Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik menggunakan model Discovery Learning di Kelas VIIIj SMPN 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VIII dengan sampel siswa kelas VIIIjSMPN 5 Kota Bengkulu. Variabel penelitian ini adalah model Discovery Learning dan hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Hasil analisis data persentase ketuntasan hasil belajar ranah kognitif pada siklus I yaitu 63,3% yang termasuk kedalam kategori belum tuntas dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik dalam ranah kognitif mengalami peningkatan menjadi 80% dan termasuk dalam kategori tuntas. Selanjutnya hasil analisis data hasil belajar peserta didik ranah psikomotor siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 14,03 (baik) dan pada siklus II skor hasil belajar peserta didik ranah psikomotor menjadi 17 (baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VIIIj SMPN 5 Kota Bengkulu.

Kata kunci :  Model Discovery Learning, Sistem Pernapasan Manusia, Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Verdianingsih, T. U., Irawati, S., & Jumiarni, D. (2021). PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VIIIJ SMPN 5 KOTA BENGKULU. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 13–21. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.1.13-21

References

  1. Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  2. Hilda, L. 2015. Pendekatan Saintifik pada Proses Pembelajaran. Jurnal Darul ‘Ilmi, 3 (1):76-85.(online) (http://perpustakaanstainpsp. net/ejournal/index.php/darulilmi/article/view/354/351). Diakses pada tanggal 1 September 2018
  3. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
  4. Kadir, A. 2015. Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib, 8 (2): 71. (online) (http://ejournal.iainken dari.ac. id/altadib/article/view/411/396). Diakses pada 27 Januari 2019
  5. Machali, I. 2014. Kebijakan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, III (1): 73. (online) (http://digilib.uinsuka.ac .id/24230/1/ImamMachali- Kebija kan-Perubahan-Kurikulum 2013 - JPI Vol III%2C Nomor 1%2C Juni 2014.pdf). Diakses pada tanggal 1 september 2018
  6. Maladewi, K. 2016 Penerapan Model Discovery Learning pada Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa Kelas VIIB SMPN 2 Kota Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Bengkulu: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Bengkulu
  7. Nurdin, S dan Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
  8. Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (salinan)
  9. Ratnasari,R.Y dan Erman. 2018. Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA Materi Zat Aditif untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Jurnal Pensa, 5(3):328. (online) (https://media.neliti.com/media/publications/253234-penerapan-model-discovery-learning-dalam-1cc2013d.pdf). Diakses pada tanggal 27 Januari 2019)
  10. Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
  11. Sani, R.A. 2014 Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
  12. Sari, F.N. 2018. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar melalui Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Diklabio, 2 (2): 86-93. (online) (https://ejournal.unib.ac.id/ind ex.php/jppb/article/view/6811/3403). Diakses pada tanggal 1 September 2018
  13. Sudijono, A. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
  14. Suprihatiningrum, J. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
  15. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  16. Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W. dan Suastra, I. W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil belajar IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (1): 8-11. (online) (http://pasca.undiksha. ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/view/134). Diakses tanggal 5 September 2018