Main Article Content

Abstract

Perkembangan moral dan agama penting karena berperan dalam membentuk perilaku, sehingga anak mampu berinteraksi serta bersikap sesuai pertumbuhan dan perkembangannya. Pendidikan moral dan agama memberikan fondasi kuat untuk perkembangan karakter anak. Pendidikan moral penting diajarkan kepada anak sejak usia dini, terutama di masa sekarang pengaruh teman dan media sosial sangat besar. Anak usia dini rentan terhadap pengaruh lingkungan sekitar, termasuk kata kasar yang mereka dengar. Kata kasar merupakan masalah serius di kalangan anak usia dini dan dapat berdampak negatif terhadap perkembangan moral dan agama mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan moral dan agama anak usia dini melalui permainan botol akhlak. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik perngumpulan data dengan observasi pada anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa botol akhlak dapat digunakan sebagai permainan untuk mengembangkan moral dan agama anak usia dini. Dengan permainan botol akhlak, dapat membantu anak dalam menjaga lisan, membedakan kata terpuji dan tercela, membedakan perilaku baik dan buruk.

Article Details

How to Cite
Perancangan Permainan Botol Akhlak untuk Mengembangkan Moral dan Agama Anak Usia Dini. (2024). JURNAL PENA PAUD, 5(1), 29–37. https://doi.org/10.33369/penapaud.v5i1.34906

References

    Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
    Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
    Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
    Daryati, M. E. (2023). Pengaruh Media Numerik Digital Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 74-87. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9933
    Daryati, M. E. . (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Media Klip Warna. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2622–2631. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1263
    Endarmoko, E., Bahasa Indonesia, T., & Jakarta. (2007). Fathul Mujib dan Nailur Rahmawati, Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab. S Husna, (2), 19. Retrieved from http://repository.iainkudus.ac.id/3250/5/05%20BAB%20II.pdf
    Femina Indonesia. (2015). Mengenal Jenis Terapi Perilaku Anak. Retrieved June 3, 2024, from Parenting.co.id website: https://www.parenting.co.id/balita/mengenal-jenis-terapi-perilaku-anak-
    Fitriana, S., & Daryati, M. E. (2024). Tracer Study Alumni Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini . Journal of Education Research, 5(1), 340–345. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.536
    Rahmi, A, Jariah, A, & Safitri, W (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini. Islamic Education, maryamsejahtera.com, https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/article/view/581
    Restaindrianiputriutami, Latif Muslim, F., Supriatna, E., & Siliwangi, I. (2018). Menemukan Pemerolehan Bahasa Kasar pada Anak Usia 4 Tahun di. Kampung Cihanjawar Purwakarta |, 879. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/download/1556/pdf
    Retno, D. (2018, June 20). 13 Prosedur Metode Assesmen Dalam Psikologi Anak Secara Singkat. Retrieved June 3, 2024, from DosenPsikologi.com website: https://dosenpsikologi.com/metode-assesmen-dalam-psikologi-anak
    Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
    Siyami, K (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai Moral Agama Anak Usia Dini. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, ejournal …, http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/37
    Team, R. T. (2022, July 1). Inilah 9 Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak di Rumah. Retrieved June 3, 2024, from https://www.ruangguru.com/blog/peran-orang-tua-terhadap-pendidikan-anak
    yd. (2021, January 26). Ketahui Cara Menanamkan Nilai Agama dan Moral untuk Anak Usia Dini. Retrieved June 3, 2024, from Catatan Tanpa Kertas website: http://yd.blog.um.ac.id/ketahui-cara-menanamkan-nilai-agama-dan-moral-untuk-anak-usia-dini/