Main Article Content
Abstract
Adanya penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kognitif anak dalam belajar dengan menggunakan metode bermain. Perkembangan kognitif adalah suatu proses berfikir yaitu kemampuan untuk menghubungkan, menilai dan pertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi. Salah satu metode yang dapat membantu perkembangan kognitif adalah bermain. Saat bermain anak juga bisa sambil belajar dan mengenal hal-hal baru, anak bisa belajar dengan menggunakan metode bermain. Tujuannya agar anak tidak mudah bosan dan jenuh saat belajar. Pendidik atau orang tua dapat memberikan permainan yang memiliki nilai pembelajaran. Contohnya menggunakan media kartu, denganmenggunakan media kartu anak akan belajar berhitung dan mengenak huruf tanpa merasa bosan dan stres. Anak akan merasa senang dengan kartu yang telah disediakan oleh pendidik atau orang tua. Penelitian ini menggunakan studi literatur, dengan membaca dan meneliti dari berbagai jurnal-jurnal tentang perkembangan anak usia dini dengan menggunakan metode bermain.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Dhiya El Quds Dhiya, Yuna Aini Rahmah Yuna, Nadya Vegaputri Handiani Nadya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Citra ayu. (2015). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Membilang dengan Metode Bermain Media Kartu Angka pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Taqifa Bangkinang. Jurnal Paud Tambusai, 1(6), 42–48. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/issue/view/4
- Jawati, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Kognitif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
- Karim, M. B. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG- PAUD Trunojoyo, 1(2), 103–113.
- Nonik, N. N., Raga, I. G., & Murda, I. N. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di PAUD Widya Dharma Bondalem Tejakula. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1), 2.
- Nurhayati, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bi-. 3(5), 418–424.
- citra ayu. (2015). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Membilang dengan Metode Bermain Media Kartu Angka pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Taqifa Bangkinang. Jurnal Paud Tambusai, 1(6), 42–48. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/issue/view/4
- Jawati, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Kognitif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
- Karim, M. B. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG- PAUD Trunojoyo, 1(2), 103–113.
- Nonik, N. N., Raga, I. G., & Murda, I. N. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di PAUD Widya Dharma Bondalem Tejakula. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1), 2.
- Nurhayati, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bi-. 3(5), 418–424.
- Nurma Pertiwi, I., Anggun Dwi, dan, & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. Mimbar PGSD Undiksha, 7, 261–270.
- Utami, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Angka. Pedagogika, 9(1), 53–60. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.26
References
Citra ayu. (2015). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Membilang dengan Metode Bermain Media Kartu Angka pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Taqifa Bangkinang. Jurnal Paud Tambusai, 1(6), 42–48. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/issue/view/4
Jawati, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Kognitif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Karim, M. B. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG- PAUD Trunojoyo, 1(2), 103–113.
Nonik, N. N., Raga, I. G., & Murda, I. N. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di PAUD Widya Dharma Bondalem Tejakula. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1), 2.
Nurhayati, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bi-. 3(5), 418–424.
citra ayu. (2015). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Membilang dengan Metode Bermain Media Kartu Angka pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Taqifa Bangkinang. Jurnal Paud Tambusai, 1(6), 42–48. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/issue/view/4
Jawati, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Kognitif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Karim, M. B. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG- PAUD Trunojoyo, 1(2), 103–113.
Nonik, N. N., Raga, I. G., & Murda, I. N. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di PAUD Widya Dharma Bondalem Tejakula. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1), 2.
Nurhayati, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bi-. 3(5), 418–424.
Nurma Pertiwi, I., Anggun Dwi, dan, & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. Mimbar PGSD Undiksha, 7, 261–270.
Utami, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Angka. Pedagogika, 9(1), 53–60. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.26