Main Article Content

Abstract


Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 1 angka 14 menyatakan bahwa, pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Anak usia dini memiliki potensi besar untuk mengoptimalkan segala aspek perkembangan fisik motorik. Masa usia dini adalah masa emas perkembangan anak dimana semua aspek perkembangan dapat dengan mudah distimulasi. Media pembelajaran mempunyai peran yang penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Ada lima ranah perkembangan yang dapat distimulasi kepada anak supaya dapat dikembangkan secara maksimal. Peneliti fokus pada ranah perkembangan fisik motorik halus. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui bagaimana Implementasi Magic Hour dapat meningkatkan perkembangan Motorik Halus anak usia dini kelompok B di RA Nurul Hikmah Lenteng Proppo Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru kelas kelompok B dan wali murid kelompok B. Sedangkan sumber data sekunder, peneliti menggunakan buku-buku refrensi, dan dokumentasi kegiatan anak saat di sekolah. Hasil dari penelitian ini menurut hasil wawancara dan observasi menunjukkan Implementasi Media Pembelajaran Magic Hour Untuk Meningkatkan Motorik Halus Kelompok B di RA Nurul Hikmah Lenteng Proppo Pamekasan dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak kelompok B di RA Nurul Hikmah Lenteng Proppo Pamekasan.


Keywords

media pembelajaran magic hour motorik halus anak usia dini

Article Details

How to Cite
Siti, rohmah, & Siti Rohmah. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Magic Hour Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B Di Ra Nurul Hikmah Lenteng Proppo Pamekasan. Jurnal PENA PAUD, 3(2), 51–59. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.25131

References

  1. Arnis Agustin. (2018). “Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Anak Kelas Tk A”.Skripsi. (Mataram : Universitas Mataram, 2018).
  2. Asdiana Ulfa. (2021). “Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Berbagai Kegiatan (Kajian Jurnal Piaud).Skripsi. (Aceh : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, 2021).
  3. Cecep Kustandi, Daddy Darmawan. 2020. Implementasi Media Pembelajaran, Jakarta: Kencana.
  4. Dr. Sigit Purnama, M.Pd. Yuli Salis Hijriyah, M.Pd. Heldanita, M.Pd. 2019. Implementasi Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  5. Eca Gesang Mentari, dkk. 2020. Manajemen Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.
  6. Fitri Ayu Fatmawati, M.Pd. 2020.Implementasi Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini. Gresik : Caremedia Commucation.
  7. Guslinda, Rita Kurnia. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Surabaya: CV Jakad Publishing.
  8. Mhd Habibu Rahman. 2020. Assesmen Pembelajaran PAUD, Yogyakarta: Hijaz pustaka mandiri.
  9. Permendikbud Nomor 137 tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
  10. Rinda Fauzian. 2020. Pengantar Psikologi Perkembangan. Sukabumi: CV Jejak.
  11. Saeful Zaman, Aundriani Libertina. 2012. Membuat Anak Rajin Belajar Itu Gampang, Jakarta Selatan: Transmedia Pustaka.
  12. Santrock, Jhon W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
  13. Sudjana dan Riva’i. 2017. Media Pembelajaran. Jember : Pustaka Abadi.
  14. Suryani (2016). “Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Playdough Di Paud Al-Ikhlas Sayang”.Skripsi. (Mataram : Universitas Mataram, 2016).
  15. Tasdin Tahrim, dkk. 2021. Tekstur Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Palopo: Pohon Tua Pustaka.
  16. Undang-undang Republik Indonesia Nomor. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
  17. Vina Arie Paramita, Panggung Sutapa.“Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun”.Jurnal. (Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta, 2019).
  18. Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.