Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rencana guru dalam mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi melalui pembiasaan pagi pada anak kelompok B (5-6 tahun) di TK Nailul Maram. Salah satu usaha yang dilakukan untuk menanggulangi rendahnya kemampuan literasi adalah dengan mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi sejak dini di PAUD. Strategi guru dalam memberikan pembelajaran literasi dan numerasi pada anak usia dini sangat berpengaruh terhadap perkembangan kemampuannya. Kegiatan literasi dan numerasi di PAUD haruslah sesuai dengan kriteria pembelajaran anak usia dini yang menyenangkan dan merdeka Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas. Hasil dari penelitian ini yakni pengembangan kemampuan literasi dan numerasi anak usia dini melalui kegiatan pembiasaan pagi sangatlah efektif dan dapat meningkatkan kemampuan anak secara signifikan karena dilaksanakan rutin setiap harinya.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 masidah mu'in, Misyana, niesa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
- Am, S. A., Am, S. A., & Siska, S. (2023). Penanaman Nilai Karakter Religius melalui Pembiasan Morning Activity pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5495–5505. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5071
- Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
- Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
- Arie Wahyuni1, Yeni Widiyawati2, Indri Nurwahidah3, D. N., 1, 2, 3, 4 Universitas Ivet, & 1ariewahyuni20@gmail.com, E. (2022). Membangun Literasi Numerik dan sains PAUD untuk Menerapkan Pembelajaran Yang Menyenangkan.
- Daryati, M. E. (2023). Pengaruh Media Numerik Digital Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 74-87. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9933
- Daryati, M. E. . (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Media Klip Warna. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2622–2631. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1263
- Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
- Fauzi, I., & Srikantono. (2013). Kurikulum Dan Bahan Ajar PAUD.
- Fitria, D., Friska, N., & Muslim Nusantara Al Washliyah Jl Garu, U. (n.d.). Strategi Guru Mengembangkan Kemampuan Numerasi Awal Anak di TK Tabarak Deli Tua. In Jurnal Usia Dini (Vol. 9, Issue 2).
- Harahap, Tuti Khairani, M. (2020). Metode Penelitian Kualitatif.
- Milles, M. B. (2014). Qualitative Data Analysis. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1). https://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/
- Moleong, prof. D. lex. j. (2010). Metodologi penelitian kualitatif.
- Oleh, D., & Awalia Khairun Nisa Murtaplah, T. (n.d.). Pengembangan Literasi dan Numerasi dalam Proses Belajar dan Mengajar Berbagai Mata Pelajaran.
- Permendikbud No. 137 Tahun 2014 - SN-PAUD. (n.d.).
- Saku, B. (n.d.). Pengembangan Numerasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun.
- Solehuddin. (1997). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. IKIP Bandung.
- Soffianingrum, I. (n.d.). Mengembangkan Praktik Literasi PAUD ditinjau dari Pengalaman Mengajar Guru.
- Sujiono, yuliani nurani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (7th ed.). PT indeks.
- Sulistyowati. (2023). Bahan Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: K-Media
- Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
- Yuliartina, E. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini di PAUD Yasin AlSys. Yasin, 1(1), 54–64. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i1.5
References
Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
Am, S. A., Am, S. A., & Siska, S. (2023). Penanaman Nilai Karakter Religius melalui Pembiasan Morning Activity pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5495–5505. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5071
Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
Arie Wahyuni1, Yeni Widiyawati2, Indri Nurwahidah3, D. N., 1, 2, 3, 4 Universitas Ivet, & 1ariewahyuni20@gmail.com, E. (2022). Membangun Literasi Numerik dan sains PAUD untuk Menerapkan Pembelajaran Yang Menyenangkan.
Daryati, M. E. (2023). Pengaruh Media Numerik Digital Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 74-87. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9933
Daryati, M. E. . (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Media Klip Warna. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2622–2631. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1263
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fauzi, I., & Srikantono. (2013). Kurikulum Dan Bahan Ajar PAUD.
Fitria, D., Friska, N., & Muslim Nusantara Al Washliyah Jl Garu, U. (n.d.). Strategi Guru Mengembangkan Kemampuan Numerasi Awal Anak di TK Tabarak Deli Tua. In Jurnal Usia Dini (Vol. 9, Issue 2).
Harahap, Tuti Khairani, M. (2020). Metode Penelitian Kualitatif.
Milles, M. B. (2014). Qualitative Data Analysis. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1). https://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/
Moleong, prof. D. lex. j. (2010). Metodologi penelitian kualitatif.
Oleh, D., & Awalia Khairun Nisa Murtaplah, T. (n.d.). Pengembangan Literasi dan Numerasi dalam Proses Belajar dan Mengajar Berbagai Mata Pelajaran.
Permendikbud No. 137 Tahun 2014 - SN-PAUD. (n.d.).
Saku, B. (n.d.). Pengembangan Numerasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun.
Solehuddin. (1997). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. IKIP Bandung.
Soffianingrum, I. (n.d.). Mengembangkan Praktik Literasi PAUD ditinjau dari Pengalaman Mengajar Guru.
Sujiono, yuliani nurani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (7th ed.). PT indeks.
Sulistyowati. (2023). Bahan Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: K-Media
Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
Yuliartina, E. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini di PAUD Yasin AlSys. Yasin, 1(1), 54–64. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i1.5