Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan dan hubungan antara keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X Teknik Pemesinan 3 pada mata pelajaran Energi dan Perubahannya melalui model Project Based Learning di SMKN 1 Kertosono. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru pamong, dan dosen pendamping lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa 1) observasi 2) catatan lapangan, dan 3) dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase keaktifan dan hasil belajar pseserta didik pada siklus I sebesar 57,14% dan 74,29% kemudian pada siklus II sebesar 82,86% dan 88,57%. Hasil pada penelitian ini menjelaskan bahwa keaktifan peserta didik memiliki hubungan yang sedang dengan hasil belajar peserta didik dengan bentuk hubungan antara kedua variabel ini adalah positif yang berarti semakin tinggi keaktifan peserta didik maka semakin tinggi pula hasil belajar peserta didik.

Keywords

Bahasa Inggris Learning Outcomes Activeness Classroom Action Research Project Based Learning

Article Details

How to Cite
Firmansyah, R., Marlina, L., & Dwikoranto , D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Energi dan Perubahannya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Kertosono. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 80–86. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.1.80-86

References

  1. A. Sopian, D. Fungsi Guru, dan A. Sopian Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum, “Tugas, Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan,” Jurnal Tarbiyah Islamiyah, vol. 1, no. Vol 1 No 1 (2016): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah-Juni 2016, 2016, doi: https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10.
  2. E. Nurmala, “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Siswa,” Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, vol. VII, no. Volume 7, Nomor 3, September 2019, hlm. 213–271, Sep 2019, doi: https://doi.org/10.55340/fkip.v7i3.301.
  3. Suyidno, S. Haryandi, dan T. Sunarti, Pembelajaran Kreatif Otonomi 2021, 1 ed. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press, 2021.
  4. S. Syahril, N. Jalinus, R. A. Nabawi, dan Y. Arbi, “The Create Skills of Vocational Students to Design a Product: Comparison Project Based Learning Versus Cooperative Learning-Project Based Learning,” International Conference on Technical and Vocational Education and Training , 2019, Diakses: 27 Maret 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://www.atlantis-press.com/proceedings/ictvet-18/55913958
  5. N. Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo, 2004.
  6. N. N. Fadjrin, “Hubungan Keaktifan Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII,” Jurnal MathGram Matematika, vol. 2, no. Vol 2 No 1 April 2017, 2017, Diakses: 27 Maret 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/mthg/article/view/169
  7. R. Rakam, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Project Based Learning di SMK Negeri 1 Bireun,” Jurnal Serambi PTK, vol. V, no. 2, Des 2018, Diakses: 27 Maret 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ptk/article/view/853/0
  8. N. Y. Putri dan D. Firmansyah, “Hubungan Keaktifan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar,” Prosiding Sesiomadika, vol. 2, no. Vol 2 No 1a (2020), hlm. 133, 2019, Diakses: 27 Maret 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2327
  9. F. Jabnabillah dan N. Margina, “ANALISIS KORELASI PEARSON DALAM MENENTUKAN HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DARING,” Jurnal Sintak, vol. 1, no. 1, 2022, Diakses: 27 Maret 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsintak/article/download/23/23
  10. Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana, 2009.
  11. Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
  12. A. Primartadi, A. Kurniawan, dan Y. Efendi, “Meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan metode project based learning,” Universitas Muhammadiyah Purworejo, vol. 10, no. 2, hlm. 173–179, 2020, doi: http://dx.doi.org/10.30738/jtv.v10i2.13470.