Main Article Content
Abstract
Keterlambatan berbicara pada anak merupakan masalah perkembangan yang semakin umum terjadi dan dapat berdampak signifikan pada perkembangan sosial, emosional, dan akademik anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab, menetapkan ciri-ciri dan profil perkembangan bicara, menganalisis dampak keterlambatan berbicara, menilai keberhasilan strategi intervensi, serta menyusun saran praktis bagi orang tua, pendidik, dan tenaga kesehatan dalam memfasilitasi perkembangan bicara dan bahasa anak yang mengalami keterlambatan berbicara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara pada anak di RA Takhirah Tungkop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlambatan berbicara disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Intervensi seperti terapi bicara, keterlibatan orang tua, dan pendekatan pembelajaran khusus terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara dan komunikasi anak. Diperlukan upaya komprehensif yang melibatkan kolaborasi antara orang tua, pendidik, dan terapis untuk mengatasi masalah ini.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Rahmatika Dewi, Zulfa Thayyibah, Hijriati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
- Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
- Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
- Daryati, M. E. (2023). Pengaruh Media Numerik Digital Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 74-87. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9933
- Daryati, M. E. . (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Media Klip Warna. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2622–2631. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1263
- Delia, D. (2021) Serba Serbi Pengasuhan Anak. Jakarta : PT Gramedia.
- Haerani Nur (2024) Mengenal Speech Delay (Keterlambatan Bicara) Pada Anak. PT Nasy Expanding Manajemen: Anggota IKAPI.
- Lip Marzuqi, M.P. (2019) Keterampilan Berbicara. Surabaya: CV Istana, 2019.
- Masitoh (2019) ‘Gangguan Bahasa Dalam Perkembangan Bicara Anak’, Elsa, 17(1), pp. 69–73.
- Muslimat, A.F., Lukman, L. and Hadrawi, M. (2020) ‘Faktor dan Dampak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Terhadap Perilaku Anak Studi Kasus Anak Usia 3-5 Tahun: Kajian Psikolinguistik’, Jurnal Al-Qiyam, 1(1), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.122.
- Nafisah, A.D. (2022) Inklusi Dalam PAUD : Teori dan Praktik. Surabaya: Cipta Media Nusantara 2022.
- Ni Desak Made Santi Diwyarthi et al. (2022) Psikologi Umum. PT Global Eksekutif Teknologi Anggota IKAPI.
- Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
References
Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
Daryati, M. E. (2023). Pengaruh Media Numerik Digital Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 74-87. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9933
Daryati, M. E. . (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Media Klip Warna. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2622–2631. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1263
Delia, D. (2021) Serba Serbi Pengasuhan Anak. Jakarta : PT Gramedia.
Haerani Nur (2024) Mengenal Speech Delay (Keterlambatan Bicara) Pada Anak. PT Nasy Expanding Manajemen: Anggota IKAPI.
Lip Marzuqi, M.P. (2019) Keterampilan Berbicara. Surabaya: CV Istana, 2019.
Masitoh (2019) ‘Gangguan Bahasa Dalam Perkembangan Bicara Anak’, Elsa, 17(1), pp. 69–73.
Muslimat, A.F., Lukman, L. and Hadrawi, M. (2020) ‘Faktor dan Dampak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Terhadap Perilaku Anak Studi Kasus Anak Usia 3-5 Tahun: Kajian Psikolinguistik’, Jurnal Al-Qiyam, 1(1), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.122.
Nafisah, A.D. (2022) Inklusi Dalam PAUD : Teori dan Praktik. Surabaya: Cipta Media Nusantara 2022.
Ni Desak Made Santi Diwyarthi et al. (2022) Psikologi Umum. PT Global Eksekutif Teknologi Anggota IKAPI.
Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776