Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan model Discovery Learning pada materi Sistem Koordinasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XIIPA2 SMAN 1 Kepahiang. Variabel penelitian ini adalah model Discovery Learning dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik ranah pengetahuan pada siklus I yaitu 54,28% yang termasuk kedalam kategori belum tuntas dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik ranah pengetahuan mengalami peningkatan menjadi 82,85% dan termasuk dalam kategori tuntas. Selanjutnya, hasil belajar peserta didik dalam ranah keterampilan pada siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 11,94 termasuk kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 13,28 termasuk kategori baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XIIPA2 SMAN 1 Kepahiang.
Kata kunci : Hasil Belajar, Model Discovery Learning
Article Details
Copyright (c) 2021 Zelin Agusriyalni, Irdam Idrus, Yennita Yennita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum. 2013. Bandung: PT Refika Aditama
- Amyani, E. S., Irwandi A., & Sri I. 2018. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2 (1): 15-20. (Online). (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/5137/2696), diakses tanggal 13 Juli 2019
- Ashyuri, A. B., Maridi & Slamet S. 2017. Pengaruh Penerapan Model Guided Discovery Learning Metode Concept Maps dan Mind Maps terhadap Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA. Proceeding Biology Education Conference. 14(1): 301-304. (Online). (https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/17860/14258), diakses tanggal 8 September 2018
- Astuti, T. I., Irdam I., & Yennita. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Biologi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2 (1): 5-9. (Online). (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/5124/269), diakses tanggal 13 Juli 2019
- Jauhar, M. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai Konstrukti-vistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
- Kemendikbud, 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud
- Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
- Novita, F., Sri I., & Dewi J. 2018. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2 (2): 86-93. (Online). (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/6811/3403), diakses tanggal 13 Juli 2019
- Nurgazali, Fadhlan. 2019. Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 1: 1-9. (Online). (https://www.researchgate.net/publication/330411031_Model_Discovery_Learning_Dalam_Pembelajaran_Matematika), diakses tanggal 20 Maret 2019
- Putrayasa, I. M., H. Syahruddin., & I Gede M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. 2 (1): 1-11. (Online). (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3087/2561), diakses tanggal 29 Juni 2019
- Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Rosa, Friska O. 2015. Analisis Kemampuan Siswa Kelas X Pada Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika. 1 (2): 1-5.(Online). (http://omega.uhamka.ac.id/index.php/omega/article/view/37/43), diakses tanggal 22 Juni 2019
- Sani, Ridwan Abdullah dan Sudiran. 2017. Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru. Tangerang: Tsmart
- Sardiman, 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar. Bandung: Rajawali Pers
- Sudijono, A. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
- Utomo, Mugi. 2015. Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Biologi Materi Jamur Di Sma Negeri 3 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 7 (3): 1809-1820. (Online)(http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/17185), diakses tanggal 29 Juni 2019
- Widiadnyana, I W., I W. Sadia., & I W.
- Suastra. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. 4: 1-13. (online). (http://119.252.161254/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1344/1036.), diakses tanggal 22 Maret 2019
References
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum. 2013. Bandung: PT Refika Aditama
Amyani, E. S., Irwandi A., & Sri I. 2018. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2 (1): 15-20. (Online). (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/5137/2696), diakses tanggal 13 Juli 2019
Ashyuri, A. B., Maridi & Slamet S. 2017. Pengaruh Penerapan Model Guided Discovery Learning Metode Concept Maps dan Mind Maps terhadap Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA. Proceeding Biology Education Conference. 14(1): 301-304. (Online). (https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/17860/14258), diakses tanggal 8 September 2018
Astuti, T. I., Irdam I., & Yennita. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Biologi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2 (1): 5-9. (Online). (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/5124/269), diakses tanggal 13 Juli 2019
Jauhar, M. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai Konstrukti-vistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Kemendikbud, 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud
Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Novita, F., Sri I., & Dewi J. 2018. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2 (2): 86-93. (Online). (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/6811/3403), diakses tanggal 13 Juli 2019
Nurgazali, Fadhlan. 2019. Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 1: 1-9. (Online). (https://www.researchgate.net/publication/330411031_Model_Discovery_Learning_Dalam_Pembelajaran_Matematika), diakses tanggal 20 Maret 2019
Putrayasa, I. M., H. Syahruddin., & I Gede M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. 2 (1): 1-11. (Online). (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3087/2561), diakses tanggal 29 Juni 2019
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Rosa, Friska O. 2015. Analisis Kemampuan Siswa Kelas X Pada Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika. 1 (2): 1-5.(Online). (http://omega.uhamka.ac.id/index.php/omega/article/view/37/43), diakses tanggal 22 Juni 2019
Sani, Ridwan Abdullah dan Sudiran. 2017. Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru. Tangerang: Tsmart
Sardiman, 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar. Bandung: Rajawali Pers
Sudijono, A. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Utomo, Mugi. 2015. Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Biologi Materi Jamur Di Sma Negeri 3 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 7 (3): 1809-1820. (Online)(http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/17185), diakses tanggal 29 Juni 2019
Widiadnyana, I W., I W. Sadia., & I W.
Suastra. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. 4: 1-13. (online). (http://119.252.161254/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1344/1036.), diakses tanggal 22 Maret 2019