Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pada Mata Kuliah Ekologi Hewan di Program studi Pendidikan Biologi FKIP UMB. penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Prettes postes Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester VII A dan VII C Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMB. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2018. Analisis data dalam penelitian menggunakan uji Normalitas, uji Homogenitas dan uji-t dengan menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen yaitu 78. Hasil uji-t kemampuan berpikir kritis siswa memiliki nilai berbeda yaitu 0,000, Thitung 4.083 dan Ttabel 2.00 maka Thitung >Ttabel (4.082>2.00), jadi H0 diterima dan HI ditolak. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran berbasis PBI (Problem Based Instruction) terhadap kemampuan berpikir mahasiswa program studi FKIP UMB.
Kata Kunci : Problem Base Instruction, Kemampuan Berpikir Kritis
Article Details
Copyright (c) 2020 Santoso Santoso, Meti Herlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Anwar, M. 2015. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
- Irwandi. 2010. Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Kontekstual. Bengkulu: Umb press
- Jalaludin, 2009. Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatakan Penguasaan Konsep Listrik Dinamis dan Kecakapan ilamiah di SMA. Program Pasca Sarjana Pendidikan IPA Universitas Indonesia. Tesis. Bandung: Tidak diterbitkan.
- Herlina, M. 2014. Perbedaan Penguasaan Konsep dan Kemamapuan Berpikir Kritis Mahasiswa mengunakan model Pembelajaran Search, Solve, And Share (SSCS) dengan Model Problem Base Instruction di Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMB. Bengkulu. Tesis. Tidak diterbitkan
- Mudyahardjo, R. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
- Pratiwi, Y.P. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Skripsi FKIP. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
- Redhan. 2003. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Strategi Pemecahan Masalah. Universitas Negeri Singaraja.
- Rusyana, A., Rustaman, Y. N. 2011. Pengembangan Program Perkuliahan Zoologi Invetebrata (P3ZI) Berbasis Keterampilan Berfikir Kritis. Bioedukasi Jurnal Biologi dan Pendidikan biologi 4(2): 1-8.
- Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
- Sanjaya, W. 2011. Perencananan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Penada Media Group.
- Sumarni, W., Soepprodjo, & Rahayu, K.P. 2009. Efektivitas Penerapan Metode Kasus Menggunakan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3 (1):345-353.
- Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatifi-Progresif (Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)). Jakarta: Prenada Media Group.
- Trianto. 2010. Model Pembelajar Terpadu (Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.
- Yamin, M. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
- Puspita, L., Suciati. dan Maridi. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen disertai Teknik Concept Map dan Mind Map Terhadap Prestasi Belajar Biologi ditinjau dari Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri . 3(I): 85-95.
- Yuliana, Tri . 2013. Perbedaan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Model Learning Cycle dan Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 2 Putri Hijau. Tesis. Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan Biologi FKIP UMB.
References
Anwar, M. 2015. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Irwandi. 2010. Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Kontekstual. Bengkulu: Umb press
Jalaludin, 2009. Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatakan Penguasaan Konsep Listrik Dinamis dan Kecakapan ilamiah di SMA. Program Pasca Sarjana Pendidikan IPA Universitas Indonesia. Tesis. Bandung: Tidak diterbitkan.
Herlina, M. 2014. Perbedaan Penguasaan Konsep dan Kemamapuan Berpikir Kritis Mahasiswa mengunakan model Pembelajaran Search, Solve, And Share (SSCS) dengan Model Problem Base Instruction di Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMB. Bengkulu. Tesis. Tidak diterbitkan
Mudyahardjo, R. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Pratiwi, Y.P. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Skripsi FKIP. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Redhan. 2003. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Strategi Pemecahan Masalah. Universitas Negeri Singaraja.
Rusyana, A., Rustaman, Y. N. 2011. Pengembangan Program Perkuliahan Zoologi Invetebrata (P3ZI) Berbasis Keterampilan Berfikir Kritis. Bioedukasi Jurnal Biologi dan Pendidikan biologi 4(2): 1-8.
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sanjaya, W. 2011. Perencananan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Penada Media Group.
Sumarni, W., Soepprodjo, & Rahayu, K.P. 2009. Efektivitas Penerapan Metode Kasus Menggunakan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3 (1):345-353.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatifi-Progresif (Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)). Jakarta: Prenada Media Group.
Trianto. 2010. Model Pembelajar Terpadu (Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.
Yamin, M. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Puspita, L., Suciati. dan Maridi. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen disertai Teknik Concept Map dan Mind Map Terhadap Prestasi Belajar Biologi ditinjau dari Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri . 3(I): 85-95.
Yuliana, Tri . 2013. Perbedaan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Model Learning Cycle dan Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 2 Putri Hijau. Tesis. Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan Biologi FKIP UMB.