Main Article Content
Abstract
Salah satu permasalahan saat obsevasi di TK Kemala Bhayangkari 82 Surabaya ini adalah pada kegiatan senam dan menari, rata- rata anak kurang mampu untuk melakukan gerak yang disesuaikan dengan irama musik dengan baik dan benar dengan alasan bosan, capek dan malas, yang kemudian di teruskan dengan bermain sendiri atau mengganggu teman. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan kegiatan gerak ritmik dalam meningkatkan kecerdasan kinestetika anak B TK Kemala Bhayangkari 82 Surabaya. Penelitian memakai pendekatan diskriptif kualitatif. Data dan analisis menggunakan kajian reflektif, partisipasi serta kolaboratif. Jenis penelitian memakai penelitian tindakan kelas menggunakan 2 siklus serta tiap siklusnya dilaksanakan melalui 2 kali pertemuan. Untuk siklus pertama kecerdasan kinestetika anak mendapatkan prosentase 49% dari 20 anak yang ada, da siklus kedua peningkatan kecerdasan knestetika anak meningkat menjadi 83%. Jadi dapat disimpulkan yakni kegiatan gerak ritmik bisa meningkatkan kecerdasan kinestetika anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 82 Surabaya.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Indaria Hariyani, Dwi Anggraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Chagas, C. M. dos S., Pontes e Silva, T. B., Reffatti, L. M., Botelho, R. B. A., & Toral, N. (2018). Rango Cards, a digital game designed to promote a healthy diet: a randomized study protocol. BMC Public Health, 18(910), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12889-018-5848-0.
- Kusnandar, V. B. (2021). Penetrasi Internet Indonesia Urutan ke-15 di Asia pada 2021. Databoks.
- Masitoh, M. (2020). PENDEKATAN DALAM ANALISIS WACANA KRITIS. Edukasi Lingua Sastra, 18(1). https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.221
- Maswan, K. M., & Muslimin, K. (2017). Teknologi Pendidikan Penerapan Pembelajaran Yang Sistematis. Pustaka Pelajar.
- Sujiono, B., & Sujiono, Y. N. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. PT Indeks, 1(2).
- Sugiyono, P. D. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alvabeta.
- Wulandari, S. A. D., Pranowo, H., & ... (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Divisions dan Contextual teaching and …. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II.
- Zaini, A. (2015). Bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini. Jurnal Thufula, 3(3), 130–131. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656.
References
Chagas, C. M. dos S., Pontes e Silva, T. B., Reffatti, L. M., Botelho, R. B. A., & Toral, N. (2018). Rango Cards, a digital game designed to promote a healthy diet: a randomized study protocol. BMC Public Health, 18(910), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12889-018-5848-0.
Kusnandar, V. B. (2021). Penetrasi Internet Indonesia Urutan ke-15 di Asia pada 2021. Databoks.
Masitoh, M. (2020). PENDEKATAN DALAM ANALISIS WACANA KRITIS. Edukasi Lingua Sastra, 18(1). https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.221
Maswan, K. M., & Muslimin, K. (2017). Teknologi Pendidikan Penerapan Pembelajaran Yang Sistematis. Pustaka Pelajar.
Sujiono, B., & Sujiono, Y. N. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. PT Indeks, 1(2).
Sugiyono, P. D. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alvabeta.
Wulandari, S. A. D., Pranowo, H., & ... (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Divisions dan Contextual teaching and …. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II.
Zaini, A. (2015). Bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini. Jurnal Thufula, 3(3), 130–131. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656.