Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model ECIRR. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode pre-experimental dengan one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ponggok yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang dilakukan secara acak kemudian terpilih XA1, XA2, dan XA3. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan sebagai indikator keterlaksanaan proses pembelajaran dan soal pre-test post-test sebagai indikator peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari peningkatan nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model ECIRR didapatkan berkategori sedang dan hasil belajar peserta didik meningkat dalam kategori sedang.

Article Details

How to Cite
Ningrum, A. M. A., & Suliyanah, S. (2021). Model Pembelajaran ECIRR (Elicit-Confront-Identify-Resolve-Reinforce) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Gerak Lurus. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 444–450. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.444-450

References

  1. Andriani, N. L. Y., Darsikin, & Hatibe, A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. 4(3), 36-41.
  2. Ardiansyah, Dirgantara, Y., Agustina, R. D., & Sugilar, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 10(1), 77-82.
  3. Artiawati, P. R., Muliyani, R., & Kurniawan, Y. (2016). Identifikasi Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Menggunakan Three Tier-Test Pada Materi Gerak Lurus Beraturan (GLB). Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika. 1(1), 13-15.
  4. Dwi Priyanto, Mandiri Belajar SPSS (Untuk Analisis dan Uji Statistik), (Yogyakarta : Mediakom, 2008).
  5. Fathurrahman, Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Iovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  6. Kurniawati, L., Masruro, U., & Afidah. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran ECIRR Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Algoritma Journal of Mathematics Education. 2(1), 86-99.
  7. Ma’rifa, Kamaluddin, H., & Fihrin, H. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Gerak Lurus Pada Siswa SMA Negeri di Kota Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. 4(3), 1-3.
  8. Mahardini, M. M. A. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. 8(2), 215-224.
  9. Maulida, E. A., & Suliyanah. (2016). Profil Miskonsepsi Siswa Dalam Model ECIRR Berbantuan PhET Simulation Pada Materi Momentum, Impuls, dan Tumbukan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 5(3), 202-205.
  10. Mustofa, M. H., & Rusdiana, D. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran Gerak Lurus. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. 2(2), 15-22.
  11. Napsawati. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran IPA Fisika Dengan Metode Daring Di Tengan Wabah Covid-19. Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya. 3(1), 6-12.
  12. Pahrudin, A., et al. (2020). The Effects of the ECIRR Learning Model on Mathematical Reasoning Ability in the Curriculum Perspective 2013: Integration of Student Learning Motivation. European Journal of Educational Research. 9(2), 675-684.
  13. Prastiwi, A. C., et al. (2018). Implementation of ECIRR Model Based on Virtual Simulation Media to Reduce Students Misconception on Kinetic Theory of Gases. Journal of Physics.
  14. Pujianto, A., Nurjannah, & Darmadi, I., W. (2013). Analisis Konsepsi Siswa Pada Konsep Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. 1(1), 16-21.
  15. Setyono, A., Nugroho, S. E., & Yulianti, I. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Fisika Berbentuk Grafik. Unnes Physics Education Journal. 5(3), 32-39.
  16. Suhendi, H. Y., Kaniawati, I., & Maknun, J. 2014. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Profil Miskonsepsi Siswa Berdasarkan Hasil Diagnosis Menggunakan Pembelajaran ECIRR Berbantuan Simulasi Virtual dengan Instrument Three-Tier Test. Mathematics and Sciences Forum.
  17. Sugiyono. Metode Penilitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta;2014.
  18. Wulandari, C. A., & Rusmini. (2020). Validitas Teoritis LKPD Untuk Mereduksi Miskonsepsi Pada Materi Stoikiometri Menggunakan Model Pembelajaran ECIRR Untuk Kelas X SMA. UNESA Journal of Chemical Education. 9(2), 265-274.