Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan berdasarkan inventarisasi capung untuk mengukur keterampilan proses dasar peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA2 SMA Negeri 7 Bengkulu Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) dengan instrumen yang digunakan berupa lembar angket (kuesioner) untuk tiga orang validator (dua orang dosen pendidikan Biologi Universitas Bengkulu dan satu orang guru Biologi SMA N 7 Bengkulu Utara) dan lembar keterbacaaan untuk peserta didik. Berdasarkan hasil validasi oleh validator LKPD yang disusun memperoleh hasil persentase rata-rata skor 88% (kategori sangat layak) dan 98,5% dalam uji keterbacaan oleh 27 peserta didik kelas X IPA2 SMA N 7 Bengkulu Utara. Berdasarkan hasil tersebut dinyatakan bahwa desain LKPD yang disusun layak digunakan sebagai bahan ajar materi Keanekaragaman Hayati.
Kata kunci: Capung, Inventarisasi, Pengembangan LKPD.
Article Details
Copyright (c) 2020 Rani Hidayanti, Irwandi Ansori, Yennita Yennita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Anas, Sudijono. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
- Asy’ari, Malischa. 2006. Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi Masyarakatdalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.
- Emzir. 2012. Metodologi Penelitin Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Rajagrafindo persada
- Fajri. A., Abdul.R., Ariefa. P.Y. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Vertebrata Kelas X Berdasarkan Invetarisasi Ikan Laut. Diklabio 2 (2) : 52-57.
- Majid. 2009. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan standar Kompetensi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
- Munandar, Haris., Yusrizal., Mustanir. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai Islam pada Materi Hidrolisis Garam. JPSI 3(1) : 27-37.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta : Permendikbud.
- Riduwan. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
- Rosalia.R., Ariefa.P.Y., Kasrina. 2017. Pengembangan LKS Berdasarkan Hasil Studi Identifikasi Jenis Bambu di Desa Harapan Makmur. Diklabio 1 (1) : 93-102.
- Ruyani. A. 2010. Intergrating The Message Of Turtle Concervation Into a Science Teaching Plan For Elementary School In Bengkulu City. Asian Turtle Conservation Network.
- Sanjaya, P. 1970. Dasar-Dasar Ekologi Serangga. Bogor: IPB
- Shelly, A.A., Sri, R., Ariefa. P.Y. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII.1. Diklabio 1 (1) : 103-108.
- Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT. Bumi Aksara
- Trisna, D.M., Aceng.R., Yennita. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didikuntuk Menilai Kecenderungan Berperilaku Konservasi Kura-Kura. Diklabio 2 (2) : 102-107.
- Widarmayanti, R.P., Susantini, E., Ambarwati, R. 2015. Profil Validitas LKS Berbasis Keterampilan Proses pada Sub-Pokok Bahasaan Invertebrata Untuk SMA. Jurnal Bioedu. 4 (1) : 2302-9528.
- Widjajanti, E. P. 2008. Pelatihan Penyusunan LKPD Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMA/SMK. Yogyakarta : FMIPA UNY.
- Wulansari, Shella Dyah. 2013. Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Dengan Media Grafis Pada Siswa Kelas IV A SDN 2 Langkapura Tahun Pelajaran 2013/2014. Lampung : Universitas lampung.
References
Anas, Sudijono. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Asy’ari, Malischa. 2006. Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi Masyarakatdalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitin Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Rajagrafindo persada
Fajri. A., Abdul.R., Ariefa. P.Y. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Vertebrata Kelas X Berdasarkan Invetarisasi Ikan Laut. Diklabio 2 (2) : 52-57.
Majid. 2009. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan standar Kompetensi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Munandar, Haris., Yusrizal., Mustanir. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai Islam pada Materi Hidrolisis Garam. JPSI 3(1) : 27-37.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta : Permendikbud.
Riduwan. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
Rosalia.R., Ariefa.P.Y., Kasrina. 2017. Pengembangan LKS Berdasarkan Hasil Studi Identifikasi Jenis Bambu di Desa Harapan Makmur. Diklabio 1 (1) : 93-102.
Ruyani. A. 2010. Intergrating The Message Of Turtle Concervation Into a Science Teaching Plan For Elementary School In Bengkulu City. Asian Turtle Conservation Network.
Sanjaya, P. 1970. Dasar-Dasar Ekologi Serangga. Bogor: IPB
Shelly, A.A., Sri, R., Ariefa. P.Y. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII.1. Diklabio 1 (1) : 103-108.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Trisna, D.M., Aceng.R., Yennita. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didikuntuk Menilai Kecenderungan Berperilaku Konservasi Kura-Kura. Diklabio 2 (2) : 102-107.
Widarmayanti, R.P., Susantini, E., Ambarwati, R. 2015. Profil Validitas LKS Berbasis Keterampilan Proses pada Sub-Pokok Bahasaan Invertebrata Untuk SMA. Jurnal Bioedu. 4 (1) : 2302-9528.
Widjajanti, E. P. 2008. Pelatihan Penyusunan LKPD Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMA/SMK. Yogyakarta : FMIPA UNY.
Wulansari, Shella Dyah. 2013. Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Dengan Media Grafis Pada Siswa Kelas IV A SDN 2 Langkapura Tahun Pelajaran 2013/2014. Lampung : Universitas lampung.