Journal of early childhood education, containing various the activities of teaching staff of most universities in Indonesia in handling and managing various potentials, obstacles, challenges, and problems in the community. problems that exist in the community. The implementation of service activities also involves community and partner participation. Service activities are organised into activities that aim to improve scientific early childhood education

DOI: https://doi.org/10.33369/penapaud.v5i1

Published: 29 June 2024

Permasalahan Pada Anak Yang Mempunyai IQ Dibawah Rata-Rata Di Rumah Terapi Tabina Ie Masen Kaye Adang

Putri Pareda (1), Jesika Rahmah (2), Hijriati (3)
(1) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Ar-Raniry ,
(2) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Ar-Raniry ,
(3) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
1-10
87

Permasalahan Pada Anak Yang Memiliki Keterlambatan Dalam Berbicara

Rahmatika Dewi (1), Zulfa Thayyibah (2), Hijriati (3)
(1) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Ar-Raniry ,
(2) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Ar-Raniry ,
(3) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
11-20
126

Strategi Guru dalam Mengembangkan Literasi dan Numerasi Melalui Pembiasaan Pagi pada Kelompok B (5-6 Tahun) di TK Nailul Maram Jember

Masidah Mu'in (1), Misyana (2), Niesa (3)
(1) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Jember ,
(2) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Jember ,
(3) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Jember
21-28
110

Perancangan Permainan Botol Akhlak untuk Mengembangkan Moral dan Agama Anak Usia Dini

Syifa Athaya (1), Kharisma Dita Cahyani (2), Rahmah (3), Siti Nurmala (4), Lizza Suzanti (5)
(1) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Uisa Dini Universitas Pendidikan Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Uisa Dini Universitas Pendidikan Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Uisa Dini Universitas Pendidikan Indonesia ,
(4) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Uisa Dini Universitas Pendidikan Indonesia ,
(5) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Uisa Dini Universitas Pendidikan Indonesia
29-37
86

Peningkatan Sosial dan Emosional Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B di TK Falasifa Surabaya

Indaria Hariyani (1), Irma Susmiati (2), Siti Faidatul (3), Gadis Nurmufidah (4)
(1) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya ,
(2) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya ,
(3) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya ,
(4) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya
38-47
59

Pengaruh Permainan Treasure Hunt Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

(Quasi Eksperimen di Kelompok B2 RA Persis 180 Miftahul Jannah Kec. Andir Kota Bandung)

Siti Farida (1), Aam Kurnia (2), Syam’iyah (3)
(1) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung ,
(2) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung ,
(3) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung
48-62
102

Peran Guru Dalam Penerapan Toilet Training Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di TK ABA 02 CAKRU

Desi Wulandari (1), Misyana (2)
(1) TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Cakru ,
(2) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Jember
63-69
57

Pelibatan Orang Tua dalam Pengembangan program Sekolah PAUD

Melati Ambar Gumilang Bambang (1), Iyan Sofyan (2)
(1) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Ahmad Dahlan ,
(2) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Ahmad Dahlan
70-78
88

Perawatan Diri dan Kesehatan Peran Orang Tua dalam Kesehatan Mental Anak Pasca Kekerasan

Fauziah Syarifatul Huriyah (1), Nadya Vegaputri Handiani Nadya (2), Reva Fauzia Haristawati (3), Delia Nurlina (4), Gilar Gandana (5)
(1) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Uisa Dini Universitas Pendidikan Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Uisa Dini Universitas Pendidikan Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Uisa Dini Universitas Pendidikan Indonesia ,
(4) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Uisa Dini Universitas Pendidikan Indonesia ,
(5) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Uisa Dini Universitas Pendidikan Indonesia
79-89
91