Main Article Content

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini menjadi salah satu fanktor penting dalam tumbuh kemabng anak yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan sosil dan emosianal anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan perkembangan sosial dan emosional anak melalui metode demonstrasi pada anak kelompok B di TK Falasifa Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dengan masing-masing empat tahap yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri atas 13 anak kelompok B TK Falasifa Surabaya. Hasil Penelitian yang didapatkan yaitu perkembangan kemampuan sosial dan emosional anak mengalami peningkatan melalui metode demonstrasi pada aspek bersosialisasi anak dan mengontrol emosi anak. Besar peningkatan dengan jumlah nilai rata-rata 56,5% pada siklus I dan jumlah nilai rata- rata 80,7% pada siklus II. Oleh karena itu, perkembangan sosial dan emosional anak dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi.


 

Keywords

Perkembangan Sosial danEmosional MetodeDemonstrasi Anak

Article Details

How to Cite
Hariyani, I., Susmiati, I., Faidatul, S., & Nurmufidah, G. (2024). Peningkatan Sosial dan Emosional Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B di TK Falasifa Surabaya. JURNAL PENA PAUD, 5(1), 38–47. https://doi.org/10.33369/penapaud.v5i1.34565

References

  1. Fatin, N., Harun, L., Ariyanto, L., & Supriyanto, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Tutor Sebaya. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.33087/phi.v7i1.264
  2. Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA PRA SEKOLAH. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1). https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645
  3. Sugianti, N. I. W., Wantah, M. J., & ... (2022). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Menggelindingkan Bola Ke Dalam Kardus Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B Di Taman …. … Anak Usia Dini, 1.
  4. Tholibin, & Muhammad, D. H. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Zainul Falah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1).
  5. Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
  6. Wijaya, E., & Nuraini, F. (2023). Pentingnya Interaksi Sosial dalam Pendidikan Anak Usia Dini. TIFLUN: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
  7. Fatin, N., Harun, L., Ariyanto, L., & Supriyanto, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Tutor Sebaya. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.33087/phi.v7i1.264
  8. Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA PRA SEKOLAH. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1). https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645
  9. Sugianti, N. I. W., Wantah, M. J., & ... (2022). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Menggelindingkan Bola Ke Dalam Kardus Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B Di Taman …. … Anak Usia Dini, 1.
  10. Tholibin, & Muhammad, D. H. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Zainul Falah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1).
  11. Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
  12. Wijaya, E., & Nuraini, F. (2023). Pentingnya Interaksi Sosial dalam Pendidikan Anak Usia Dini. TIFLUN: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).