disertai Teknik Probing Prompting Dalam PembelajaranFisika di MA. Dalam Jurnal Pendidikan Fisika 3 (4), Di Akses 13 November 2017
Laila dan Diah Lestari P. (2013). Mangrove Pilar yang Terlupakan. Tangerang. PT Nusantaralestari Ceriapratma
Noor,Rusila, Y., M. Khazali, dan I N.N. Suryadiputra. (2006). Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. PHKA/WI-IP, Bogor.
Nugraha, Rudijanta Tjahja (2011). Seri Buku Informasi Dan Potensi Mangrove Taman Nasional Alas Purwo. Banyuwangi. Balai Taman Nasional Alas Purwo.
Permendikbud No 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah
Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Menciptakn Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan.Yogyakarta: DIVA Press.
Rahmat. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Berbasis Potensi Lokal Hutan Mangrove dengan Strategi Discovery Learning pada Materi Pokok Keanekaragaman Hayati untuk Kelas X di SMA Negeri 1 Popayato. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung : ALFABETA.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Widarmayanti, R. P., Susantini, E., Ambarwati, R. (2015). Profil Validitas LKS BerbasisKeterampilan Proses Pada Subpokok Bahasan Invertebrata Untuk Kelas X SMA. Jurnal Bioedu 4 (1).
Widyantini, T. 2013. Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sebagai Bahan Ajar. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika