Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran oleh guru Pendidikan Anak Usia Dini se-Gugus Sedap Malam Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode deskriptif survei. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu guru di PAUD se-Gugus Sedap Malam Kota Bengkulu, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 29 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan rumus nilai rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum guru di PAUD se-Gugus Sedap Malam Kota Bengkulu telah melaksanakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran dengan kategori selalu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan bagi guru untuk konsisten melaksanakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran serta memaksimalkan pelaksanaannya seperti dengan memerhatikan segi perencanaan maupun evaluasi pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Keywords

Pembelajaran Pendekatan Saintifik Dalam Proses Pembelajaran

Article Details

Author Biography

Elok Qotrun Nada

Mahasiswa PGPAUD Universitas Bengkulu
How to Cite
Nada, E. Q., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. A. (2023). Pelaksanaan Pendekatan Saintifik dalam Proses Pembelajaran di PAUD Se-Gugus Sedap Malam Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 4(1). https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i1.20501