Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi program intervensi pendidikan yang efektif untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak-anak dengan IQ di bawah rata- rata. Metode yang digunakan meliputi studi kualitatif dan kuantitatif dengan mengombinasikan observasi, wawancara, dan tes kognitif. Program intervensi dirancang dengan mempertimbangkan karakteristik dan kebutuhan khusus anak-anak tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program intervensi yang dikembangkan secara signifikan meningkatkan skor IQ dan kemampuan kognitif anak-anak dalam kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini menekankan pentingnya pendekatan yang disesuaikan dan dukungan yang intensif untuk memaksimalkan potensi anak-anak dengan IQ rendah. Rekomendasi meliputi penerapan program intervensi yang komprehensif di sekolah dan pusat pendidikan khusus, serta peningkatan kesadaran dan pelatihan guru dalam mengajar anak-anak dengan kebutuhan khusus.


 

Keywords

IQ rendah, intervensi pendidikan, perkembangan kognitif, kebutuhan khusus, program khusus.

Article Details

How to Cite
Pareda, P., Rahmah , J., & Hijriati. (2024). Permasalahan Pada Anak Yang Mempunyai IQ Dibawah Rata-Rata Di Rumah Terapi Tabina Ie Masen Kaye Adang. JURNAL PENA PAUD, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/penapaud.v5i1.34031

References

  1. Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
  2. Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
  3. Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
  4. Daryati, M. E. (2023). Pengaruh Media Numerik Digital Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 74-87. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9933
  5. Magdalena, I. et al. (2020) ‘Intelegensi Anak Dan Usaha Serta Strategi Mengembangkan Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Cireundeu 2’, PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(3), pp. 363–375. Available at: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa.
  6. Muthmainnah, R.N. and Purnamasari, M. (2019) ‘Analisis Faktor Penyebab Peserta Didik Dengan Iq Tinggi Memperoleh Hasil Belajar Matematika Rendah’, FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), p. 81. Available at: https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.81-86.
  7. Pandiangan, W.M., Siagian, S. and Sitompul, H. (2018) ‘Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa’, Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), p. 86. Available at: https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11199.
  8. Saputra, A., Satiri, I. and Erlina, L. (2021) ‘Intelligence Quetiont (IQ), Emotional Quetiont (EQ), dan Spiritual Quetiont (SQ) Qur`ani Ulul Albab’, Zad Al-Mufassirin, 3(2), pp. 250–267. Available at: https://doi.org/10.55759/zam.v3i2.47.
  9. Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776

Most read articles by the same author(s)