Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model koperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan media puzzle di Kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi penilaian hasil belajar ranah psikomotor. Hasil analisis persentase ketuntasan belajar peserta didik ranah kognitif pada siklus I yaitu 59,37% (tidak tuntas) dan pada siklus II meningkat menjadi 81,25% (tuntas). Sedangkan dalam ranah psikomotor pada siklus I dengan rerata skor hasil belajar psikomotor peserta didik dari 13,81 mengalami peningkatan di siklus II menjadi 14,86. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan.
Kata Kunci : Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar
Article Details
Copyright (c) 2020 Prendi Niki Halhaji, Irdam Idrus, Sri Irawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Aqib, Zainal. 2014. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya.
- Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
- Herviza, Meftha,. Jumiarni, Dewi,. dan Irawati, Sri. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Peserta Didik Smpn 3 Kaur. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. Vol 2(2): 94-101.
- Husna, Nurul,. Sar, Sri Adelila ,. dan A, Halim. 2017. Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol 5 (1) : 66.
- Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.
- Peraturan Mendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia (Salinan).
- Ristiono,.Novriyanti, Ernie,. dan Yuda, Lamia Trisni. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Gambar Berwarna Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta didik Kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan. Jurnal Ta’dib. Volume 15 (1):107.
- Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Tindakan Kelas Jakarta : Pranamedia Grup.
- Side, Sumiati,. Hardin,. dan Tanrere, Munir. 2013. Penerapan Metode Diskusi Berkelanjutan pada Mata Pelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI IPA 6 SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Chemica. Vol 14 (1) : 46.
- Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
- Sumarmin, Ramadhan,. Pardismi,. dan Gusril. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA2 SMA Negeri 2 Solok Selatan. Bioeducation Journal. Vol I (2) : 47.
- Suparmi. 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Kelas VII-1 SMPN 25 Pekanbaru. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Volume 4 (2) : 99.
- Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
- Taniredja, Tukiran,. Faridli, Efi Miftah,. dan Harmianto, Sri. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung : Alfabeta.
- Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara.
- Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
References
Aqib, Zainal. 2014. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Herviza, Meftha,. Jumiarni, Dewi,. dan Irawati, Sri. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Peserta Didik Smpn 3 Kaur. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. Vol 2(2): 94-101.
Husna, Nurul,. Sar, Sri Adelila ,. dan A, Halim. 2017. Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol 5 (1) : 66.
Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.
Peraturan Mendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia (Salinan).
Ristiono,.Novriyanti, Ernie,. dan Yuda, Lamia Trisni. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Gambar Berwarna Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta didik Kelas XI SMAN 1 Koto XI Tarusan. Jurnal Ta’dib. Volume 15 (1):107.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Tindakan Kelas Jakarta : Pranamedia Grup.
Side, Sumiati,. Hardin,. dan Tanrere, Munir. 2013. Penerapan Metode Diskusi Berkelanjutan pada Mata Pelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI IPA 6 SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Chemica. Vol 14 (1) : 46.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sumarmin, Ramadhan,. Pardismi,. dan Gusril. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA2 SMA Negeri 2 Solok Selatan. Bioeducation Journal. Vol I (2) : 47.
Suparmi. 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Kelas VII-1 SMPN 25 Pekanbaru. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Volume 4 (2) : 99.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Taniredja, Tukiran,. Faridli, Efi Miftah,. dan Harmianto, Sri. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung : Alfabeta.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta