Isi Artikel Utama

Abstrak

Matematika merupakan salah satu mata kuliah wajib semester 1 pada jurusan Sistem Komputer. Pada mata kuliah tersebut terdapat topik integral. Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti pada orang mahasiswa semester 1 angkatan 2022 di awal penelitian bahwa soal-soal pada integral sulit untuk diselesaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa secara kualitatif dengan bantuan data kuantitatif berupa tes yang diberikan kepada 40 orang mahasiswa untuk meninjau kendala-kendala apa saja yang dialami mahasiswa-mahasiswa selama ini dalam menyelesaikan persoalan integral. Penelitian ini memberikan hasil kendala-kendala mahasiswa antara lain yaitu masih kurangnya pemahaman mahasiswa dalam memahami konsep dasar integral itu sendiri. Integral merupakan anti turunan sehingga ini merupakan dasar awal dalam memahami integral. Kendala berikunya yaitu kurangnya kemampuan keterampilan matematis mahasiswa yaitu operasi menyamakan penyebut untuk bilangan pecahan dan masih kurangnya ketelitian dalam perhitungan. Penyebab kendala-kendala yang disebutkan diatas yaitu kurangnya latihan-latihan soal mandiri yang dilakukan mahasiswa diluar jam perkuliahan matematika sehingga penguasaan konsep mahasiswa kurang. Pengembangan metoda pembelajaran nantiya diharapkan dapat meminimalisir kendala-kendala diatas.

Kata Kunci

Problem; analysis; integral.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maharani, N. (2023). Analys of student contraints in completing integral topics . PendIPA Journal of Science Education, 7(1), 53–57. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.1.53-57

Referensi

  1. Bina, N., Tahel, Y., & Nasution, R. (2021). Penerapan Integral Dalam Kehidpan Sehari-Hari Berbantuan Autograph. Jurnal Pendidikan dan Teknologi (TJPT). 1(2), 40-45.
  2. Muchlis, E. E. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pada Materi Integral Lipat di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu (pp. 265-272). UNY : In Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.
  3. Sahriah, S. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMPN 2. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Malang.
  4. Salmina, M. (2017). Analisis Kekeliruan dalam Menyelsaikan Soal Kalkulus pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Numarcy Journal, 4(2), 62-70.
  5. Utari, S., R. & Utami, A. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Dalam Mengidentifikasi Penyelesaian Soal Integral Tak Tentu dan Tentu. Jurnal Pendidikan Matematika. 14(1). 39-50.
  6. Rahmi, A, Hairi, P., A, Lukman, A., Nasution, A., A. (2020). Analisis Kemampuan Bernalar Siswa SMA Dalam Memaknai Permasalahan Integral Berbasis Konteks. Jurnal Fibonaci. 1(2). 1-9.
  7. Ernawati, E. (2020). Deskripsi Pemahaman Konsep Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Integral. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1). 42-57.
  8. Nurmaningsih, N. & Dafrita, E., I. (2019). Pengaruh Modul Praktikum Kalkulus Integral Berbasis Aplikasi WXMAXIMA Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Prosiding Sosiomedika. 1(1B).
  9. Wahyuni, A. Kurniawan, P., Waluya, B., S, & Cahyono, N., A. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Integral. (pp 623-629). UNIMUS : In Seminar Nasional Edusaintek FMIPA UNIMUS.
  10. Kristiana, P., Labulan, M., P., & Berahman. (2018). Kemampuan Menghitung Integral Tak Tentu Dan Tentu Dari Fungsi Aljabar Sederhana Serta Penerapannya Dalam Menghitung Luas Daerah Di Bawah Kurva Siswa Kelas XIII IPS SMA SYAICONA CHOLIL Samarainda Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal PRIMATIKA. 7(2). 105-114.
  11. Nurhikmah, S, & Febrian. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Integral Tak Tentu. Jurnal TATSQIF. 14(11). 218-237.