Main Article Content

Abstract

Posyandu Sekolah merupakan salah satu program kesehatan dan gizi yang dijalankan oleh TK Joy Kids National Plus. Tujuan program Posyandu Sekolah adalah untuk meningkatkan perkembangan kesehatan dan gizi anak melalui pemeriksaan rutin, penyuluhan kesehatan dan gizi serta sebagai baha penilaian tumbuh kembang anak. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yaitu dengan kegiatan observasi dan wawancara. Tujuannya adalah untuk mengetahui pentingnya program Posyandu Sekolah yang dilaksanakan oleh TK Joy Kids National Plus dalam optimalisasi tumbuh kembang anak terutama dari segi kesehatan dan gizi. Menurut hasil penelitian ini, program Posyandu Sekolah yang dilaksanakan oleh TK Joy Kids National Plus sangat berhasil, dari pelaksanaan program Posyandu Sekolah yang dilaksanakan setiap bulannya bisa meningkatkan pemahaman peran keluarga dan pengasuh untuk memperhatikan kesehatan dan gizi anak. Selain itu, dengan hasil pemeriksaan rutin terbentuknya sebuah rapot sehat sebagai penilaian tumbuh kembang anak. Dengan dibentuknya program posyandu ini, sekolah dapat menciptakan generasi yang sinergis, sehat, dan cerdas.

Keywords

anak usia dini, kesehatan gizi, PAUD, posyandu sekolah

Article Details

How to Cite
Priscilla Arimbi Febdinanty. (2023). Program Posyandu Sekolah Terhadap Anak Usia Dini Di TK Joy Kids National Plus. Jurnal PENA PAUD, 4(1). https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i1.27742

