Main Article Content

Abstract

Keterlambatan berbicara pada anak merupakan masalah perkembangan yang semakin umum terjadi dan dapat berdampak signifikan pada perkembangan sosial, emosional, dan akademik anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab, menetapkan ciri-ciri dan profil perkembangan bicara, menganalisis dampak keterlambatan berbicara, menilai keberhasilan strategi intervensi, serta menyusun saran praktis bagi orang tua, pendidik, dan tenaga kesehatan dalam memfasilitasi perkembangan bicara dan bahasa anak yang mengalami keterlambatan berbicara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara pada anak di RA Takhirah Tungkop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlambatan berbicara disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Intervensi seperti terapi bicara, keterlibatan orang tua, dan pendekatan pembelajaran khusus terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara dan komunikasi anak. Diperlukan upaya komprehensif yang melibatkan kolaborasi antara orang tua, pendidik, dan terapis untuk mengatasi masalah ini.

Keywords

Keterlambatan Berbicara, Perkembangan Anak, Intervensi, Terapi Bicara, Kolaborasi

Article Details

How to Cite
Dewi, R., Thayyibah, Z., & Hijriati. (2024). Permasalahan Pada Anak Yang Memiliki Keterlambatan Dalam Berbicara. JURNAL PENA PAUD, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.33369/penapaud.v5i1.34109

References

  1. Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
  2. Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
  3. Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
  4. Daryati, M. E. (2023). Pengaruh Media Numerik Digital Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 74-87. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9933
  5. Daryati, M. E. . (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Media Klip Warna. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2622–2631. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1263
  6. Delia, D. (2021) Serba Serbi Pengasuhan Anak. Jakarta : PT Gramedia.
  7. Haerani Nur (2024) Mengenal Speech Delay (Keterlambatan Bicara) Pada Anak. PT Nasy Expanding Manajemen: Anggota IKAPI.
  8. Lip Marzuqi, M.P. (2019) Keterampilan Berbicara. Surabaya: CV Istana, 2019.
  9. Masitoh (2019) ‘Gangguan Bahasa Dalam Perkembangan Bicara Anak’, Elsa, 17(1), pp. 69–73.
  10. Muslimat, A.F., Lukman, L. and Hadrawi, M. (2020) ‘Faktor dan Dampak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Terhadap Perilaku Anak Studi Kasus Anak Usia 3-5 Tahun: Kajian Psikolinguistik’, Jurnal Al-Qiyam, 1(1), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.122.
  11. Nafisah, A.D. (2022) Inklusi Dalam PAUD : Teori dan Praktik. Surabaya: Cipta Media Nusantara 2022.
  12. Ni Desak Made Santi Diwyarthi et al. (2022) Psikologi Umum. PT Global Eksekutif Teknologi Anggota IKAPI.
  13. Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776