Main Article Content

Abstract

Kemampuan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan yang ada pada pendidikan anak usia dini. Salah satunya adalah kemampuan berhitung dan mengenal konsep angka, pada penelitian ini masih ada anak yang belum mampu berhitung bahkan mengenal konsep angka. Kemampuan berhitung anak usia dini dapat dilakukan dengan berbagai macam, salah satunya melalui permainan. Salah satu permainan yang digunakan dalam pembelajaran ini yaitu permainan treasure hunt, melalui permainan treasure hunt ini diharapkan anak mampu menunjukkan ketertarikannya dalam melakukan pembelajaran dan juga mampu memstimulasi kemampuan kognitif. Hal ini dapat terlihat ketika anak mampu melakukan permainan dengan baik dan dapat menyelesaikan setiap tantangan dengan tuntas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan kognitif anak usia dini melalui permainan treasure hunt. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen yang dianalisis secara kuantitatif. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh permainan treasure hunt terhadapt perkembangan kognitif di RA Persis 180 Miftahul Jannah Kec. Andir Kota Bandung.

Article Details

How to Cite
Farida, S., Kurnia, A., & Syam’iyah. (2024). Pengaruh Permainan Treasure Hunt Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini : (Quasi Eksperimen di Kelompok B2 RA Persis 180 Miftahul Jannah Kec. Andir Kota Bandung). JURNAL PENA PAUD, 5(1), 48–62. https://doi.org/10.33369/penapaud.v5i1.35511

References

  1. Aidil, S. (2018). Aidil Saputra: Pendidikan Anak pada Usia Dini |. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 209. https://core.ac.uk/download/pdf/228822655.pdf
  2. Ardini, P. P., & Lestariningrum, A. (2018). Bermain & Permainan Anak Usia Dini. In Adjie Media Nusantara (p. 3). Adjie Media Nusantara.
  3. Asma, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Berhitung Melalui Permainan Mencari Harta Karun di TK Pertiwi Kota Banda Aceh. Serambi PTK, VI(2), 45–54. http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ptk/article/view/1144
  4. Ayu, G., Wulan, N., & Priatna, D. (2011). Permulaan Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Stick Angka. 2.
  5. Daryati, M. E., Sari, D. Y., Riyanto, R., & Hatta, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan. Journal of Education Research, 5(3), 2474-2480.
  6. Dian Pertiwi, Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5875
  7. Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B. Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18-26.
  8. Imrayanti. (2003). Melalui Permainan Kotakmatematika Di Taman Kanak-Kanak Padang. 1–13.
  9. Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id ? index.php ? warna ? article ? download
  10. Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. PT. Remaja Rosdakarya.
  11. Nasirun, M., Yulidesni, Y., & Daryati, M. E. (2020). Peningkatan keterampilan mengajar mahasiswa pada anak usia dini melalui metode drill. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 441-451.
  12. Neviyarni, A. (2020). Perkembangan Kognitif, Bahasa, Perkembangan Sosio-Emosional, Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Inovasi Pendidikan, 7(2), 1–13. https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2380
  13. Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
  14. Sudirman, N. (2021). Modul Karakteristik dan Kompetensi Anak Usia Dini. Nilacakra.
  15. Surayya. (2021). Tinjauan Media Pembelajaran. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 8–27.
  16. Susilo. (2016). Penyelenggaraan Paud Formal , Non Formal Dan. Penyelenggaraan PAUD Formal, Non Formal, Dan Informal, 1(1), 61.
  17. Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.