Main Article Content
Abstract
Perkembangan moral dan agama penting karena berperan dalam membentuk perilaku, sehingga anak mampu berinteraksi serta bersikap sesuai pertumbuhan dan perkembangannya. Pendidikan moral dan agama memberikan fondasi kuat untuk perkembangan karakter anak. Pendidikan moral penting diajarkan kepada anak sejak usia dini, terutama di masa sekarang pengaruh teman dan media sosial sangat besar. Anak usia dini rentan terhadap pengaruh lingkungan sekitar, termasuk kata kasar yang mereka dengar. Kata kasar merupakan masalah serius di kalangan anak usia dini dan dapat berdampak negatif terhadap perkembangan moral dan agama mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan moral dan agama anak usia dini melalui permainan botol akhlak. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik perngumpulan data dengan observasi pada anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa botol akhlak dapat digunakan sebagai permainan untuk mengembangkan moral dan agama anak usia dini. Dengan permainan botol akhlak, dapat membantu anak dalam menjaga lisan, membedakan kata terpuji dan tercela, membedakan perilaku baik dan buruk.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Syifa Athaya, Kharisma Dita Cahyani, Rahmah, Siti Nurmala, Lizza Suzanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
- Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
- Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
- Daryati, M. E. (2023). Pengaruh Media Numerik Digital Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 74-87. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9933
- Daryati, M. E. . (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Media Klip Warna. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2622–2631. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1263
- Endarmoko, E., Bahasa Indonesia, T., & Jakarta. (2007). Fathul Mujib dan Nailur Rahmawati, Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab. S Husna, (2), 19. Retrieved from http://repository.iainkudus.ac.id/3250/5/05%20BAB%20II.pdf
- Femina Indonesia. (2015). Mengenal Jenis Terapi Perilaku Anak. Retrieved June 3, 2024, from Parenting.co.id website: https://www.parenting.co.id/balita/mengenal-jenis-terapi-perilaku-anak-
- Fitriana, S., & Daryati, M. E. (2024). Tracer Study Alumni Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini . Journal of Education Research, 5(1), 340–345. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.536
- Rahmi, A, Jariah, A, & Safitri, W (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini. Islamic Education, maryamsejahtera.com, https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/article/view/581
- Restaindrianiputriutami, Latif Muslim, F., Supriatna, E., & Siliwangi, I. (2018). Menemukan Pemerolehan Bahasa Kasar pada Anak Usia 4 Tahun di. Kampung Cihanjawar Purwakarta |, 879. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/download/1556/pdf
- Retno, D. (2018, June 20). 13 Prosedur Metode Assesmen Dalam Psikologi Anak Secara Singkat. Retrieved June 3, 2024, from DosenPsikologi.com website: https://dosenpsikologi.com/metode-assesmen-dalam-psikologi-anak
- Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
- Siyami, K (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai Moral Agama Anak Usia Dini. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, ejournal …, http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/37
- Team, R. T. (2022, July 1). Inilah 9 Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak di Rumah. Retrieved June 3, 2024, from https://www.ruangguru.com/blog/peran-orang-tua-terhadap-pendidikan-anak
- yd. (2021, January 26). Ketahui Cara Menanamkan Nilai Agama dan Moral untuk Anak Usia Dini. Retrieved June 3, 2024, from Catatan Tanpa Kertas website: http://yd.blog.um.ac.id/ketahui-cara-menanamkan-nilai-agama-dan-moral-untuk-anak-usia-dini/
References
Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
Daryati, M. E. (2023). Pengaruh Media Numerik Digital Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 74-87. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9933
Daryati, M. E. . (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Media Klip Warna. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2622–2631. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1263
Endarmoko, E., Bahasa Indonesia, T., & Jakarta. (2007). Fathul Mujib dan Nailur Rahmawati, Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab. S Husna, (2), 19. Retrieved from http://repository.iainkudus.ac.id/3250/5/05%20BAB%20II.pdf
Femina Indonesia. (2015). Mengenal Jenis Terapi Perilaku Anak. Retrieved June 3, 2024, from Parenting.co.id website: https://www.parenting.co.id/balita/mengenal-jenis-terapi-perilaku-anak-
Fitriana, S., & Daryati, M. E. (2024). Tracer Study Alumni Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini . Journal of Education Research, 5(1), 340–345. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.536
Rahmi, A, Jariah, A, & Safitri, W (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini. Islamic Education, maryamsejahtera.com, https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/article/view/581
Restaindrianiputriutami, Latif Muslim, F., Supriatna, E., & Siliwangi, I. (2018). Menemukan Pemerolehan Bahasa Kasar pada Anak Usia 4 Tahun di. Kampung Cihanjawar Purwakarta |, 879. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/download/1556/pdf
Retno, D. (2018, June 20). 13 Prosedur Metode Assesmen Dalam Psikologi Anak Secara Singkat. Retrieved June 3, 2024, from DosenPsikologi.com website: https://dosenpsikologi.com/metode-assesmen-dalam-psikologi-anak
Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
Siyami, K (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai Moral Agama Anak Usia Dini. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, ejournal …, http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/37
Team, R. T. (2022, July 1). Inilah 9 Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak di Rumah. Retrieved June 3, 2024, from https://www.ruangguru.com/blog/peran-orang-tua-terhadap-pendidikan-anak
yd. (2021, January 26). Ketahui Cara Menanamkan Nilai Agama dan Moral untuk Anak Usia Dini. Retrieved June 3, 2024, from Catatan Tanpa Kertas website: http://yd.blog.um.ac.id/ketahui-cara-menanamkan-nilai-agama-dan-moral-untuk-anak-usia-dini/