Main Article Content
Abstract
Abstrak
Pembelajaran memirsa puisi rakyat selama ini umumnya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yang masih terbatas pada metode ceramah dan diskusi. Media pembelajaran yang digunakan pun hanya sebatas papan tulis dan presentasi PowerPoint, sehingga kurang menarik serta berdampak pada rendahnya minat, keterlibatan siswa, dan lemahnya pemahaman mereka dalam memirsa puisi rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Pedagogi Genre dalam pembelajaran memirsa puisi rakyat dengan memanfaatkan teknologi Virtual Reality (VR). Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan pendekatan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilakukan dengan melibatkan guru dan siswa kelas X di SMKN 6 Seluma, Kabupaten Seluma. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, angket, serta validasi ahli, yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Pedagogi Genre berbasis VR yang dikembangkan layak digunakan dari segi materi, media, dan manfaat. Implementasi model ini mendapatkan respons positif dari guru dan siswa. Model pembelajaran ini terdiri atas langkah-langkah membangun konteks, pemodelan, konstruksi terbimbing, dan konstruksi mandiri. Video pembelajaran yang memanfaatkan teknologi VR mengintegrasikan teks, gambar, serta puisi rakyat Sekujang, sehingga meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran memirsa puisi rakyat.
Kata Kunci: Pedagogi Genre, Puisi Rakyat, Virtual Reality, Pembelajaran Sastra
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Al Hashimi, S., Elas, R., & Mulyadi, H. (2019). Integrasi TPACK dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Teknologi, 15(2), 45-60.
- Astari, R. (2021). Efektivitas Virtual Reality dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 34-45.
- Astari, T. (2021). Evaluasi Diseminasi Virtual Reality (VR) sebagai Pembelajaran Inovatif Tri. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2021(2), 6. https://doi.org/10.21137/jpp.2020.13.2.7
- Disi, N., & Hartati, P. (2018). Peran Puisi Rakyat dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(3), 101-110.
- Dunmoye, I. D., Rukangu, A., May, D., & Das, R. P. (2024). An exploratory study of social presence and cognitive engagement association in a collaborative virtual reality learning environment. Computers & Education: X Reality, 4(February), 100054. https://doi.org/10.1016/j.cexr.2024.100054
- Firmansyah, A. (2020). Inovasi Model Pembelajaran Sastra Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan, 8(4), 78-89.
- Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Jurnal Kependidikan: Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan Juli 2020, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654
- Helmiati, T. (2012). Strategi Pembelajaran Konvensional dalam Pendidikan Sastra. Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(2), 23-30.
- Indahsari, Y., & Sumirat, H. (2023). Pemanfaatan Virtual Reality dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 11(2), 56-68.
- Jalongo, M. R. (2007). Learning to Listen, Listening to Learn: Building Essential Skills in Young Children. 144. Diambil dari http://oxfordsfx.hosted.exlibrisgroup.com/oxford?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:book&genre=book&sid=ProQ:ERIC&atitle=&title=Learning+to+Listen%252C+Listening+to+Learn%253A+Building+Essential+Skills+in+Young+Children&issn=&date=2007-0
- Kanade, S. G., & Duffy, V. G. (2024). Exploring the effectiveness of virtual reality as a learning tool in the context of task interruption: A systematic review. International Journal of Industrial Ergonomics, 99(May 2023), 103548. https://doi.org/10.1016/j.ergon.2024.103548
- Koehler, M. J., & Mishra, P. (2007). What Is Tecnological Pedagogical Content Knowladge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9, 60–70. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/241616400_What_Is_Technological_Pedagogical_Content_Knowledge
- Lin, C., & Huang, H. (2020). Implementasi TPACK dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi. Journal of Educational Innovation, 17(1), 89-102.
- Liu, J. (2025). Development of interactive English e-learning video entertainment teaching environment based on virtual reality and game teaching emotion analysis. Entertainment Computing, 52(August 2024), 100884. https://doi.org/10.1016/j.entcom.2024.100884
- Manjola Likaj. (2015). Teaching Listening as a Communicative Skill in Military English. Journal of Education and Practice, 6(24), 64–70.
- Mawarni, H. (2022). Kearifan Lokal dalam Lawas (Puisi Rakyat) Upacara Ponan Masyarakat Sumbawa Nusa Tenggara Barat. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, Vol. 4, hal. 2164–2173. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2395
- Mulyadi, H., et al. (2020). Penerapan TPACK dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Jurnal Pendidikan Modern, 14(3), 112-125.
- Riyana, C. (n.d.). Peranan Teknologi dalam Pembelajaran. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/242646955
- Setyawan, M. D., El Hakim, L., & Aziz, T. A. (2023). Kajian Peran Virtual Reality (VR) Untuk Membangun Kemampuan Dialogis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 122–131. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1592
- Ummah, S. (2020). Nilai-Nilai Karakter dalam Puisi Rakyat Indonesia. Jurnal Budaya Nusantara, 9(1), 12-23.
