Main Article Content

Abstract

Ilmu fisika merupakan salah satu ilmu yang biasanya dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dalam pemaparan pembelajaran fisika akan lebih mudah jika dikaitkan dengan kegiatan sehari-hari. Pengaitan pebelajaran dengan kehidupan sehari-hari disebut dengan pembelajaran kontekstual. Pembelajaran fisika dengan pendekatan berbasis kontekstual dirasa paling sesuai untuk digunakan. Telah banyak penelitian mengenai pengembangan LKPD pada materi elastisitas bahan ini. Namun, hingga saat ini belum ditemui LKPD untuk materi elastisitas bahan dengan pendekatan berbasis kontekstual yang valid dan praktis unutk digunakan. Penelitian pengembangan LKPD berbasis kontekstual ini merujuk pada model penelitian 4-D (define, design, develop and disseminate) namun tanpa melalui tahapan disseminate atau penyebaran. Validitas LKPD berbasis kontekstual ini diuji oleh dua validator ahli media yang kemudian dilanjutkan dengan uji coba terbuka. Pada uji coba terbuka dilakukan secara online dengan pemberian angket respons kepada peserta didik SMA kelas XI secara acak di kabupaten Gresik. Data dari proses validitas dan uji coba terbuka itu dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis kontekstual pada materi elastisitas bahan ini mendapatkan hasil validitas tim ahli dengan rata-rata 94% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Selanjutnya pada tahap uji coba terbuka diberikan respons oleh peserta didik dengan mendapatkan skor rata-rata 98% yang tergolong sangat baik dengan arti praktis untuk digunakan. Oleh karena itu, LKPD berbasis kontektual pada materi elastisitas bahan ini sangat layak dan praktis untuk digunakan dalam proses belajar mengajar pada kelas XI SMA dengan materi elastisitas bahan. 

Article Details

How to Cite
Firdausi, R. N., & Suchayo, I. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran Fisika SMA Pada Materi Elastisitas Bahan. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 351–358. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.351-358

References

  1. Alfionita, Sinta., Chandara Ertikanto., I Dewa Putu Nyeneng. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Elastitas Dan Hukum Hooke. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung:127-138.
  2. Atmaja, Putri Bunga Sari Surya. (2018). Kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Problem Based Learning unutk Melatih Keterampilan Pemecahan Masalah.Pensa E-Jurnal. 6(02): 399-403.
  3. Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah
  4. Farda, H. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran POGIL Bernuansa Etnomatematika Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education. 6(2). hal 223- 230.
  5. Kemendikbud. 2013. Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 71 tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru untuk Pendidikan Dasar dan Menengah.
  6. Nuraini, Syifa., I Wayan Distrik, Wayan Suana. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Blended Learning Berorientasi Higher Order Thinking Skilss. Journal of Physics and Science Learning, 2(1): 69-77.
  7. Pramaditya, Novangga Dwiky. 2021. Validitas dan Kepraktisan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. BioEdu. 10(1): 158-164.
  8. Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
  9. Riduwan & Akdon. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung:Alfabeta
  10. Ridwan. (2013). Skala-Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
  11. Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  12. Sari, Nurmala. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System (LCDS) untuk materi elastisitas Bahan dan Hukum Hooke. Digital [Skripsi]. Lampung (ID): Universitas Lampung.
  13. Shabila, Reihan Laila., Yoga Budi Bhakti., Fatahillah. (2020). Pengembangan LKPD berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Schrodinger. 1(2): 95-100.
  14. Widodo, Slamet. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekata Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 26(2): 189-204.
  15. Yunita, Vera., Amali Putra., Harman Amir. (2017). Desain LKPD Berorientasi Konten dan Proses Kognitif pada Materi Elastis untuk Pembelajaran Fisika SMA/MA. Pillar of Physichs Education. 9(2017): 177-184.
  16. Yusmanila., Amran Hasra., Pakhrul Razi. (2017). Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Modul Fisika Kontekstuual pada Materi Fluida dalam Pembelajaran Fisika di SMA/MA. Jurnal Gravity. 3(2): hal 134-147.
  17. Zulhaini., A.Halim., Mursal. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di MAN Model Banda Aceh. JPSI. 04(01): hal 196-207.