Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berdasarkan identifikasi jenis capung yang terdapat di area persawahan Desa Tabeak Kauk. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan menggunakan model pengembangan Sugiyono. Langkah-langkah dalam penelitian ini terdiri dari potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba dan revisi produk. Uji coba skala terbatas dilakukan pada peserta didik kelas X SMAN 3 Kabupaten Lebong. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 9 jenis dari 5 famili capung yang terdapat di persawahan Desa Tabeak Kauk. Uji validasi LKPD dari ketiga validator memperoleh nilai rata-rata dengan persentase sebesar 88,1% (kriteria “sangat layak”). Hasil uji coba LKPD pada 29 peserta didik kelas X mendapatkan persentase ketuntasan klasikal sebesar 82,8%. Hasil uji validasi dan uji coba menunjukan bahwa LKPD yang dikembangkan ini termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba tersebut, LKPD berdasarkan keragaman capung di Persawahan Desa Tabeak Kauk Kabupaten Lebong layak digunakan sebagai bahan ajar materi keanekaragaman hayati kelas X tingkat SMA.
Kata Kunci : Capung, Lembar Kerja Peserta Didik, Desa Tabeak Kauk
Article Details
Copyright (c) 2020 Elza Anggun Yunasiska, Irwandi Ansori, Abdul Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Ahmadi, Rulam. 2016. Pengantar Pendidikan Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Ansori, Irwandi. 2008. Keanekaragaan Odonata (Dragonflies) di Beberapa Persawahan Sekitar Bandung Jawa Barat, Jurnal Exacta, Universitas Bengkulu, VI (20) Juli 2019.
- Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
- Depdiknas, 2003. UU RI Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta.
- Hanum,S.O., Salma, S., dan Delmi. 2013 .Jenis-Jenis Capung (Odonata) di Kawasan Taman Satwa kandi Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.Jurnal Biologi Universitas Andalas 2(1) : 71-76.
- Herlambang, A.E.N. 2016. “ Struktur Komunitas Capung Di Kawasan Wisata Curug Lawe Benowo Unggaran Barat” Jurnal Bioma. 18 (1) : 70-78.
- Jumar. 2000. Entomologi Serangga. Jakarta: PT Rineka Cipta.
- Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
- Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
- Purwanto, A. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Rusman. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
- Yasir, M., Susantini, E., dan Isnawati. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Stretegi Belajar Metakognitif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pewarisan Sifat Manusia. Jurnal Bioedu. 2(1): 77-82.
References
Ahmadi, Rulam. 2016. Pengantar Pendidikan Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ansori, Irwandi. 2008. Keanekaragaan Odonata (Dragonflies) di Beberapa Persawahan Sekitar Bandung Jawa Barat, Jurnal Exacta, Universitas Bengkulu, VI (20) Juli 2019.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Depdiknas, 2003. UU RI Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta.
Hanum,S.O., Salma, S., dan Delmi. 2013 .Jenis-Jenis Capung (Odonata) di Kawasan Taman Satwa kandi Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.Jurnal Biologi Universitas Andalas 2(1) : 71-76.
Herlambang, A.E.N. 2016. “ Struktur Komunitas Capung Di Kawasan Wisata Curug Lawe Benowo Unggaran Barat” Jurnal Bioma. 18 (1) : 70-78.
Jumar. 2000. Entomologi Serangga. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Purwanto, A. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rusman. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Yasir, M., Susantini, E., dan Isnawati. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Stretegi Belajar Metakognitif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pewarisan Sifat Manusia. Jurnal Bioedu. 2(1): 77-82.