Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode atau cara-cara untuk mempelajari Al-Qur’an kepada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalan dengan jenis penelitian kajian literatur. Sasaran yang menjadi bahan penelitian yaitu berupa jurnal-jurnal berbahasa Indonesia yang terdapat di Google Scholar. Teknik pengumpulan data yaitu melalui studi pustaka dan teknik pengembangan instrumen yaitu dengan intrumen dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis isi atau analysis content. Hasil penelitian ini yaitu ada beberapa metode yang digunakan dalam pembelajaran Alquran untuk anak usia dini, yaitu metode talaqqi, sorogan, qira’ati, iqra, albana, tabarak, muyassar, dan muroja’ah. Selain itu bisa juga dengan menggunakan teknik reading aloud dan gerakan isyarat ACQ. Dari beberapa metode tersebut dapat menghantarkan anak-anak untuk belajar Alquran yang dapat meningkatkan rasa cinta kepada Allah Swt. Dari penelitian ini, direkomendasikan pada penelitian selanjutnya untuk meneliti metode mempelajari Al-Qur’an untuk anak yang berkebutuhan khusus.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Shofia Zahra Rizqia, Nadya Vegaputri Handiani, Tiara Alyani Purnama, Nuraly Masum Aprily
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).