Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi, bahasa dan desain, respon siswa, dan keefektifan produk hasil pengembangan e-modul sumber energi berbasis Discovery Learning (DL) untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas IV SD. siswa sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian model ADDIE Research and Development (R&D). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis validasi menggunakan Aiken's V dan Inter-rater Reliability, respon siswa, dan analisis kuantitatif menggunakan T-test. Hasil validasi materi, bahasa dan desain serta respon siswa terhadap e-modul sangat layak dan baik digunakan dalam pembelajaran sehingga siswa senang dan tertarik untuk belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi sumber energi. Hasil keefektifan e-modul efektif terhadap kemampuan kognitif siswa. dilihat dari hasil nilai signifikansinya yaitu 0,002 yang lebih kecil dari α = 0,05. Berdasarkan uji skor N-gain dari penggunaan E-Module diperoleh skor gain rendah yaitu kelas kontrol sebesar 18% dan hasil skor gain sedang yaitu kelas eksperimen sebesar 34%. Sehingga pengetahuan kognitif siswa dengan menggunakan E-Module sebagai sumber energi berbasis Discovery Learning dinyatakan efektif.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Laila Rahmaitun Husna, Endang Widi Winarni, Irwan Koto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
Referensi
- Adiarta, A., Divayana, D. G. H., & Suyasa, D. W. A. (2018). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Bagi Guru di SMK TI Udayana. Jurnal Abdima Dewantara, 1(2), 31-41.
- Awaliah, L. N. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Prosiding Galuh Mathematics National Converence. (hlm. 175-182). Ciamis: Universitas Galuh. ISBN: 978-623-95169-7-0.
- Kutulus, A., & Ersoya, M. (2011). Prospective Secondary Mathematics Teachers’ Opinions About Electronic Geometry Textbook: e-geo and its usage. Social and Behavior Sciences, 15, 33-36.
- Kosasi, E., (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.
- Rahmadayanti, D., dan Hartoyo, A., (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU. Vol 6 (4). 7174-7187.
- Saani, A., (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Suardi., (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Referensi
Adiarta, A., Divayana, D. G. H., & Suyasa, D. W. A. (2018). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Bagi Guru di SMK TI Udayana. Jurnal Abdima Dewantara, 1(2), 31-41.
Awaliah, L. N. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Prosiding Galuh Mathematics National Converence. (hlm. 175-182). Ciamis: Universitas Galuh. ISBN: 978-623-95169-7-0.
Kutulus, A., & Ersoya, M. (2011). Prospective Secondary Mathematics Teachers’ Opinions About Electronic Geometry Textbook: e-geo and its usage. Social and Behavior Sciences, 15, 33-36.
Kosasi, E., (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.
Rahmadayanti, D., dan Hartoyo, A., (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU. Vol 6 (4). 7174-7187.
Saani, A., (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Suardi., (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.