Main Article Content
Abstract
Bahan ajar Handout merupakan bahan ajar yang berisikan ringkasan yang bersifat sistematis dari beberapa literatur yang relevan dengan materi yang akan diajarkan sehingga membuat mahasiswa akan mudah dalam mengikuti pembelajaran. Adanya Handout hasil penelitian ini diharapkan akan mempermudah dalam memberikan bantuan informasi atau materi pembelajaran sebagai pegangan bagi mahasiswa pada mata kuliah Taksonomi Tumbuhan II. Pembelajaran biologi akan lebih menarik karena contoh-contoh yang akan dikembangkan dalam Handout berasal dari lingkungan. Pada Handout yang dikembangkan oleh peneliti berisikan hasil identifikasi terhadap jenis-jenis mangrove yang ada di Pulau Baai. Setelah dikembangkan, maka dilakukan penenlitian untuk melihat bagaimana kelayakan Handout tersebut. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2018 hingga Mei 2019 dengan uji keterbacaan pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Bengkulu. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil uji validasi Handout yang dilakukan oleh 1 orang validator materi dan 1 orang validator bahan ajar mendapatkan hasil validasi bahan ajar 81% dengan kriteria valid dan hasil validasi materi 86% dengan kriteria sangat valid sehingga didapatkan rata-rata dari kedua validasi yaitu 83,73% dengan kriteria valid. Pada hasil uji keterbacaan mahasiswa didapatkan hasil 83% dengan kriteria valid sehingga Handout yang telah dikembangkan, layak digunakan namun perlu dilakukan revisi kecil agar dapat digunakan sebagai bahan ajar.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Handout, Taksonomi Tumbuhan, Mangrove
Article Details
Copyright (c) 2021 Arum Ultanitika, Kasrina Kasrina, Irdam Idrus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Angkowo, R. dan A. Kokasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran.
- Jakarta: Grasindo
- Bakhruddin. 2012. Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran. (burhanuddin.net/2012/pengembangan-bahan-ajar-dan-media)
- (diakses pada 15 januari 2019)
- Borg and Gall. 1983. Educational Research, An Introduction. New York and London: Longman Inc.
- Chairil. 2009. Media Pembelajaran. (Online). http://chai-chairil.pdf
- Febriansyah.,dkk.2018.Struktur Komunitas Hutan Mangrove di Pulau Baai Kota Bengkulu.Jurnal Enggano Vol. 3, No. 1.hal 113-120. E-ISSN: 2527-5186 . http://ejournal.unib.ac.id/index.php/jurnalenggano/article/.../pdf (diakses pada 15 januari 2019)
- Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama
- Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja pressindo: Yogyakarta
- Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
- Rozalia,Anifah., Kasrina., Irwandi, A. 2018. Pengembangan Handout Biologi Materi Keanekaragaman Hayat Untuk SMA Kelas X. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. (Online). (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/5142). Diakses tanggal 30 Juli 2019
- Sanjaya,A. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
- Suharnan.2005.Psikologi Kognitif Surabaya:Srikandi
- Slirawati, 2010. Teknik Penyusunan Handout Pembelajaran (online). http://staff.uny.ac.id/pengembangan-handout-dan-bahan ajar.doc
- (diakses 20 januari 2018)
- Undang Undang Republik Indonesia No 20. 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
- Paidi. (2007). Peningkatan Scientific Skill Siswa Melalui Implementasi Metode Guided Inquiry pada Pembelajaran Biologi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
- Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjayakarta : Diva Press
- Widyaningsih, R. 2013. Pengembangan Handout Geografi Berbasis Penanggulangan Bencana Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trawas. Artikel Non Publikasi. Diakses tanggal 24 juni 2019
References
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Angkowo, R. dan A. Kokasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran.
Jakarta: Grasindo
Bakhruddin. 2012. Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran. (burhanuddin.net/2012/pengembangan-bahan-ajar-dan-media)
(diakses pada 15 januari 2019)
Borg and Gall. 1983. Educational Research, An Introduction. New York and London: Longman Inc.
Chairil. 2009. Media Pembelajaran. (Online). http://chai-chairil.pdf
Febriansyah.,dkk.2018.Struktur Komunitas Hutan Mangrove di Pulau Baai Kota Bengkulu.Jurnal Enggano Vol. 3, No. 1.hal 113-120. E-ISSN: 2527-5186 . http://ejournal.unib.ac.id/index.php/jurnalenggano/article/.../pdf (diakses pada 15 januari 2019)
Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja pressindo: Yogyakarta
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Rozalia,Anifah., Kasrina., Irwandi, A. 2018. Pengembangan Handout Biologi Materi Keanekaragaman Hayat Untuk SMA Kelas X. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. (Online). (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/5142). Diakses tanggal 30 Juli 2019
Sanjaya,A. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Suharnan.2005.Psikologi Kognitif Surabaya:Srikandi
Slirawati, 2010. Teknik Penyusunan Handout Pembelajaran (online). http://staff.uny.ac.id/pengembangan-handout-dan-bahan ajar.doc
(diakses 20 januari 2018)
Undang Undang Republik Indonesia No 20. 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Paidi. (2007). Peningkatan Scientific Skill Siswa Melalui Implementasi Metode Guided Inquiry pada Pembelajaran Biologi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjayakarta : Diva Press
Widyaningsih, R. 2013. Pengembangan Handout Geografi Berbasis Penanggulangan Bencana Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trawas. Artikel Non Publikasi. Diakses tanggal 24 juni 2019