Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik menggunakan model Discovery Learning di Kelas VIIIj SMPN 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VIII dengan sampel siswa kelas VIIIjSMPN 5 Kota Bengkulu. Variabel penelitian ini adalah model Discovery Learning dan hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Hasil analisis data persentase ketuntasan hasil belajar ranah kognitif pada siklus I yaitu 63,3% yang termasuk kedalam kategori belum tuntas dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik dalam ranah kognitif mengalami peningkatan menjadi 80% dan termasuk dalam kategori tuntas. Selanjutnya hasil analisis data hasil belajar peserta didik ranah psikomotor siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 14,03 (baik) dan pada siklus II skor hasil belajar peserta didik ranah psikomotor menjadi 17 (baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VIIIj SMPN 5 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Model Discovery Learning, Sistem Pernapasan Manusia, Hasil Belajar
Article Details
Copyright (c) 2021 Tiyas Utami Verdianingsih, Sri Irawati, Dewi Jumiarni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Hilda, L. 2015. Pendekatan Saintifik pada Proses Pembelajaran. Jurnal Darul ‘Ilmi, 3 (1):76-85.(online) (http://perpustakaanstainpsp. net/ejournal/index.php/darulilmi/article/view/354/351). Diakses pada tanggal 1 September 2018
- Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
- Kadir, A. 2015. Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib, 8 (2): 71. (online) (http://ejournal.iainken dari.ac. id/altadib/article/view/411/396). Diakses pada 27 Januari 2019
- Machali, I. 2014. Kebijakan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, III (1): 73. (online) (http://digilib.uinsuka.ac .id/24230/1/ImamMachali- Kebija kan-Perubahan-Kurikulum 2013 - JPI Vol III%2C Nomor 1%2C Juni 2014.pdf). Diakses pada tanggal 1 september 2018
- Maladewi, K. 2016 Penerapan Model Discovery Learning pada Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa Kelas VIIB SMPN 2 Kota Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Bengkulu: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Bengkulu
- Nurdin, S dan Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
- Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (salinan)
- Ratnasari,R.Y dan Erman. 2018. Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA Materi Zat Aditif untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Jurnal Pensa, 5(3):328. (online) (https://media.neliti.com/media/publications/253234-penerapan-model-discovery-learning-dalam-1cc2013d.pdf). Diakses pada tanggal 27 Januari 2019)
- Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
- Sani, R.A. 2014 Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
- Sari, F.N. 2018. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar melalui Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Diklabio, 2 (2): 86-93. (online) (https://ejournal.unib.ac.id/ind ex.php/jppb/article/view/6811/3403). Diakses pada tanggal 1 September 2018
- Sudijono, A. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
- Suprihatiningrum, J. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
- Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W. dan Suastra, I. W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil belajar IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (1): 8-11. (online) (http://pasca.undiksha. ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/view/134). Diakses tanggal 5 September 2018
References
Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hilda, L. 2015. Pendekatan Saintifik pada Proses Pembelajaran. Jurnal Darul ‘Ilmi, 3 (1):76-85.(online) (http://perpustakaanstainpsp. net/ejournal/index.php/darulilmi/article/view/354/351). Diakses pada tanggal 1 September 2018
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Kadir, A. 2015. Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib, 8 (2): 71. (online) (http://ejournal.iainken dari.ac. id/altadib/article/view/411/396). Diakses pada 27 Januari 2019
Machali, I. 2014. Kebijakan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, III (1): 73. (online) (http://digilib.uinsuka.ac .id/24230/1/ImamMachali- Kebija kan-Perubahan-Kurikulum 2013 - JPI Vol III%2C Nomor 1%2C Juni 2014.pdf). Diakses pada tanggal 1 september 2018
Maladewi, K. 2016 Penerapan Model Discovery Learning pada Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa Kelas VIIB SMPN 2 Kota Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Bengkulu: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Bengkulu
Nurdin, S dan Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (salinan)
Ratnasari,R.Y dan Erman. 2018. Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA Materi Zat Aditif untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Jurnal Pensa, 5(3):328. (online) (https://media.neliti.com/media/publications/253234-penerapan-model-discovery-learning-dalam-1cc2013d.pdf). Diakses pada tanggal 27 Januari 2019)
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Sani, R.A. 2014 Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Sari, F.N. 2018. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar melalui Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Diklabio, 2 (2): 86-93. (online) (https://ejournal.unib.ac.id/ind ex.php/jppb/article/view/6811/3403). Diakses pada tanggal 1 September 2018
Sudijono, A. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Suprihatiningrum, J. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W. dan Suastra, I. W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil belajar IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (1): 8-11. (online) (http://pasca.undiksha. ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/view/134). Diakses tanggal 5 September 2018