Published: 28 September 2023

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Google Sites pada Materi Indahnya Keberagaman di Negeriku dalam Pembelajaran PPKn Kelas IV sebagai Penguatan Literasi Budaya dan Kewargaan

Agung Ryanto (1), Puspa Djuwita (2), Abdul Muktadir (3)
(1) SD Negeri 03 Ujan Mas, Kepahiang, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
229-240
104

Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Kooperatif tipe TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Aspek Kognitif Siswa Kelas IV

Ita Mulyati (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) SD Negeri 17 Kota Bengkulu, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
241-251
99

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas V Muatan Pelajaran IPA

Omega Oktavia Rizana (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) SD Negeri 04 Ujan Mas, Kepahiang, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
252-263
41

Implementasi Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri Melalui Pembiasaan Berbasis Budaya Sekolah di SD Negeri 03 Kabawetan

Hendri Harianto (1), Puspa Djuwita (2), Abdul Muktadir (3)
(1) SD Negeri 03 Kabawetan, Kepahiang, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
264-273
74

Membangun Sikap Disiplin dan Cinta Damai Siswa dalam Mencegah Perilaku Vandalisme di SDN 03 Seberang Musi Kepahiang

Buyung Wagianto (1), Puspa Djuwita (2), Abdul Muktadir (3)
(1) SD Negeri 03 Seberang Musi, Kepahiang, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
274-278
76

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses IPA pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Mustahiran (1), Irwan Koto (2), Puspa Djuwita (3)
(1) SD Negeri 2 Muara Kulam, Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
279-284
48

Pengaruh Pengunaan Media Flipbook dengan Pendekatan STEAM Terhadap Literasi SAINS

Putu Iwan Tri Susila (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) SD Negeri 77 Lebong, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
285-294
89

Pengaruh Media Virtual Reality Berbasis STEAM Terhadap Literasi SAINS pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Fadhli Omi Raharjo (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) SD Negeri 63 Lebong, Lebong, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
295-306
181

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Menggunakan Rumah Adat Bubungan Lima dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar

Jusni Megawati (1), Agus Susanta (2), Abdul Muktadir (3)
(1) SD Negeri 27 Bengkulu Tengah, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
307-318
213

Studi Deskriptif Hasil Karya Mozaik Berbahan Dasar Biji Kopi pada Pembelajaran SBdP Siswa Kelas III SDN 80 Rejang Lebong

Ridho Permadi (1), Hasnawati (2), Neza Agusdianita (3)
(1) PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
319-324
84

Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) Berbantuan Media Diorama Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada Pembelajaran IPA

Lofera Firiani (1), Irwan Koto (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) SD Negeri 14 Kepahiang, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
325-335
68

Study Korelasi Hasil Belajar Kognitif dan Afektif Pembelajaran Tematik Muatan PPKn dan IPS pada Siswa Kelas V SDN Wukirsari

Wartono (1), Puspa Djuwita (2), Bambang Parmadi (3)
(1) SD Negeri Wukirsari, Musi Rawas, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
336-344
69

Pengembangan E-Modul Berbasis Model Realistich Mathematics Education (RME) Menggunakan Rumah Adat Bubungan Lima untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar

Linda Nirmala (1), Agus Susanta (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
345-357
176

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar IPA Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Siswa Kelas IV

Yahanan (1), Irwan Koto (2), Puspa Djuwita (3)
(1) SD Negeri 1 Muara Kulam, Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
358-369
26

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis NHT pada Mata Pelajaran IPA Materi Macam-Macam Gaya untuk Siswa Kelas IV SD

Sukrandi Okta (1), Endang Widi Winarni (2), Abdul Muktadir (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
370-382
79

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses SAINS Siswa Kelas V

Eka Susanti (1), Irwan Koto (2), Agus Susanta (3)
(1) SD Negeri Pasanan, Musi Rawas, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
383-392
61

Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Andrian Pratipto (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) SD Negeri 87 Lebong, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
393-408
54

Pengembangan E-Modul Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar

Irma Nur Anisah (1), Agus Susanta (2), Puspa Djuwita (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
409-418
100

Pengembangan Bahan Ajar Komik Berbasis Cerita Rakyat Menggunakan Aplikasi Canva dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD

Ibnu Salimi (1), Abdul Muktadir (2), Agus Susanta (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
419-429
222

Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan RME Menggunakan Kue Tradisional Bengkulu untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangunan Datar Kelas IV SD

Endang Putriani (1), Agus Susanta (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
430-440
236