Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konsep pembelajaran menulis teks puisi berbasis model akrostik dengan kartu kata melalui media wordwall. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur atau studi kepustakaan. Studi kepustakaan berkaitan dengan kajian-kajian teoritis yang menggunaan beberapa referensi yang tidak terlepas dari literatur-literatur ilmiah tentang menulis teks puisi berbasis model akrostik dengan kartu kata melalui media wordwall. Hasil dari pengembangan konsep pembelajaran menulis teks puisi berbasis model akrostik dengan kartu melalui media wordwall terdapat pemanfaatan wordwall sebagai media pembelajaran, prosedur pembelajaran menulis teks puisi berbasis model akrostik dengan kartu kata melalui media wordwall, keefektifan pembelajaran menulis puisi berbasis akrostik dengan media wordwall, contoh rancangan menulis puisi melalui kartu kata dengan media wordwall.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Imam Mauluddin, a:1:{s:5:"en_US";s:25:"Universitas Negeri Malang";}

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Azizatuz Zahro, Universitas Negeri Malang

Dosen Universitas Negeri Malang

Didin Widyartono, Universitas Negeri Malang

Dosen Universitas Negeri Malang

Referensi

  1. Adam, S. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2). https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/400
  2. Arrosyad, MI, Antika, D., Dzulqa, ET, & Balqis, M. (2023). Analisis Penggunaan Wordwall sebagai Media Pembelajaran Terpadu untuk Meningkatkan Daya Tarik Belajar Siswa di Sekolah Dasar. IJM: Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2), 414-423. https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/150
  3. Afifah, A., Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2020). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Diksa: pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 6(2), 72-82. https://ejournal.unib.ac.id/jurnaldiksa/article/view/10406
  4. Adawiah, S. R., Pertiwi, L. L., Sukawati, S., & Firmansyah, D. (2019). Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Onomatope di MA Tanjungjaya. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 897-904. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1589
  5. Emha, R. J., Abdullah, V. A., Pujiati, T., & Iskandari, Y. (2020). Pelatihan Virtual Menulis Puisi di Masa Pandemi COVID-19 untuk Meningkatkan Budaya Literasi di SMP Negeri 1 Karangampel Kab. Indramayu. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 331-335.
  6. Huliatunisa, Y., & Oktaviani, V. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi melalui Penggunaan Teknik Akrostik pada Pembelajaran Tematik. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2). https://ojs.unida.ac.id/jtdik/article/view/2847
  7. Izhar, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas IV MIN 4 Bengkulu Tengah. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 12-23. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jurnaldiksa/article/view/11496/0
  8. Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase–Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika dan Probabilitas. Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 2(1), 143-44. https://ojs2.polimedia.ac.id/index.php/mediasi/article/view/254
  9. Khoriyah, R., & Muhid, A. (2022). Inovasi Teknologi Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall Website pada Mata Pelajaran PAI di Masa Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh: Tinjauan Pustaka. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 192-205.
  10. Layaliya, F. N., Haryadi, H., & Setyaningsih, N. H. (2021). Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 81-84.
  11. Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring melalui Media Game Edukasi Wordwall di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 2(2), 111-116. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JIPG/article/view/11309/4503
  12. Marlani, L., & Prawiyogi, A. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1). https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad/article/view/4427
  13. Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Buku Referensi untuk Guru, Mahasiswa dan Umum. Pustaka Abadi.
  14. Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran daring (quizizz, sway, dan wordwall) kelas 5 di sd Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal of Social Science Research, 1(2), 552-560.
  15. Nazriani, N. (2019). Pelatihan Menulis Puisi Siswa Kelas Vi Sdn 1 Baubau. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 3(1), 64-71.
  16. Sulistianingrum, E., Nurmahanani, I., & Iskandar, S. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. In Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 2, No. 1, pp. 1522-1530)
  17. Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195-199.
  18. Sugiani, W. (2022). Aplikasi Berbasis Word Wall pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Guru Indonesia, 2(2), 82-87.
  19. Siswanto, Wahyudi. (2008). Pengantar teori sastra. Jakarta: PT Grasindo.
  20. Tatiyana, H., Martono, M., & Jupitasari, M. (2021). Pembelajaran Teks Puisi Rakyat. Jurnal Elektronik Wacana Etnik, 10(2).
  21. Pratiwi, Y. D., Maryaeni, M., & Suwignyo, H. (2016). Kreativitas siswa dalam menulis puisi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 835-843.
  22. Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839.
  23. Rachman, A. K., & Sumarti, E. (2022, November). Pengembangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas Vii Smpn 10 Sokan Kalimantan Barat. In Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, dan Pembelajarannya (Salinga) (Vol. 2, No. 1, pp. 305-311).
  24. Rindiantika, Y. (2022). Motivasi Belajar Siswa dan Pemanfaatan Media WordWall: Kajian Teori. Intelegensia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 93-102.
  25. Ulfah, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Menulis Teks Cerpen. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(1), 1-18.
  26. Wicaksono, H., Roekhan, R., & Hasanah, M. (2018). Pengembangan media permainan imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi bagi siswa kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 223-228.
  27. Wibowo, R., Widiati, U., & Santoso, A. (2017). Bahan Ajar Tematik Materi Puisi Kelas V SD dengan Pemanfaatan Peta Pikiran dan Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(6), 743-750.
  28. Yusantika, FD, Suyitno, I., & Furaidah, F. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 251-258.