References

  1. Afif, Putri Atika, dan Sri Sumarmi. 2017. “Peran Ibu sebagai Edukator dan Konsumsi Sayur Buah pada Anak.” Amerta Nutrition 1 (3): 236. https://doi.org/10.20473/amnt.v1i3.2017.236-242.
  2. Afnita, Juli, dan Eva Latipah. 2021. “Perkembangan Moral Anak Usia Dini Usia 0-6 Tahun dan Stimulasinya.” Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak 16 (2): 289–306. https://doi.org/10.24090/yinyang.v16i2.4421.
  3. Apriliana, Astuti. 2016. “Di PAUD Purwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan Apriliana Kuntoro Astuti Program Studi Pendidikan Guru PAUD – FKIP – UKSW.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 264–72.
  4. Ariyanti, Tatik. 2016. “The Importance of Childhood Education for Child Development.” Dinamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8 (1): 50–58.
  5. Barus, Gendon. 2015. “Kata kunci و.” Kinabalu 11 (2): 50–57.
  6. Belakang, A Latar. 2009. “Kontribusi Energi, Zat Gizi Makro Dan Zat Gizi Mikro Dari Sarapan Pagi Terhadap Angka Kecukupan Gizi Anak Pada Siswa SD Negeri Di Kelurahan Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo,” 1–6.
  7. Dini, A Anak Usia, Pengertian Anak, dan Usia Dini. 2012. 7–34. https://eprints.uny.ac.id/7778/3/bab 2 - 09111247009.pdf.
  8. Fitriana, Aida Ayu. 2020. “Pemahaman Orang Tua Mengenai Gizi Anak.” Jurnal Pendidikan Modern 5 (3): 96–101. https://doi.org/10.37471/jpm.v5i3.92.
  9. Fitriana, Lala Budi, dan Zenni Puspitarini. 2018. “Faktor Penentu Keberhasilan Program Uks Paud Di Paud Wilayah Desa Wedomartani Sleman Yogyakarta.” Chmk Nursing Scientific Journal 2 (2).
  10. Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Caremedia Communication.
  11. Hasibuan, Rachma. 2019. “Pendidikan Kesehatan Untuk Anak Usia Dini.” Universitas Terbuka, 1–160. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/CAUD010502-M1.pdf.
  12. Jaya, Petrus Redy Partus, dan Felisitas Ndeot. 2019. “Penerapan Model Evaluasi Cipp Dalam Mengevaluasi Program Layanan Paud Holistik Integratif.” PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1): 10–25. https://doi.org/10.31851/pernik.v1i01.2622.
  13. Karimah, Dienna, Nunung Nurwati, dan Gigin Ginanjar Kamil Basar. 2015. “Pengaruh Pemenuhan Kesehatan Anak Terhadap Perkembangan Anak.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2 (1): 118–25. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i1.13266.
  14. Laili, Irfana Nurul, Nunuk Hariyati, dan Erny Roesminingsih. 2022. “Implementasi Manajemen Kurikulum Pada Program Unggulan Non Akademik.” Jurnal Ilmiah mandala Education (JIME) 8 (2): 1452–63. https://doi.org/10.36312/jime.v8i2.3223/http.
  15. Los, Unidad Metodología D E Conocimiento D E. n.d. Mathematics, Applied. 1 (1).
  16. Mukminin, Amirul, dan Neneng Tasu’ah. 2015. “Pengembangan Model Layanan Program Usaha Kesehatan Sekolah Terintegrasi Pada Lembaga Paud Di Kota Semarang.” Journal of Nonformal Education 1 (1): 69–78. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne/article/view/3985.
  17. Muslihin, Heri Yusuf. 2020. “Bagaimana Mengajarkan Gerak Lokomotor Pada Anak Usia Dini?” Jurnal Paud Agapedia 2 (1): 76–88. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i1.24390.
  18. Ndeot, Felisitas, Theresia Alviani Sum, dan Fransiska Dechantal Ndinduk. 2022. “Analisis pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini.” Jurnal Lonto Leok 4 (2): 1–12.
  19. Nopriansyah, Untung. 2020. “Pengembangan Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Untuk Pemantauan Deteksi Dini Tumbuh Kembang ( Ddtk ) Anak Usia 4-6 Tahun karakter bangsa ( Udu et al ., 2019 ). Hasil Riset Kesehatan Dasar ( Riskesdas ) 2010 tentang penyebaran status gizi balita pada Prov.” Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 3 (1): 98–111.
  20. Rizka, Febriana, dan Sulaeman Ahmad. 2014. “Kebiasaan Makan Sayur dan Buah Ibu Saat Kehamilan Kaitannya Dengan Konsumsi Sayur dan Buah Anak Usia Prasekolah.” Jurnal Gizi dan Pangan 9 (2): 133–38.
  21. Romadona, Nur Faizah, dan Rudiyanto Rudiyanto. 2022. “Pembelajaran Kesehatan dan Gizi bagi Guru Taman Kanak-Kanak: Sebuah Penelitian Gabungan.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (6): 6417–28. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3314.
  22. Rozi, Fathor, Ahmad Zubaidi, dan Masykuroh Masykuroh. 2021. “Strategi Kepala Sekolah dalam Menerapkan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 10 (1): 59–68. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.39788.
  23. Sukismanto, Sukismanto, dan Lala Budi Fitrina. 2019. “Peningkatan Peran Serta dan Dukungan Guru melalui pelatihan tentang PHBS sebagai Salah Satu Strategi keberhasilan Pelaksanaan UKS PAUD di PAUD Wilayah Desa Wedomartani Sleman Yogyakarta.” Jurnal Pengabdian “Dharma Bakti” 2 (1): 12–19.
  24. Suryana, Dr. Dadan M.Pd. 2007. “Dasar-Dasar Pendidikan TK.” Hakikat Anak Usia Dini 1: 1–65.
  25. Syaodih, Ernawulan. 2003. “Perkembangan Anak Usia Dini (Usia 0-8 Tahun).” Terpadu Yayasan Pendidikan Salman Al Farisi, 1–22. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/196510011998022-ERNAWULAN_SYAODIH/perk_anak.pdf.
  26. Tri Suminar, Aulia Abid Mahardika, Fakhruddin,. 2018. “Partisipasi Masyarakat Dalam Keberhasilan Program Paud Yang Terintregrasi Dengan Posyandu.” Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) 3 (2). https://doi.org/10.30870/e-plus.v3i2.4894.
  27. Utami, Tri. 2015. “Pengelolaan Paud Terintegrasi Layanan Posyandu.” Skripsi. http://lib.unnes.ac.id/22613/1/1601411048-s.pdf.
  28. Widaryanti, Rahayu. 2022. “Penurunan Masalah Gizi Pada Anak Usia Dini Melalui Edukasi PMT-AS.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6 (5): 1168–73. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.10762.
  29. Zarkasyi, Ahmad. 2016. “Konsep Pengembangan Program Unggulan di Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Makrifat 1 (1): 35–51.
  30. Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46.