Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pengembangan bahan ajar berbasis NHT pada mata pelajaran IPA materi macam-macam gaya untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) model ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan 1. Tahap pertama dilakukan dengan analisis Kurikulum analisis kebutuhan di Kelas IV SD Negeri 119 Kaur. Tahap desain dilaksanakan dengan menyusun rancangan produk bahan ajar IPA berbasis NHT pada materi macam-macam gaya kelas IV sekolah dasar yang didasarkan pada hasil analisis kurikulum, analisis kebutuhan guru dan siswa. Desain produk yang dilakukan dalam pengembangan bahan ajar bahan ajar berbasis NHT adalah sebagai berikut: (a) menyusun bahan ajar bahan ajar, (b) pemilihan format, (c) rancangan awal. 2. Kelayakan materi rata-rata angka Aiken’s V 0,80 (Sangat Valid), kelayakan bahasa rata-rata angka Aiken’s V 0,98 (Sangat Valid), kelayakan penyajian yaitu hasil validasi didapat rata-rata angka Aiken’s V 0,85 (Sangat Valid). Berdasarkan hasil validasi dari ketiga aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa produk layak digunakan. 3. Bahan ajar berbasis NHT pada materi macam-macam gaya kelas IV ini dinilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.

Kata Kunci

Bahan Ajar Model NHT Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Teaching Materials, NHT Model, Science Learning, Elementary School

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Okta, S., Winarni, E. W., & Muktadir, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis NHT Pada Mata Pelajaran IPA Materi Macam-Macam Gaya Untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 2(2), 370–382. https://doi.org/10.33369/kapedas.v2i2.26363

Referensi

  1. Badan Standar Nasional Pendidikan. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Badan Standar nasional Pendidikan (BSNP) Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Destiningsih, N., Usodo, & Mardiyana, M. (2013). The Effectiveness of Cooperative Learning Model Numbered Head Together (NHT) and Make a Match on Student Mathematics Learning Achievement in terms of Student Social Skill in Class X Vocation School in Wonogiri Regency Year 2012/2013. Journal of Scientific Mathematics Education, 2(1), 1-12.
  3. Depdiknas. (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
  4. Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Setiyowati, L. & Inah, E.N. (2020). Penerapan Model Number Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. DINIYAH: Jurnal Pendidikan Dasar. 1 (1), 23-30.
  6. Kartikasasmi, H., Khanafiyah, S., & Sutikno. (2013). Application of NHT Learning Model with SETS Approach on Light Material to Develop Student Creativity. Unnes Physics Education Journal, 2(2), 55-65.
  7. La Anse & Ilham. M. (2018). The Implementation of Cooperative Learning (Numbered Head Together) to Boost Students’ Learning Outcome in Social Studies Subject. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. IOP Publishing. 175, 1-4.
  8. Lie. A. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
  9. Machfud, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Respons, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 6 (2),105-120.
  10. Rosa, F.O. (2015). Pengembangan Bahan ajar Pembelajaran IPA SMP Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika. 3 (1), 49-63.
  11. Susilawati, F., Gunarhadi, G., & Hartono, H (2020). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Peningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12 (1), 62-68.
  12. Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  13. Winarni, E.W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Reseach And Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.
  14. Yenni, R.F. (2016). Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Tamansiswa Palembang, JPPM. 9 (2), 263-267.