Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengambangkan lLembar kKerja pPeserta dDidik (LKPD) yyang llayak pada materi fluida dinamis dengan berbantuan menggunakan PhET simulations sebagai labolatorium virtual. Tiga aspek pada kelayak suatu produk/material yyaitu vvaliditas, kkepraktisan, ddan kefektifan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan metode model ADDIE, teknik analisis pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan uji validasi oleh dua validator, uji kepraktisan dengan respon ppeserta ddidik setelah pembelajaran menggunakan LKPD yang dikembangkan, dan uji keefektifan dilihat dari hasil tes tulis setelah pembelajaran menggunakan LKPD. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada setiap aaspek yaitu kkelayakan iisi tentang kesesuaian KD, substansi materi 98,00%, sajian tentang kejelasan tujuan, kelengkapan informasi 88,00%, kebahasaan tentang kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia 95,00%, kegrafisan dalam penggunaan jenis dan ukuran huruf serta desain tampilan 82,50% dengan kkategori ssangat vvalid. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) memenuhi syarat kepraktisan, karena mendapatkan respon peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) positif dengan ppersentase 75,00% - 91,66% dari hasil persentase itu masuk dalam kategori baik dan sangat baik. Keefektifan pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dapat dilihat dengan hasil tes tulis setelah pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbantuan PhET silumation, hasil dari evaluasi yaitu 83,34% peserta didik dinyatakan tuntas dan 16,66% peserta didik tidak tuntas. Berdasarkan hasil diatas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yyang ddikembangkan llayak ddigunakan.

Article Details

How to Cite
Sholikhah, Z., & Sucahyo, I. (2021). Pengembagan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Simulasi Phet Pada Materi Fluida Dinamis. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 372–378. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.372-378

References

  1. Anggaini, R,. Sri, W. dan Djoko A.L., 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 4(4).
  2. Annafi, N., Ashadi dan Mulyani, S., 2015. Pengembagan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Termodinamika Kelas XI SMA/MA. Jurnal Inkuiri. ISSN: 2252-7893. Vol 4(3).
  3. Astalini, Darmaji, Riantoni, Susanti. 2019. Studi Penggunaan PhET Interactive Simulations Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika. Universitas Jambi. Vol. 6, No. 2, pp. 71-75, e-ISSN: 2355-620X
  4. Elisa, Mardiyah, A., Ariaji, R., 2017. Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika dan Aktivitas Mahasiswa Melalui PhET Simulation. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan. FKIP Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. p-ISSN: 2599-1914, e-ISSN: 2599-1132 1, (1), 15-20
  5. Hake, Ricard. 1999. Analizing Change/gain Scores. Woodland Hills: Indiana University.
  6. Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  7. Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  8. Masita, Donuata, Ete, Rusdin. 2020. Penggunaan PhET Simulation Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika. IKIP Muhammadiyah Maumere. p-ISSN: 2502-3861, e-2715-551X
  9. Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press
  10. Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.