Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pengembangan motorik halus anak usia dinidi Taman kanak-kanak Negeri GOW Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Taman kanak Negeri GOW Kabupaten Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan langkah sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran Taman kanak-kanak Negeri GOW terdiri dari menentukan tema dan subtema, menentukan Kompetensi Inti,Kompetensi Dasar, menentukan indikator dan menetapkan tujuan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran Taman kanak-kanak Negeri GOW dengan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dan perumusan tujuan pembelajaran. Penilaian pembelajaran dilakukan dengan beberapa metode yaitu observasi, percakapan, penugasan, unjuk kerja, hasil karya dan pencatatan anekdot.
Kata Kunci: Motorik Halus, Anak Usia Dini
Abstract
This study aims to determine the ability of fine motor development of early childhood in GOW State Kindergarten, Rejang Lebong Regency. This research use desciptive qualitative approach. The subjects of this study were the Principal and Early Childhood Education Teacher of GOW State Kindergarten, Rejang Lebong Regency. Data collection techniques used interviews, observations and field notes. Data analysis was carried out with the following steps: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Checking the validity of the data using triangulation technique. The results of this study indicate that the GOW State Kindergarten learning planning consists of determining themes and subthemes, determining Core Competencies, Basic Competencies, determining indicators and setting learning objectives. Implementation of learning in GOW State Kindergarten with the preparation of Daily Learning Implementation Plans and formulation of learning objectives. Learning assessment is carried out by several methods, namely observation, conversation, assignment, performance, work and recording anecdotes.
Keywords: Fine Motor, Early Childhood
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Eliza Nurmiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Fitriani, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University. 3(1), 25–34.
- Hamzah B. Uno. (2012).Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif . Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.9(2), 920–935.
- Mustari, L., Indihadi, D., & Elan. (2020). Keterampilan menulis anak 4-5 tahun. Jurnal PAUD Agapedia. 4(1), 39–49.
- Riskayanti. Suwardi, S. (2018). Meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan finger painting. Jurnal AUDHI. 1(1), 61-69
- Sugiyono. (2013). Metode Pene;itian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:CV Alfabeta.
- Widyastono. (2007). Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan. 13(069), 1041-1054.
References
Fitriani, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University. 3(1), 25–34.
Hamzah B. Uno. (2012).Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif . Jakarta: PT Bumi Aksara.
Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.9(2), 920–935.
Mustari, L., Indihadi, D., & Elan. (2020). Keterampilan menulis anak 4-5 tahun. Jurnal PAUD Agapedia. 4(1), 39–49.
Riskayanti. Suwardi, S. (2018). Meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan finger painting. Jurnal AUDHI. 1(1), 61-69
Sugiyono. (2013). Metode Pene;itian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:CV Alfabeta.
Widyastono. (2007). Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan. 13(069), 1041-1054.