Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar berorientasi environmental sustainability education berbasis literasi lingkungan dan realitas Sumatera Selatan.. Subjek dalam penelitian ini adalah penelitian yakni mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Unsri yang sedang  mengampu Mata Kuliah Manusia dan Ilmu Lingkungan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Research & Development (R&D) dari Borg dan gall dengan emapt tahapan yakni studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan, validasi dan revisi. Uji coba terbatas dilakukan pada sebagian mahasiswa kelas palembang yang berjumlah 15 orang dan uji coba skala luas dilakukan pada keseluruhan mahasiswa berjumlah 75 dari keseluruhan mahasiswa di kelas palembang dan indralaya. Bahan ajar yang digunakan dikembangkan menurut NAEE dengan 6 karateristik kunci bahan ajar berorietasi Environmental Sustainability Education yang meliputi : fairness & accuracy, depth, emphasis on skill building, action orientation, instructional soundness dan usability. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, angket dan tes. Uji keterbacaan menggunakan tes Cloze dan sebelumnya dilakukan tes validasi oleh ahli materi, dan ahli teknologi. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi didapat bahwa 82, 4% , 78% oleh validasi ahli teknologi, yang artinya bahan ajar yang dikembangkan dalam kategori baik. Sedangkan brdasarkan uji keterbacaan, bahan ajar lingkungan memiliki keterbacaan yang tinggi.

Article Details

How to Cite
Anggraini, N., Nazip, K., & Andriani, D. S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Environmental Sustainability Education Berbasis Literasi Sains Dan Realitas Lokal Sumatera Selatan. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 309–315. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.309-315

References

  1. Abu-Hola, I. (2011). An Islamic Perspective on Environmental Literacy. Education.
  2. Azhar, A., Basyir, M. D., & Alfitri, A. (2016). Hubungan Pengetahuan Dan Etika Lingkungan Dengan Sikap Dan Perilaku Menjaga Kelestarian Lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan. https://doi.org/10.14710/jil.13.1.36-41
  3. Badan Pusat Statistik. (2013). Statistik Indonesia 2013. Katalog BPS.
  4. Chiras, D. D. (1991). Environmental science: Action for a sustainable future (3rd ed.). Benjamin/Cummings Pub. Co; 3rd edition.
  5. Cunningham, D. (2008). Literacy Environment Quality in Preschool and Children’s Attitudes toward Reading and Writing. Literacy Teaching and Learning, 12(2), 19–36.
  6. Hanna, S & Rini, R., S. (2015). Pembuatan Video Pembelajaran Lingkungan Hidup Berbasis Kondisi Lokal Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap. Gadjah Mada. Retrieved from http://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/81351
  7. HM. Taufiqi. (2016). Religious Parenting Hypnoteaching and Hypnotherapy for Brilliant Kids. Malang: Media Sutra Atiga.
  8. Jack R. Fraenkel, Norman E. Wallen, H. H. H. (2012). How to Desigen and Evaluate Reserch in Education (8rd ed.). NEW YORK.
  9. National Asociation for Environmental Education (NAEE) . (2011). Environmental Literacy Framework. Retrieved from https://naaee.org/our-work/programs/environmental-literacy-framework
  10. Ozgurler, S., & Cansaran, A. (2014). Graduate Students, Study of Environmental Literacy and Sustainable Development. International Electronic Journal of Environmental Education, 4(2), 71–83. https://doi.org/10.18497/iejee-green.31036
  11. PISA. (2016). PISA 2015 Results in Focus. OECD.
  12. Segara, N. B. (2015). Education For Sustainable Development (Esd) Sebuah Upaya Mewujudkan Kelestarian Lingkungan. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 2(1), 22–30. https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1349
  13. Sontay, G., Gökdere, M., & Usta, E. (2015). A comparative investigation of sub-components of the environmental literacy at the secondary school level. Journal of Turkish Science Education. https://doi.org/10.12973/tused.10130a
  14. Sriyati, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Lingkungan Berbasis Realitas Lokal dan Literasi Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, 12, 151–161.
  15. Steg, L., Dreijerink, L., & Abrahamse, W. (2005). Factors influencing the acceptability of energy policies: A test of VBN theory. Journal of Environmental Psychology. https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2005.08.003