Main Article Content

Abstract

Keterlibatan orang tua merupakan hal yang sangat penting dalam proses pendidikan belajar anak, baik dirumah maupun di  sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelibatan orang tua terkait pengembangan program sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, adapun subjek yang taerlibat dalam penelitian ini 3 orang yang terdiri dari 1 guru, dan 2 orang tua murid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelibatan orang tua terkait dengan pengembangan program pendidikan anak di sekolah yang paling dominan, ada pada konteks melaksanakan program pendidikan sekolah tahunan, serta kerjasama orang tua sangat penting untuk keberhasilan program pembelajaran. TK Negeri 1 Maret Playen secara konsisten berusaha menggunakan orang tua sebagai sumber belajar yang akan menentukan seberapa lancar pengembangan program. Sekolah ini memiliki persyaratan untuk melibatkan orang tua murid

Article Details

How to Cite
Bambang, M. A. G., & Sofyan , I. (2024). Pelibatan Orang Tua dalam Pengembangan program Sekolah PAUD. JURNAL PENA PAUD, 5(1), 70–78. https://doi.org/10.33369/penapaud.v5i1.35562

References

  1. Anjani, R., & Mashudi, E. A. (2024). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Orang Tua Dan Guru. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 110-127.
  2. Daryati, M. E., & Suryadi, D. (2022). Analisis Teknik Webbing untuk Meningkatkan Creative Problem Solving Mahasiswa Pendidik Guru PAUD Menggunakan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 110-119.
  3. Eka, M., & Hatta, M. (2023). Hubungan Status Ekonomi Dan Riwayat Asi Ekslusif Dengan Resiko Stunting Pada Balita Usia 24-59 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Perawatan Napal Putih Kecamatan Napal Putih 2023. Avicenna: Jurnal Ilmiah, 18(1), 272-278.
  4. Hidayat, P. (2023). Analisis Tingkat Keterlibatan Orang Tua dalam Program PAUD dan Hubungannya dengan Kemajuan Belajar Anak. Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 14-19.
  5. Kinanti, D. A., & Trihantoyo, S. (2021). Urgensi partisipasi orang tua siswa dalam penyelenggaraan pendidikan bermutu. Ejournal. Unesa. Ac. Id, 9(2), 256-264.
  6. Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Program parenting untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya keterlibatan orang tua di PAUD. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8-17.
  7. Nasution, S. T., Kurniah, N., & Daryanti, M. E. (2017). Studi Perbedaan Karakter Disiplin Anak Kelompok B Berdasarkan Disiplin kerja Guru Di PAUD Kampung Bali Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 79-85.
  8. Nasirun, M., Yulidesni, Y., & Daryati, M. E. (2020). Peningkatan keterampilan mengajar mahasiswa pada anak usia dini melalui metode drill. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 441-451.
  9. Oktavianingsih, E. (2018). Pengembangan program pelibatan orangtua dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 1-15.
  10. Putri, A. H., & Amaliyah, N. (2022). Peran Apresiasi Orang Tua Terhadap Pembentukkan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 7368-7376.
  11. Putri, D.K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
  12. Prabhawani, S. W. (2016). Pelibatan orang tua dalam program sekolah di TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(2), 205-218.
  13. Qomariah, D. N., Kuswandi, A. A., Saripatunnisa, Y., Noviana, I. P., & Enurmanah, E. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(2), 31-44.
  14. Rahmanda, I., & Zulkarnaen, Z. (2024). Studi Dampak Pendampingan Orang Tua dalam Jam Belajar Sekolah Usia 4-5 Tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1-12.
  15. Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Analisis Perkembangan Anak Taman Kanak-kanak Di Kelurahan Kemumu, Berbasis DDST. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 194-201.
  16. Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290-302.
  17. Yusuf, R. N., & Qomariah, D. N. (2023). Kontekstualisasi Keterlibatan Orang Tua melalui Sharing Session pada Pendidikan Anak Usia Dini. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10584-10596.