Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rencana guru dalam mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi melalui pembiasaan pagi pada anak kelompok B (5-6 tahun) di TK Nailul Maram. Salah satu usaha yang dilakukan untuk menanggulangi rendahnya kemampuan literasi adalah dengan mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi sejak dini di PAUD. Strategi guru dalam memberikan pembelajaran literasi dan numerasi pada anak usia dini sangat berpengaruh terhadap perkembangan kemampuannya. Kegiatan literasi dan numerasi di PAUD haruslah sesuai dengan kriteria pembelajaran anak usia dini yang menyenangkan dan merdeka Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas. Hasil dari penelitian ini yakni pengembangan kemampuan literasi dan numerasi anak usia dini melalui kegiatan pembiasaan pagi sangatlah efektif dan dapat meningkatkan kemampuan anak secara signifikan karena dilaksanakan rutin setiap harinya.

Keywords

strategi guru literasi dan numerasi pembiasaan pagi

Article Details

How to Cite
Mu’in, M., Misyana, & Niesa. (2024). Strategi Guru dalam Mengembangkan Literasi dan Numerasi Melalui Pembiasaan Pagi pada Kelompok B (5-6 Tahun) di TK Nailul Maram Jember. JURNAL PENA PAUD, 5(1), 21–28. https://doi.org/10.33369/penapaud.v5i1.35059

References

  1. Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
  2. Am, S. A., Am, S. A., & Siska, S. (2023). Penanaman Nilai Karakter Religius melalui Pembiasan Morning Activity pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5495–5505. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5071
  3. Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
  4. Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
  5. Arie Wahyuni1, Yeni Widiyawati2, Indri Nurwahidah3, D. N., 1, 2, 3, 4 Universitas Ivet, & 1ariewahyuni20@gmail.com, E. (2022). Membangun Literasi Numerik dan sains PAUD untuk Menerapkan Pembelajaran Yang Menyenangkan.
  6. Daryati, M. E. (2023). Pengaruh Media Numerik Digital Terhadap Kemampuan Konsep Bilangan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 74-87. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9933
  7. Daryati, M. E. . (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Media Klip Warna. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2622–2631. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1263
  8. Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
  9. Fauzi, I., & Srikantono. (2013). Kurikulum Dan Bahan Ajar PAUD.
  10. Fitria, D., Friska, N., & Muslim Nusantara Al Washliyah Jl Garu, U. (n.d.). Strategi Guru Mengembangkan Kemampuan Numerasi Awal Anak di TK Tabarak Deli Tua. In Jurnal Usia Dini (Vol. 9, Issue 2).
  11. Harahap, Tuti Khairani, M. (2020). Metode Penelitian Kualitatif.
  12. Milles, M. B. (2014). Qualitative Data Analysis. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1). https://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/
  13. Moleong, prof. D. lex. j. (2010). Metodologi penelitian kualitatif.
  14. Oleh, D., & Awalia Khairun Nisa Murtaplah, T. (n.d.). Pengembangan Literasi dan Numerasi dalam Proses Belajar dan Mengajar Berbagai Mata Pelajaran.
  15. Permendikbud No. 137 Tahun 2014 - SN-PAUD. (n.d.).
  16. Saku, B. (n.d.). Pengembangan Numerasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun.
  17. Solehuddin. (1997). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. IKIP Bandung.
  18. Soffianingrum, I. (n.d.). Mengembangkan Praktik Literasi PAUD ditinjau dari Pengalaman Mengajar Guru.
  19. Sujiono, yuliani nurani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (7th ed.). PT indeks.
  20. Sulistyowati. (2023). Bahan Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: K-Media
  21. Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
  22. Yuliartina, E. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini di PAUD Yasin AlSys. Yasin, 1(1), 54–64. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i1.5