Main Article Content
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini menjadi salah satu fanktor penting dalam tumbuh kemabng anak yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan sosil dan emosianal anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan perkembangan sosial dan emosional anak melalui metode demonstrasi pada anak kelompok B di TK Falasifa Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dengan masing-masing empat tahap yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri atas 13 anak kelompok B TK Falasifa Surabaya. Hasil Penelitian yang didapatkan yaitu perkembangan kemampuan sosial dan emosional anak mengalami peningkatan melalui metode demonstrasi pada aspek bersosialisasi anak dan mengontrol emosi anak. Besar peningkatan dengan jumlah nilai rata-rata 56,5% pada siklus I dan jumlah nilai rata- rata 80,7% pada siklus II. Oleh karena itu, perkembangan sosial dan emosional anak dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Indaria Hariyani, Irma Susmiati, Siti Faidatul, Gadis Nurmufidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Fatin, N., Harun, L., Ariyanto, L., & Supriyanto, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Tutor Sebaya. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.33087/phi.v7i1.264
- Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA PRA SEKOLAH. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1). https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645
- Sugianti, N. I. W., Wantah, M. J., & ... (2022). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Menggelindingkan Bola Ke Dalam Kardus Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B Di Taman …. … Anak Usia Dini, 1.
- Tholibin, & Muhammad, D. H. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Zainul Falah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1).
- Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
- Wijaya, E., & Nuraini, F. (2023). Pentingnya Interaksi Sosial dalam Pendidikan Anak Usia Dini. TIFLUN: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
- Fatin, N., Harun, L., Ariyanto, L., & Supriyanto, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Tutor Sebaya. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.33087/phi.v7i1.264
- Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA PRA SEKOLAH. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1). https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645
- Sugianti, N. I. W., Wantah, M. J., & ... (2022). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Menggelindingkan Bola Ke Dalam Kardus Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B Di Taman …. … Anak Usia Dini, 1.
- Tholibin, & Muhammad, D. H. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Zainul Falah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1).
- Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
- Wijaya, E., & Nuraini, F. (2023). Pentingnya Interaksi Sosial dalam Pendidikan Anak Usia Dini. TIFLUN: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
References
Fatin, N., Harun, L., Ariyanto, L., & Supriyanto, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Tutor Sebaya. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.33087/phi.v7i1.264
Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA PRA SEKOLAH. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1). https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645
Sugianti, N. I. W., Wantah, M. J., & ... (2022). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Menggelindingkan Bola Ke Dalam Kardus Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B Di Taman …. … Anak Usia Dini, 1.
Tholibin, & Muhammad, D. H. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Zainul Falah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1).
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
Wijaya, E., & Nuraini, F. (2023). Pentingnya Interaksi Sosial dalam Pendidikan Anak Usia Dini. TIFLUN: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Fatin, N., Harun, L., Ariyanto, L., & Supriyanto, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Tutor Sebaya. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.33087/phi.v7i1.264
Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA PRA SEKOLAH. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1). https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645
Sugianti, N. I. W., Wantah, M. J., & ... (2022). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Menggelindingkan Bola Ke Dalam Kardus Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B Di Taman …. … Anak Usia Dini, 1.
Tholibin, & Muhammad, D. H. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Zainul Falah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1).
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
Wijaya, E., & Nuraini, F. (2023). Pentingnya Interaksi Sosial dalam Pendidikan Anak Usia Dini. TIFLUN: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).