Main Article Content

Abstract

Perkembangan moral dan agama penting karena berperan dalam membentuk perilaku, sehingga anak mampu berinteraksi serta bersikap sesuai pertumbuhan dan perkembangannya. Pendidikan moral dan agama memberikan fondasi kuat untuk perkembangan karakter anak. Pendidikan moral penting diajarkan kepada anak sejak usia dini, terutama di masa sekarang pengaruh teman dan media sosial sangat besar. Anak usia dini rentan terhadap pengaruh lingkungan sekitar, termasuk kata kasar yang mereka dengar. Kata kasar merupakan masalah serius di kalangan anak usia dini dan dapat berdampak negatif terhadap perkembangan moral dan agama mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan moral dan agama anak usia dini melalui permainan botol akhlak. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik perngumpulan data dengan observasi pada anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa botol akhlak dapat digunakan sebagai permainan untuk mengembangkan moral dan agama anak usia dini. Dengan permainan botol akhlak, dapat membantu anak dalam menjaga lisan, membedakan kata terpuji dan tercela, membedakan perilaku baik dan buruk.

Keywords

kata kasar moral agama anak usia dini

Article Details

How to Cite
Athaya, S., Dita Cahyani, K., Rahmah, Nurmala, S., & Suzanti, L. (2024). Perancangan Permainan Botol Akhlak untuk Mengembangkan Moral dan Agama Anak Usia Dini. JURNAL PENA PAUD, 5(1), 29–37. https://doi.org/10.33369/penapaud.v5i1.34906

References

  1. Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
  2. Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
  3. Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
  4. Daryati, M. E. (2023). Pengaruh Media Numerik Digital Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 74-87. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9933
  5. Daryati, M. E. . (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Media Klip Warna. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2622–2631. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1263
  6. Endarmoko, E., Bahasa Indonesia, T., & Jakarta. (2007). Fathul Mujib dan Nailur Rahmawati, Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab. S Husna, (2), 19. Retrieved from http://repository.iainkudus.ac.id/3250/5/05%20BAB%20II.pdf
  7. Femina Indonesia. (2015). Mengenal Jenis Terapi Perilaku Anak. Retrieved June 3, 2024, from Parenting.co.id website: https://www.parenting.co.id/balita/mengenal-jenis-terapi-perilaku-anak-
  8. Fitriana, S., & Daryati, M. E. (2024). Tracer Study Alumni Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini . Journal of Education Research, 5(1), 340–345. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.536
  9. Rahmi, A, Jariah, A, & Safitri, W (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini. Islamic Education, maryamsejahtera.com, https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/article/view/581
  10. Restaindrianiputriutami, Latif Muslim, F., Supriatna, E., & Siliwangi, I. (2018). Menemukan Pemerolehan Bahasa Kasar pada Anak Usia 4 Tahun di. Kampung Cihanjawar Purwakarta |, 879. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/download/1556/pdf
  11. Retno, D. (2018, June 20). 13 Prosedur Metode Assesmen Dalam Psikologi Anak Secara Singkat. Retrieved June 3, 2024, from DosenPsikologi.com website: https://dosenpsikologi.com/metode-assesmen-dalam-psikologi-anak
  12. Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
  13. Siyami, K (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai Moral Agama Anak Usia Dini. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, ejournal …, http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/37
  14. Team, R. T. (2022, July 1). Inilah 9 Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak di Rumah. Retrieved June 3, 2024, from https://www.ruangguru.com/blog/peran-orang-tua-terhadap-pendidikan-anak
  15. yd. (2021, January 26). Ketahui Cara Menanamkan Nilai Agama dan Moral untuk Anak Usia Dini. Retrieved June 3, 2024, from Catatan Tanpa Kertas website: http://yd.blog.um.ac.id/ketahui-cara-menanamkan-nilai-agama-dan-moral-untuk-anak-usia-dini/