Main Article Content
Abstract
Lingkungan belajar yang baik adalah lingkungan yang dimana memiliki banyak implementasi dan kondisi yang baik. Implementasi disini dapat diartikan sebagai upaya-upaya pengelolaan dalam lingkungan belajar, sedangkan kondisi yang baik merupakan salah satu dari implementasi utama yang dapat memberikan motivasi, inspirasi, dan semangat bagi peserta didik. Lingkungan belajar outdoor di Pendidikan Anak Usia Dini memiliki berbagai dukungan pertumbuhan dan perkembangan anak yang dimana disertai dengan berbagai spesifikasinya. Permasalahan dan hambatan dalam hal tersebut dijadikan wadah sebagai penelitian dan analisis peneliti atau penulis artikel ini. Tujuan lebih lengkapnya adalah untuk membagi informasi terkait lingkungan belajar outdoor di salah satu Raudatul Athfal di Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa keselamatan, strategi, manfaat, kondisi, dan komunikasi yang berkaitan dengan lingkungan belajar outdoor di RA ini memiliki pengelolaan yang intekartif, komunikatif, dan kondusif. Beberapa kendala dalam area bermain dan belajar anak di luar ruangan dapat menjadikan hambatan bagi perkembangannya, Raudatul Athfal Al-Khoeriyah memiliki upaya alternatif untuk menunjang keefektifan peserta didik dalam pertumbuhan dan perkembangannya.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Rifda Rifda Sa'adatul Laila, Tyara Intana Putri Kusumah, Risbon Sianturi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Herlinda, S. (2018). PEMBELAJARAN PAUD DENGAN STRATEGI OUT DOOR. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 67–74.
- Khusna, F. et al. (2021). Ladies Program : Media Komunikasi Pembelajaran dan Budaya Belajar Antara Orang Tua dan Guru di Sekolah. Buletin Literasi Budaya Sekolah. 3, (1), 77-85.
- Maria Ermalinda Sni. (2018). PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR INPRES ILIGETANG. 01, 129-139.
- Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 459–464. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.43
- Mustari, Mohammad. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
- Putri, D. K., Handayani, M. C., & Akbar, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri Terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4, (2), 649-657.
- Sianturi, R. & Elan. (2021). Pengelolaan Lingkungan Belajar PAUD di Era Abad 21. Bandung.
- Susanti, S. (2018). MANAJEMEN PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR PAUD BERBASIS MASYARAKAT. Jurnal Tumbuhkembang. 5, (1), 1-10.
- Wiradnyana, I. (2020). Pengelolaan Lingkungan Belajar Berbasis TRI Hita Karana di TK Eka Dharma sebagai Upaya Pengintegrasian Pendidikan Lingkungan. WIDYACARYA. 4, (1), 48-54.
- Wiradyana, I. (2020). Pengelolaan Lingkungan Belajar Outdoor sebagai Penunjangn Aktivitas Bermain di TK. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1, (2), 68-79.
References
Herlinda, S. (2018). PEMBELAJARAN PAUD DENGAN STRATEGI OUT DOOR. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 67–74.
Khusna, F. et al. (2021). Ladies Program : Media Komunikasi Pembelajaran dan Budaya Belajar Antara Orang Tua dan Guru di Sekolah. Buletin Literasi Budaya Sekolah. 3, (1), 77-85.
Maria Ermalinda Sni. (2018). PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR INPRES ILIGETANG. 01, 129-139.
Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 459–464. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.43
Mustari, Mohammad. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Putri, D. K., Handayani, M. C., & Akbar, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri Terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4, (2), 649-657.
Sianturi, R. & Elan. (2021). Pengelolaan Lingkungan Belajar PAUD di Era Abad 21. Bandung.
Susanti, S. (2018). MANAJEMEN PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR PAUD BERBASIS MASYARAKAT. Jurnal Tumbuhkembang. 5, (1), 1-10.
Wiradnyana, I. (2020). Pengelolaan Lingkungan Belajar Berbasis TRI Hita Karana di TK Eka Dharma sebagai Upaya Pengintegrasian Pendidikan Lingkungan. WIDYACARYA. 4, (1), 48-54.
Wiradyana, I. (2020). Pengelolaan Lingkungan Belajar Outdoor sebagai Penunjangn Aktivitas Bermain di TK. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1, (2), 68-79.