Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan inventarisasi jenis-jenis capung yang berada di area kampus Universitas Bengkulu (UNIB). Penelitian dilakukan dengan 3 tahap yaitu tahap validasi, revisi hasil validasi dan uji coba pada peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didk kelas X MIPA 1 SMA 6 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket (kuisioner). Instrumen yang digunakan adalah lembar angket (kuisioner) untuk tiga orang validator (satu orang Dosen Program Studi Pendidikan Biologi dan dua guru IPA Biologi SMA 6 Kota Bengkulu). Berdasarkan hasil validasi oleh validator, LKPD yang disusun sangat layak digunakan dengan nilai rata-rata sebesar 80%. Uji coba skala kecil LKPD (pemahaman peserta didik) juga menunjukkan LKPD ini sangat baik secara kelompok dengan nilai rata-rata sebesar 80,17%. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba skala kecil, LKPD yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai bahan ajar materi Keanekaragaman Hayati kelas X MIPA 1 SMA 6 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Pengembangan LKPD, Inventarisasi, Capung (Odonata)
Article Details
Copyright (c) 2020 Rita Fitri Yani, Bhakti Karyadi, Irwandi Ansori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Bariyah, Khairul. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbasis Outdoor Study. Jurnal MTK. 3 Juni 2018
- Borich, Gary D. 1994. Observation Skill For Effective Teaching. New York: Mac Milian Publishing Company
- Borror, D. J., Triplrhorn, C.A., and Johnson, N.F. 1992. An Introduction to study of Insect, 6 ed, Saunders College Pub., A Division of Holt Rinehaest Wingston, Inc
- Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas
- Fajri, Aziza. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Vertebrata Kelas X Berdasarkan Inventarisasi Ikan Laut. Diklabi; Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2 (2): 52-57
- Julaika, dkk. 2018. Spesies Capung (Ordo Odonata) Ditaman Nasional Gunung Palung Kalimantan
- Karyadi, B., Zukmadini, A.Y., Putri, R. Z. E., Anggraini, N. 2018. Strategi Pembelajaran Biologi di Luar Kelas Menggunakan Ekosistem Air Tawar Sebagai Sumber Belajar. FKIP Universitas Bengkulu
- Maulana, Respiana. 2015. Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving Polya. Jurusan Pendidikan Fisika. Universitas Papua, Indonesia
- Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
- Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
- Sari, E., Syamsurizal, Asrial. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Edu-Sains Volume 5 No. 2 (https://media.neliti.com>publication diakses 24 September 2018)
- Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bogor: Alfabeta, CV
- Suyanto. 2011. Lembar KERJA Siswa (LKS), (http://www.nap.edu/ LKS /article/ nsess/html, diakses 11 November 2018)
- Suyitno, Imam. 2011. Memahami Tindakan Pembelajaran Cara Mudah dalam Perencanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Malang : Refika Aditama
- Wiguna, Muhammad. 2016. Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Minat Siswa SMP. Jurnal Batulicin, Tanah Bumbu. Kalimantan Selatan, Indonesia
- Zukmadini, Alif Yanuar., Bhakti Karyadi., Wiwit Trisnawati. 2018. Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkungan Melalui Kombinasi Pembelajaran Indoor dan Outdoor Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 148-155.
References
Bariyah, Khairul. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbasis Outdoor Study. Jurnal MTK. 3 Juni 2018
Borich, Gary D. 1994. Observation Skill For Effective Teaching. New York: Mac Milian Publishing Company
Borror, D. J., Triplrhorn, C.A., and Johnson, N.F. 1992. An Introduction to study of Insect, 6 ed, Saunders College Pub., A Division of Holt Rinehaest Wingston, Inc
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas
Fajri, Aziza. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Vertebrata Kelas X Berdasarkan Inventarisasi Ikan Laut. Diklabi; Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2 (2): 52-57
Julaika, dkk. 2018. Spesies Capung (Ordo Odonata) Ditaman Nasional Gunung Palung Kalimantan
Karyadi, B., Zukmadini, A.Y., Putri, R. Z. E., Anggraini, N. 2018. Strategi Pembelajaran Biologi di Luar Kelas Menggunakan Ekosistem Air Tawar Sebagai Sumber Belajar. FKIP Universitas Bengkulu
Maulana, Respiana. 2015. Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving Polya. Jurusan Pendidikan Fisika. Universitas Papua, Indonesia
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Sari, E., Syamsurizal, Asrial. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Edu-Sains Volume 5 No. 2 (https://media.neliti.com>publication diakses 24 September 2018)
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bogor: Alfabeta, CV
Suyanto. 2011. Lembar KERJA Siswa (LKS), (http://www.nap.edu/ LKS /article/ nsess/html, diakses 11 November 2018)
Suyitno, Imam. 2011. Memahami Tindakan Pembelajaran Cara Mudah dalam Perencanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Malang : Refika Aditama
Wiguna, Muhammad. 2016. Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Minat Siswa SMP. Jurnal Batulicin, Tanah Bumbu. Kalimantan Selatan, Indonesia
Zukmadini, Alif Yanuar., Bhakti Karyadi., Wiwit Trisnawati. 2018. Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkungan Melalui Kombinasi Pembelajaran Indoor dan Outdoor Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 148-155.