Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berkaitan tentang Peran Guru dalam Penerapan Toilet Training untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di TK ABA 02 CAKRU. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik interaktif dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dari aktivitas anak dan peran guru dalam penggunaan toilet training di TK ABA 02 CAKRU. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Peran Guru dalam Penggunaan Toilet Training untuk meningkatkan kemandirian anak. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan toilet training membutuhkan perencanaan, pelaksaan serta evaluasi. Pada perencanaan guru membuat perencanaan pada masa perkenalan toilet training. Pada tahap pelaksanaan menggunakan pembiasaan dengan teknik praktik langsung, modelling, dan verbal. Serta ada evaluasi untuk mengetahui sejauh mana program telah berhasil dilakukan. Dari hasil penelitian perkembangan kemandirian anak di TK ABA 02 CAKRU sudah berkembang dengan baik, anak sudah mampu dan berani ke toilet sendiri serta melakukan aktivitas sendiri di toilet.
Kata kunci: Peran Guru, Toilet Training, Kemandirian
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Desi Wulandari, Misyana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Anggraeni, A. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3, 28.
- Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
- Febria, S., & Maryani, K. (2021). Pengaruh Toilet Training Terhadap Pembentukan Sikap Mandiri Anak Usia 2-3 Tahun The Effect of Toilet Training on The Establishment of Independent Attitude of Children Aged 2-3 Years. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 8(2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/index
- Harahap, Tuti Khairani, M. (2020). Metode Penelitian Kualitatif.
- Hasibuan, S. C., Armayani, D., & ... (2021). Toilet Training Pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun (Upaya Pembentukan Kemandirian di RA Nurul Islam). Aud 01(01), 174–187.
- Husna, M. (2019). Penerapan Toilet Training Pada Anak Usia Dini: Studi Deskriptif di TK Islam Al Ghoniya Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
- Iswantiningtyas, V. (2016). (Studi di Taman Kanak-Kanak Tauladan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri). 1(2014).
- Khoiruzzadi, M., & Fajriyah, N. (2019). Pembelajaran Toilet Training dalam Melatih Kemandirian Anak. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1, 142–154.
- Marjuni. (2020). Kode Etik Dan Profesionalisme Guru. E-Jurnal UIN Alauddin Makassar, 1(1), 71–89.
- Nasirun, M., Yulidesni, Y., & Daryati, M. E. (2020). Peningkatan keterampilan mengajar mahasiswa pada anak usia dini melalui metode drill. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 441-451.
- Rusita, Y. D., & Ardianti, I. (2018). Hubungan pengetahuan dan peran orang tua dengan keberhasilan toilet training pada anak usia 5 tahun di TK desa Suwaloh kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Kebidanan Indonesia, 6(2).
- Santrock, John W (2003). Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga
- Suhanda, R.N., Atikah, C., & Rusdiyani, I. (2023). Peran Guru Dalam Penggunaan Toilet Training Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Golden Age, 07 (02), 247-253
- Sulistyowati. (2023). Bahan Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: K-Media.
- Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Analisis Perkembangan Anak Taman Kanak-kanak Di Kelurahan Kemumu, Berbasis DDST. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 194-201.
- Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17-26.
- Wahyudi Siswanto. (2010). Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak (p. 105).
- Zulkhaidir, Z., & Mubarok, Z. (2021). Hakikat Pendidikan Karakter Kemandirian bagi Anak Usia Dini Menurut Perspektif Islam. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting.
References
Anggraeni, A. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3, 28.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Febria, S., & Maryani, K. (2021). Pengaruh Toilet Training Terhadap Pembentukan Sikap Mandiri Anak Usia 2-3 Tahun The Effect of Toilet Training on The Establishment of Independent Attitude of Children Aged 2-3 Years. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 8(2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/index
Harahap, Tuti Khairani, M. (2020). Metode Penelitian Kualitatif.
Hasibuan, S. C., Armayani, D., & ... (2021). Toilet Training Pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun (Upaya Pembentukan Kemandirian di RA Nurul Islam). Aud 01(01), 174–187.
Husna, M. (2019). Penerapan Toilet Training Pada Anak Usia Dini: Studi Deskriptif di TK Islam Al Ghoniya Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Iswantiningtyas, V. (2016). (Studi di Taman Kanak-Kanak Tauladan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri). 1(2014).
Khoiruzzadi, M., & Fajriyah, N. (2019). Pembelajaran Toilet Training dalam Melatih Kemandirian Anak. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1, 142–154.
Marjuni. (2020). Kode Etik Dan Profesionalisme Guru. E-Jurnal UIN Alauddin Makassar, 1(1), 71–89.
Nasirun, M., Yulidesni, Y., & Daryati, M. E. (2020). Peningkatan keterampilan mengajar mahasiswa pada anak usia dini melalui metode drill. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 441-451.
Rusita, Y. D., & Ardianti, I. (2018). Hubungan pengetahuan dan peran orang tua dengan keberhasilan toilet training pada anak usia 5 tahun di TK desa Suwaloh kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Kebidanan Indonesia, 6(2).
Santrock, John W (2003). Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga
Suhanda, R.N., Atikah, C., & Rusdiyani, I. (2023). Peran Guru Dalam Penggunaan Toilet Training Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Golden Age, 07 (02), 247-253
Sulistyowati. (2023). Bahan Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: K-Media.
Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Analisis Perkembangan Anak Taman Kanak-kanak Di Kelurahan Kemumu, Berbasis DDST. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 194-201.
Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17-26.
Wahyudi Siswanto. (2010). Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak (p. 105).
Zulkhaidir, Z., & Mubarok, Z. (2021). Hakikat Pendidikan Karakter Kemandirian bagi Anak Usia Dini Menurut Perspektif Islam. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting.