Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan model embelajaran Inkuiri Terstruktur pada materi Tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru biologi dan peserta didik kelas VIIBMTsN 02 Kepahiang tahun ajaran 2018/2019. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terstruktur dan hasil belajar kognitif dan psikomotor. Data dianalisis secara deskriptif berdasarkan data hasil observasi dan tes. Hasil belajar ranah kognitif siklus I memiliki persentase 72.2% (belum tuntas) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 83.3% (tuntas). Hasil belajar psikomotor peserta didik siklus I memiliki persentase 67% (belum tuntas) kemudian  meningkat pada siklus II menjadi 83,3% (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan psikomotorik peserta didik kelas VIIB MTsN 02 Kepahiang.

 

Kata kunci : hasil belajar kognitif, hasil belajr psikomotorik, model pembelajaran inkuiri terstruktur

Article Details

How to Cite
Amini, A., Irawati, S., & Kasrina, K. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIB MTsN 02 KEPAHIANG. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 55–64. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.55-64

References

  1. Afni, Ragil Tiara. 2015. sPenerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Peserta didik Kelas VIIIA SMPN11 Kota Bengkulu. Skripsi Tidak Diterbitkan. Bengkulu: FKIPUNIB.
  2. Anam, Khoirul. 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Dimyatidan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Fang, Su-Chi dkk. 2016. Investigating the Effects of Structured and Guided Inquiry on Students’ Development of Conceptual Knowledge and Inquiry Abilities: A Case Study in Taiwan. International Journal of Science Education 38(12): 1-27.
  6. Handriani, Lia Saptini. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 1(3): 210-220.
  7. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  8. Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kemendikbud.
  9. Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  10. Muhtadi, Ali. 2016. Pendekatan Constructivist Learning Cycle untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Lebih Bermakna pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Journal Ilmiah Pembelajaran 2(1): 92-110.
  11. Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
  12. Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
  13. Salim, Kalbin dan D.H. Tiawa. 2015. Implementation of Structured Inquiry Based Model Learning Toward Students’ Understanding of Geometry. International Journal of Research in Education and Science (IJRES) 1(1):74-83.
  14. Seniwati. 2016. Peningkatan Aktivitas, Sikap dan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Peserta didik Kelas X1 SMA Negeri 1 Bontonompo. Jurnal Nalar Pendidikan 3(1):5862.
  15. Simbolon, Dedi Holden. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik. Jurnal Pedidikan dan Kebudayaan 21(3): 299-315.
  16. Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta:Bumi Aksara.
  17. Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  18. Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remadja Rosdakarya.
  19. Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada media Group.
  20. Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Prenadamedia Group.
  21. Ulansari, Putri Tuti., Irwandi, A. & Yennita. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Diklabio: Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 2(1): 27-33.
  22. Yusuf, Rusli. 2011. Pendidikan dan Investasi Sosial. Bandung: Alfabeta.
  23. Zaenab, Nurul. 2015. Penerapan Model Inkuiri Terstruktur Berbantuan LKPD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas VIIIA SMPN 4 Tandun Rokan Hulu. Jurnal Pendidikan UNP, 2(2): 43-54
  24. Zubaidah, Siti. Susriyati Mahanal, dan Lia Yuliati. 2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.