Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi program intervensi pendidikan yang efektif untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak-anak dengan IQ di bawah rata- rata. Metode yang digunakan meliputi studi kualitatif dan kuantitatif dengan mengombinasikan observasi, wawancara, dan tes kognitif. Program intervensi dirancang dengan mempertimbangkan karakteristik dan kebutuhan khusus anak-anak tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program intervensi yang dikembangkan secara signifikan meningkatkan skor IQ dan kemampuan kognitif anak-anak dalam kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini menekankan pentingnya pendekatan yang disesuaikan dan dukungan yang intensif untuk memaksimalkan potensi anak-anak dengan IQ rendah. Rekomendasi meliputi penerapan program intervensi yang komprehensif di sekolah dan pusat pendidikan khusus, serta peningkatan kesadaran dan pelatihan guru dalam mengajar anak-anak dengan kebutuhan khusus.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Putri Pareda, Jesika Rahmah , Hijriati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
- Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
- Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
- Daryati, M. E. (2023). Pengaruh Media Numerik Digital Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 74-87. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9933
- Magdalena, I. et al. (2020) ‘Intelegensi Anak Dan Usaha Serta Strategi Mengembangkan Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Cireundeu 2’, PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(3), pp. 363–375. Available at: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa.
- Muthmainnah, R.N. and Purnamasari, M. (2019) ‘Analisis Faktor Penyebab Peserta Didik Dengan Iq Tinggi Memperoleh Hasil Belajar Matematika Rendah’, FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), p. 81. Available at: https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.81-86.
- Pandiangan, W.M., Siagian, S. and Sitompul, H. (2018) ‘Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa’, Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), p. 86. Available at: https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11199.
- Saputra, A., Satiri, I. and Erlina, L. (2021) ‘Intelligence Quetiont (IQ), Emotional Quetiont (EQ), dan Spiritual Quetiont (SQ) Qur`ani Ulul Albab’, Zad Al-Mufassirin, 3(2), pp. 250–267. Available at: https://doi.org/10.55759/zam.v3i2.47.
- Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
References
Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
Daryati, M. E. (2023). Pengaruh Media Numerik Digital Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 74-87. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9933
Magdalena, I. et al. (2020) ‘Intelegensi Anak Dan Usaha Serta Strategi Mengembangkan Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Cireundeu 2’, PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(3), pp. 363–375. Available at: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa.
Muthmainnah, R.N. and Purnamasari, M. (2019) ‘Analisis Faktor Penyebab Peserta Didik Dengan Iq Tinggi Memperoleh Hasil Belajar Matematika Rendah’, FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), p. 81. Available at: https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.81-86.
Pandiangan, W.M., Siagian, S. and Sitompul, H. (2018) ‘Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa’, Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), p. 86. Available at: https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11199.
Saputra, A., Satiri, I. and Erlina, L. (2021) ‘Intelligence Quetiont (IQ), Emotional Quetiont (EQ), dan Spiritual Quetiont (SQ) Qur`ani Ulul Albab’, Zad Al-Mufassirin, 3(2), pp. 250–267. Available at: https://doi.org/10.55759/zam.v3i2.47.
Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776