Main Article Content

Abstract

Penelitian ini berkaitan tentang Peran Guru dalam Penerapan Toilet Training untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di TK ABA 02 CAKRU. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik interaktif dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dari aktivitas anak dan peran guru dalam penggunaan toilet training di TK ABA 02 CAKRU. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Peran Guru dalam Penggunaan Toilet Training untuk meningkatkan kemandirian anak. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan toilet training membutuhkan perencanaan, pelaksaan serta evaluasi. Pada perencanaan guru membuat perencanaan pada masa perkenalan toilet training. Pada tahap pelaksanaan menggunakan pembiasaan dengan teknik praktik langsung, modelling, dan verbal. Serta ada evaluasi untuk mengetahui sejauh mana program telah berhasil dilakukan. Dari hasil penelitian perkembangan kemandirian anak di TK ABA 02 CAKRU sudah berkembang dengan baik, anak sudah mampu dan berani ke toilet sendiri serta melakukan aktivitas sendiri di toilet.


Kata kunci: Peran Guru, Toilet Training, Kemandirian

Keywords

tugas pendidik, toilet training, sikap mandiri

Article Details

Author Biography

Desi Wulandari, TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Cakru

TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Cakru

How to Cite
Wulandari, D., & Misyana. (2024). Peran Guru Dalam Penerapan Toilet Training Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di TK ABA 02 CAKRU. JURNAL PENA PAUD, 5(1), 63–69. https://doi.org/10.33369/penapaud.v5i1.35065

References

  1. Anggraeni, A. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3, 28.
  2. Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
  3. Febria, S., & Maryani, K. (2021). Pengaruh Toilet Training Terhadap Pembentukan Sikap Mandiri Anak Usia 2-3 Tahun The Effect of Toilet Training on The Establishment of Independent Attitude of Children Aged 2-3 Years. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 8(2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/index
  4. Harahap, Tuti Khairani, M. (2020). Metode Penelitian Kualitatif.
  5. Hasibuan, S. C., Armayani, D., & ... (2021). Toilet Training Pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun (Upaya Pembentukan Kemandirian di RA Nurul Islam). Aud 01(01), 174–187.
  6. Husna, M. (2019). Penerapan Toilet Training Pada Anak Usia Dini: Studi Deskriptif di TK Islam Al Ghoniya Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
  7. Iswantiningtyas, V. (2016). (Studi di Taman Kanak-Kanak Tauladan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri). 1(2014).
  8. Khoiruzzadi, M., & Fajriyah, N. (2019). Pembelajaran Toilet Training dalam Melatih Kemandirian Anak. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1, 142–154.
  9. Marjuni. (2020). Kode Etik Dan Profesionalisme Guru. E-Jurnal UIN Alauddin Makassar, 1(1), 71–89.
  10. Nasirun, M., Yulidesni, Y., & Daryati, M. E. (2020). Peningkatan keterampilan mengajar mahasiswa pada anak usia dini melalui metode drill. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 441-451.
  11. Rusita, Y. D., & Ardianti, I. (2018). Hubungan pengetahuan dan peran orang tua dengan keberhasilan toilet training pada anak usia 5 tahun di TK desa Suwaloh kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Kebidanan Indonesia, 6(2).
  12. Santrock, John W (2003). Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga
  13. Suhanda, R.N., Atikah, C., & Rusdiyani, I. (2023). Peran Guru Dalam Penggunaan Toilet Training Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Golden Age, 07 (02), 247-253
  14. Sulistyowati. (2023). Bahan Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: K-Media.
  15. Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Analisis Perkembangan Anak Taman Kanak-kanak Di Kelurahan Kemumu, Berbasis DDST. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 194-201.
  16. Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17-26.
  17. Wahyudi Siswanto. (2010). Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak (p. 105).
  18. Zulkhaidir, Z., & Mubarok, Z. (2021). Hakikat Pendidikan Karakter Kemandirian bagi Anak Usia Dini Menurut Perspektif Islam. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting.