Main Article Content
Abstract
Salah satu permasalahan saat obsevasi di TK Kemala Bhayangkari 82 Surabaya ini adalah pada kegiatan senam dan menari, rata- rata anak kurang mampu untuk melakukan gerak yang disesuaikan dengan irama musik dengan baik dan benar dengan alasan bosan, capek dan malas, yang kemudian di teruskan dengan bermain sendiri atau mengganggu teman. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan kegiatan gerak ritmik dalam meningkatkan kecerdasan kinestetika anak B TK Kemala Bhayangkari 82 Surabaya. Penelitian memakai pendekatan diskriptif kualitatif. Data dan analisis menggunakan kajian reflektif, partisipasi serta kolaboratif. Jenis penelitian memakai penelitian tindakan kelas menggunakan 2 siklus serta tiap siklusnya dilaksanakan melalui 2 kali pertemuan. Untuk siklus pertama kecerdasan kinestetika anak mendapatkan prosentase 49% dari 20 anak yang ada, da siklus kedua peningkatan kecerdasan knestetika anak meningkat menjadi 83%. Jadi dapat disimpulkan yakni kegiatan gerak ritmik bisa meningkatkan kecerdasan kinestetika anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 82 Surabaya.
Article Details
Copyright (c) 2023 Indaria Hariyani, Dwi Anggraeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Chagas, C. M. dos S., Pontes e Silva, T. B., Reffatti, L. M., Botelho, R. B. A., & Toral, N. (2018). Rango Cards, a digital game designed to promote a healthy diet: a randomized study protocol. BMC Public Health, 18(910), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12889-018-5848-0.
- Kusnandar, V. B. (2021). Penetrasi Internet Indonesia Urutan ke-15 di Asia pada 2021. Databoks.
- Masitoh, M. (2020). PENDEKATAN DALAM ANALISIS WACANA KRITIS. Edukasi Lingua Sastra, 18(1). https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.221
- Maswan, K. M., & Muslimin, K. (2017). Teknologi Pendidikan Penerapan Pembelajaran Yang Sistematis. Pustaka Pelajar.
- Sujiono, B., & Sujiono, Y. N. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. PT Indeks, 1(2).
- Sugiyono, P. D. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alvabeta.
- Wulandari, S. A. D., Pranowo, H., & ... (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Divisions dan Contextual teaching and …. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II.
- Zaini, A. (2015). Bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini. Jurnal Thufula, 3(3), 130–131. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656.
References
Chagas, C. M. dos S., Pontes e Silva, T. B., Reffatti, L. M., Botelho, R. B. A., & Toral, N. (2018). Rango Cards, a digital game designed to promote a healthy diet: a randomized study protocol. BMC Public Health, 18(910), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12889-018-5848-0.
Kusnandar, V. B. (2021). Penetrasi Internet Indonesia Urutan ke-15 di Asia pada 2021. Databoks.
Masitoh, M. (2020). PENDEKATAN DALAM ANALISIS WACANA KRITIS. Edukasi Lingua Sastra, 18(1). https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.221
Maswan, K. M., & Muslimin, K. (2017). Teknologi Pendidikan Penerapan Pembelajaran Yang Sistematis. Pustaka Pelajar.
Sujiono, B., & Sujiono, Y. N. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. PT Indeks, 1(2).
Sugiyono, P. D. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alvabeta.
Wulandari, S. A. D., Pranowo, H., & ... (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Divisions dan Contextual teaching and …. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II.
Zaini, A. (2015). Bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini. Jurnal Thufula, 3(3), 130–131. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656.