- Wang, F., Xu, X., Li, S., Feng, W., & Almasri, M. (2024). Learning cleanroom microfabrication operations in virtual reality – An immersive and guided learning experience. Computers & Education: X Reality, 5(April), 100073. https://doi.org/10.1016/j.cexr.2024.100073
- Yong, L. (2024). Simulation of E-learning video recommendation based on virtual reality environment on English teaching platform. Entertainment Computing, 51(April), 100757. https://doi.org/10.1016/j.entcom.2024.100757
- Zhang, B., & Jiang, W. (2024). Research on the application value of Multimedia-Based virtual reality technology in drama education activities. Entertainment Computing, 50, 100667. https://doi.org/10.1016/J.ENTCOM.2024.100667
- Zheng, X. (2024). Construction of an innovative entrepreneurship project learning platform introducing a group recommendation algorithm for college students. Entertainment Computing, 51(October 2023), 100666. https://doi.org/10.1016/j.entcom.2024.100666
References
Al Hashimi, S., Elas, R., & Mulyadi, H. (2019). Integrasi TPACK dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Teknologi, 15(2), 45-60.
Astari, R. (2021). Efektivitas Virtual Reality dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 34-45.
Astari, T. (2021). Evaluasi Diseminasi Virtual Reality (VR) sebagai Pembelajaran Inovatif Tri. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2021(2), 6. https://doi.org/10.21137/jpp.2020.13.2.7
Disi, N., & Hartati, P. (2018). Peran Puisi Rakyat dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(3), 101-110.
Dunmoye, I. D., Rukangu, A., May, D., & Das, R. P. (2024). An exploratory study of social presence and cognitive engagement association in a collaborative virtual reality learning environment. Computers & Education: X Reality, 4(February), 100054. https://doi.org/10.1016/j.cexr.2024.100054
Firmansyah, A. (2020). Inovasi Model Pembelajaran Sastra Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan, 8(4), 78-89.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Jurnal Kependidikan: Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan Juli 2020, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654
Helmiati, T. (2012). Strategi Pembelajaran Konvensional dalam Pendidikan Sastra. Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(2), 23-30.
Indahsari, Y., & Sumirat, H. (2023). Pemanfaatan Virtual Reality dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 11(2), 56-68.
Jalongo, M. R. (2007). Learning to Listen, Listening to Learn: Building Essential Skills in Young Children. 144. Diambil dari http://oxfordsfx.hosted.exlibrisgroup.com/oxford?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:book&genre=book&sid=ProQ:ERIC&atitle=&title=Learning+to+Listen%252C+Listening+to+Learn%253A+Building+Essential+Skills+in+Young+Children&issn=&date=2007-0
Kanade, S. G., & Duffy, V. G. (2024). Exploring the effectiveness of virtual reality as a learning tool in the context of task interruption: A systematic review. International Journal of Industrial Ergonomics, 99(May 2023), 103548. https://doi.org/10.1016/j.ergon.2024.103548
Koehler, M. J., & Mishra, P. (2007). What Is Tecnological Pedagogical Content Knowladge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9, 60–70. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/241616400_What_Is_Technological_Pedagogical_Content_Knowledge
Lin, C., & Huang, H. (2020). Implementasi TPACK dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi. Journal of Educational Innovation, 17(1), 89-102.
Liu, J. (2025). Development of interactive English e-learning video entertainment teaching environment based on virtual reality and game teaching emotion analysis. Entertainment Computing, 52(August 2024), 100884. https://doi.org/10.1016/j.entcom.2024.100884
Manjola Likaj. (2015). Teaching Listening as a Communicative Skill in Military English. Journal of Education and Practice, 6(24), 64–70.
Mawarni, H. (2022). Kearifan Lokal dalam Lawas (Puisi Rakyat) Upacara Ponan Masyarakat Sumbawa Nusa Tenggara Barat. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, Vol. 4, hal. 2164–2173. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2395
Mulyadi, H., et al. (2020). Penerapan TPACK dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Jurnal Pendidikan Modern, 14(3), 112-125.
Riyana, C. (n.d.). Peranan Teknologi dalam Pembelajaran. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/242646955
Setyawan, M. D., El Hakim, L., & Aziz, T. A. (2023). Kajian Peran Virtual Reality (VR) Untuk Membangun Kemampuan Dialogis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 122–131. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1592
Ummah, S. (2020). Nilai-Nilai Karakter dalam Puisi Rakyat Indonesia. Jurnal Budaya Nusantara, 9(1), 12-23.
Wang, F., Xu, X., Li, S., Feng, W., & Almasri, M. (2024). Learning cleanroom microfabrication operations in virtual reality – An immersive and guided learning experience. Computers & Education: X Reality, 5(April), 100073. https://doi.org/10.1016/j.cexr.2024.100073
Yong, L. (2024). Simulation of E-learning video recommendation based on virtual reality environment on English teaching platform. Entertainment Computing, 51(April), 100757. https://doi.org/10.1016/j.entcom.2024.100757
Zhang, B., & Jiang, W. (2024). Research on the application value of Multimedia-Based virtual reality technology in drama education activities. Entertainment Computing, 50, 100667. https://doi.org/10.1016/J.ENTCOM.2024.100667
Zheng, X. (2024). Construction of an innovative entrepreneurship project learning platform introducing a group recommendation algorithm for college students. Entertainment Computing, 51(October 2023), 100666. https://doi.org/10.1016/j.entcom.2024.100666