Main Article Content

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak kelompok B5 di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu  melalui bermain lempar bola. Jenis penelitian yang diteliti ini merupakan penelitian tindakan kelas di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu dengan subjek penelitian anak kelompok B5 yang berjumlah 14 orang anak terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Pengumpulan dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dengan teknik analisis data menggunakan rata-rata dan persentase untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar. Nilai ketuntasan keterampilan melempar anak secara klasikal siklus I adalah 66%  dan siklus II 82%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa motorik kasar pada keterampilan melempar dapat ditingkatkan melalui bermain lempar bola. Dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan kepada guru dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar dapat menggunakan bermain lempar bola dan permainan bola lainnya.

Article Details

How to Cite
ersa fitriah, juraidah, Nasirun,M.Pd., D., & M.Sn, W. (2022). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Bermain Lempar Bola Di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu: Keterampilan Motorik Kasar. Jurnal PENA PAUD, 3(2), 34–50. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24671

References

  1. Ardini, P.P. & Lestariningrum, A. (2018). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini (Sebuah Kajian Teori dan Praktik). Nganjuk: Adjie Media Nusantara.
  2. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  3. Aqib, Z. dkk. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) TK/RA, SLB/SDLB.
  4. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  5. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan . (2017). Sumber Belajar Penunjang PLPG Materi Profesional Guru Kelas PAUD/TK.
  6. Dwi Anggraini, D. (2022). Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini. Fatmawati, F.A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Gresik Jawa Timur: Caramedia.
  7. Farhurohman, O. (2017). Hakikat bermain dan permainan anak usia dini di pendidikan anak usia dini (PAUD). As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 27-36.
  8. Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25-34.
  9. Hanum, A., & Rohita, R. (2021). Kegiatan Sentra Olah Tubuh dalam Menstimulasi
  10. Kemampuan Motorik Kasar Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 89-101.
  11. Kamelia, N. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat
  12. Pencapaian Perkembangan Anak) Stppa Tercapai Di Ra Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 112-136.
  13. Komaini, A. (2019). Kemapuan Motorik Anak Usia Dini. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
  14. Novianti, I., & Arti, E. S. (2020). Pengaruh Permainan Lempar dan Tangkap Bola Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini di TK Kartini Rambipuji Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 3(2), 66-74.
  15. Pradaya, B., Admojo, I.R.W., & Dewi, N.K. (2020) . Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Modifikasi Bola Basket. 8 (1), hlm. 56- 68.
  16. Pudjiati, R. (2011). Bermain Bagi AUD dan Alat Permainan yang Sesuai Usia Anak. Kementrian Pendidikan Nasional.
  17. Rahman, H. (2019). Model-model Pembelajaran Anak Usia Dini. Depok: Ar- Ruzz Media.
  18. Sulastri, S. (2019). Hubungan antara Kegiatan Permainan Lempar Bola terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 2(2), 83-93.
  19. Waluyo, D.A. & Listyowati, A. (2017). Konpedium Pendidikan Anak Usia Dini. Depok: Prenadamedia Grup