Main Article Content

Abstract

Abstrak


 


            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pengembangan motorik halus anak usia dinidi Taman kanak-kanak Negeri GOW Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Taman kanak Negeri GOW Kabupaten Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan langkah sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran Taman kanak-kanak Negeri GOW terdiri dari menentukan tema dan subtema, menentukan Kompetensi Inti,Kompetensi Dasar, menentukan indikator dan menetapkan tujuan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran Taman kanak-kanak Negeri GOW dengan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dan perumusan tujuan pembelajaran. Penilaian pembelajaran dilakukan dengan beberapa metode yaitu observasi, percakapan, penugasan, unjuk kerja, hasil karya dan pencatatan anekdot.


 


Kata Kunci: Motorik Halus, Anak Usia Dini


 


Abstract


 


            This study aims to determine the ability of fine motor development of early childhood in GOW State Kindergarten, Rejang Lebong Regency. This research use desciptive qualitative approach. The subjects of this study were the Principal and Early Childhood Education Teacher of GOW State Kindergarten, Rejang Lebong Regency. Data collection techniques used interviews, observations and field notes. Data analysis was carried out with the following steps: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Checking the validity of the data using triangulation technique. The results of this study indicate that the GOW State Kindergarten learning planning consists of determining themes and subthemes, determining Core Competencies, Basic Competencies, determining indicators and setting learning objectives. Implementation of learning in GOW State Kindergarten with the preparation of Daily Learning Implementation Plans and formulation of learning objectives. Learning assessment is carried out by several methods, namely observation, conversation, assignment, performance, work and recording anecdotes.


 


Keywords: Fine Motor, Early Childhood

Keywords

Motorik Halus anak usia dini

Article Details

How to Cite
Nurmiati, E., Delrefi D, & Qalbi , Z. (2022). Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Negeri GOW Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal PENA PAUD, 3(2), 27–33. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24663

References

  1. Fitriani, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University. 3(1), 25–34.
  2. Hamzah B. Uno. (2012).Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif . Jakarta: PT Bumi Aksara.
  3. Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.9(2), 920–935.
  4. Mustari, L., Indihadi, D., & Elan. (2020). Keterampilan menulis anak 4-5 tahun. Jurnal PAUD Agapedia. 4(1), 39–49.
  5. Riskayanti. Suwardi, S. (2018). Meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan finger painting. Jurnal AUDHI. 1(1), 61-69
  6. Sugiyono. (2013). Metode Pene;itian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:CV Alfabeta.
  7. Widyastono. (2007). Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan. 13(069), 1041-1054.