Main Article Content

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yakni mendiskripsikan keterlaksanaan, aktivitas belajar siswa, profil miskonsepsi siswa sebelum maupun setelah adanya pembelajaran remedial strategi konflik kognitif pada sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, juga pergeseran miskonsepsinya. Penelitian menggunakan metode kuantitatif tipe pra-eksperimen model One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen menggunakan lembar pengamatan keterlaksanaan, aktivitas belajar siswa, tes diagnostik three tier. Subyek penelitian yakni siswa yang menderita miskonsepsi di kelas XI MIPA 2 SMAN 2 Blitar sebanyak 11 siswa. Hasil analisis menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran remedial sebesar 97,59% dan 98,07% pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua yang menujukkan kategori sangat baik. Aktivitas belajar siswa sebesar 100% pada pertemuan pertama dan kedua menunjukkan kategori sangat baik. Profil miskonsepsi siswa sebelum pembelajaran sebesar 61,36%, setelah dilakukan pembelajaran persentase menjadi 12,87%. Adanya selisih persentase sebelum dan sesudah sebanyak 48,48% menunjukkan jika terjadi pergeseran miskonsepsi setelah pembelajaran remedial strategi konflik kognitif. Selain itu, pergeseran dibuktikan lebih jelas dengan uji t berpasangan yang menghasilkan nilai signifikasi 0. Dapat disimpulkan jika pembelajaran remedial strategi konflik kognitif dapat mereduksi miskonsepsi pada sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

Article Details

How to Cite
Nurmartarina, D., & Novita, D. (2021). Strategi Konflik Kognitif sebagai Pembelajaran Remedial Materi Laju Reaksi untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Kelas XI MIPA SMAN 2 Blitar. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 328–336. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.328-336

References

  1. Adi, Y. K., & Oktaviani, N. M. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Miskonsepsi Siswa Sd Pada Materi Life Processes and Living Things. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 91–104. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.7988
  2. Dewangga, D. Y., & Suyono. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING YANG DIPADUKAN DENGAN MODEL CONNECTED UNTUK MEMBANGUN KONSEP LAJU REAKSI. UNESA Journal of Chemical Education, 6(2), 275–280.
  3. Fadilah, S., & Suyono. (2016). MEREMEDIASI MISKONSEPSI SISWA BERBASIS GAYA BELAJAR DIMENSI PEMAHAMAN PADA KONSEP IKATAN KIMIA MENGGUNAKAN CONCEPT ATTAINMENT. Unesa Journal of Chemical Education, 5(9), 464–473.
  4. Fikria, U. R. A., Setyarini, M., & Tania, L. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia (JPPK), 7(2), 1–13.
  5. Harahap, I. P. P., & Novita, D. (2020). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Multiple Choice (4TMC) Pada Konsep Laju Reaksi. Unesa Journal of Chemical Education, 9(2), 222–227.
  6. Hermawati, H., Nurcahyono, N. A., & Setiani, A. (2018). Proses Pelaksanaan Remedial Teaching Terhadap Ketuntasan Belajar Matematika Peserta Didik. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 102–106. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.2823
  7. Hidayat, F. A. (2017). PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING DIPADU DENGAN DIAGRAM ALIR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH JAYAPURA PADA MATERI LAJU REAKSI. JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA, 5(1), 35–42.
  8. Istiyani, R., Muchyidin, A., & Rahardjo, H. (2018). Analisis miskonsepsi siswa pada konsep geometri menggunakan. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 223–236.
  9. Malicha, L. N. (2018). Hakikat Ilmu dan Pengetahuan. Jurnal Universitas Airlangga, 1(August), 5–6.
  10. Masyuni, S., & Asyhari, A. (2019). Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif Berbasis Metode Eksperimen Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 184–193. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4324
  11. Nazarudin, N., & Sukarmin. (2017). PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI POKOK ASAM DAN BASA DI KELAS XI MAN MOJOSARI KOTA MOJOKERTO. Unesa Journal of Chemical Education, 6(1), 81–88.
  12. Pujianto, E., Masykuri, M., & Utomo, S. B. (2018). Penerapan Strategi Konflik Kognitif untuk Pembelajaran Remidiasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XII MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 77. https://doi.org/10.20961/jpkim.v7i1.24568
  13. Rini, E. F. S., Fitriani, R., Matondang, M. M., Yolviansyah, F., Putri, N. D., Agatha, F. L., & Lolita, N. (2021). Pengaruh Karakter Kerja Keras terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 1 Kota Jambi. 5(2), 256–261.
  14. Suyatman, & Taher, T. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI Madrasah Aliha negeri1 (MAN 1) Lampung Timur dalam Mempelajari Pokok Bahasan Termokimia. JIPK: Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(2), 2619–2628.
  15. Titari, I., & Nasrudin, H. (2017). Keterlaksanaan Strategi Konflik Kognitif untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kertosono pada Materi Laju Reaksi. UNESA Journal of Chemical Education, 6(2), 144–149.
  16. Wahidah S., S. N., Kusairi, S., & Zulaikah, S. (2017). Diagnosis Miskonsepsi Siswa SMA di Kota Malang pada Konsep Suhu dan Kalor Menggunakan Three Tier Test. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(3), 95. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.295
  17. Wulandari, C., Susilaningsih, E., & Kasmui, K. (2018). Estimasi Validitas Dan Respon Siswa Terhadap Bahan Ajar Multi Representasi : Definitif, Makroskopis, Mikroskopis, Simbolik Pada Materi Asam Basa. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 8(2), 165–174. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2498