Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode atau cara-cara untuk mempelajari Al-Qur’an kepada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalan dengan jenis penelitian kajian literatur. Sasaran yang menjadi bahan penelitian yaitu berupa jurnal-jurnal berbahasa Indonesia yang terdapat di Google Scholar. Teknik pengumpulan data yaitu melalui studi pustaka dan teknik pengembangan instrumen yaitu dengan intrumen dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis isi atau analysis content. Hasil penelitian ini yaitu ada beberapa metode yang digunakan dalam pembelajaran Alquran untuk anak usia dini, yaitu metode talaqqi, sorogan, qira’ati, iqra, albana, tabarak, muyassar, dan muroja’ah. Selain itu bisa juga dengan menggunakan teknik reading aloud dan gerakan isyarat ACQ. Dari beberapa metode tersebut dapat menghantarkan anak-anak untuk belajar Alquran yang dapat meningkatkan rasa cinta kepada Allah Swt. Dari penelitian ini, direkomendasikan pada penelitian selanjutnya untuk meneliti metode mempelajari Al-Qur’an untuk anak yang berkebutuhan khusus.

Keywords

Al-Qur'an metode anak usia dini

Article Details

How to Cite
Rizqia, S. Z., Handiani, N. V., Purnama, T. A., & Aprily, N. M. (2023). Meningkatkan Rasa Cinta Kepada Allah Subhanahu Wa ta’allah Dengan Mempelajari Al-Qur’an Sejak Dini. Jurnal PENA PAUD, 4(1). https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i1.27713