Isi Artikel Utama

Abstrak

Konsep IPA bersifat abstrak sehingga memerlukan pembelajaran kontekstual untuk menumbuhkembangkan kognitif siswa. Salah satu upayanya adalah dengan menerapkan pembelajaran dan penilaian yang mengukur tingkat kemampuan secara utuh, seperti penerapan penilaian diagnostik pada tingkat HOTS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan keterbacaan instrumen tes HOTS berbasis 3TMC tema menjaga tekanan darah. Penelitian ini mengacu pada model Thiagarajan yang terdiri dari 3 tahapan yaitu: define, design, dan develop. Instrument tes yang dikembangkan dinilai oleh 2 orang dosen ahli materi, 2 orang dosen ahli evaluasi, 3 orang praktisi, dan 30 siswa kelas VIII SMP. Pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar validasi, dan angket keterbacaan. Hasil penilaian menunjukkan bahwa 92,1% instrumen tes berada dalam kategori sangat valid sehingga dapat digunakan sebagai alat evaluasi. Selanjutnya produk direvisi dan direduksi hingga memperoleh persentase keterbacaan 86,5% (kategori sangat baik) yang menunjukkan bahwa produk memuat materi yang dapat dipahami, disajikan secara menarik, ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, serta penyajian tabel dan gambar sudah sesuai.


Kata kunci: Instrumen Tes HOTS; 3TMC; Menjaga Tekanan Darah

Kata Kunci

Instrumen Tes HOTS 3TMC Menjaga Tekanan Darah HOTS Test Instrument 3TMC Maintaining Blood Pressure

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Azzahra, N., Sjaifuddin, S., & Septi, K. (2023). Uji Kevalidan Dan Keterbacaan Instrumen Tes HOTS Berbasis 3TMC Tema Menjaga Tekanan Darah Untuk Siswa Kelas VIII. PendIPA Journal of Science Education, 7(1), 64–73. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.1.64-73

Referensi

  1. Arum, N., Sjaifuddin Sjaifuddin, & Novianti Taufik, A. (2022). Pengembangan Instrumen Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Berbasis Quizizz pada Pembelajaran IPA Daring Tema Hipertensi untuk SMP Kelas VIII. EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 7(2), 270–279.
  2. Asiani, A., Sjaifuddin, S., & Biru, L. T. (2021). Analisis Komponen Sikap Ilmiah Siswa Dalam Buku Teks Pelajaran IPA SMP Kelas VII Pada Tema Panas Di Bumiku. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 113–119.
  3. Dewi, N., & Arini, F. (2018). Uji Keterbacaan pada Pengembangan Buku Ajar Kalkulus Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis. Jurnal PRISMA, 1(1), 299-303.
  4. Hartatiana. (2014). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Berbasis Argumen Untuk Siswa Kelas V Di SD Negeri 79 Palembang. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1-10.
  5. Jumiati. (2016). IPA dan Pembelajaran Berpikir Tingkat Tinggi (Telaah Buku Siswa MI/SD Kelas VI Tema 1, Karya Afriki, dkk). MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 17-26.
  6. Mauliandri, R., & Kartini, K. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Mnyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa SMP. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 107-123.
  7. Millah, Budipramana.LS, Isnawati. (2012). Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteknologi Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Masyarakat (SETS). Jurnal BioEdu, 1(1), 19-24.
  8. Ningsih, N. (2018). Peningkatan Pemahaman Definisi Logaritma Melalui Penggunaan Ilustrasi Gambar. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(1), 27–40.
  9. Nurdiansyah I., Hartati S., Paujiah E. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Evolusi Sub-Bab Adaptasi Menggunakan Metode Three Tier Test. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 3(2), 29–39.
  10. Nurfauziyah, N., Sjaifuddin, S., & Taufik, A.N. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Wordwall Pada Tema Siaga Bencana untuk Siswa Kelas VII SMP. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 8(1), 15-23.
  11. Pasandaran, R., & Kartika, D. (2019). Higher Order Thinking Skill (HOTS): Pembelajaran Matematika Kontemporer. Pedagogy, 4(1), 53-62.
  12. Prasetyo, A. (2016). Analisis Butir Soal Sertifikasi Kompetensi P1 Bidang Teknik Mesin Di LSP SMK N 1 Magelang. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 4(6), 385-394.
  13. Purwanto, N. (2020). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  14. Purwasih, J. (2020). Kendala Calon Pendidik Dalam Membuat Soal Pilihan Ganda Higher Order Thinking (Hot). Jurnal Sosial Humaniora (JSH) 2020, 13(1), 12–22.
  15. Putri, A., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2022). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Adobe Flash Pada Tema Makananku Kesehatanku Untuk Kelas VIII SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 143–150.
  16. Rahmawati, I., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2021). Analisis Kesesuaian Soal Penilaian Tengah Semester IPA dengan Kaidah Penyusunan Soal pada Aspek Bahasa di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3636–3646.
  17. Risdiana, A., Erna, M., & Holiwarni, B. (2022). Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Materi Asam-Basa untuk Kelas XI SMA/MA Sederajat. JIPK: Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 111-117.
  18. Rizkia, A. D., Sjaifuddin, S., & Suryani, D. I. (2022). Development of problem-solving based test instruments to foster the students creative thinking skills on environmental conservation. Jurnal Pijar Mipa, 17(4), 447–454.
  19. Sarip, M., Amintarti, S., Utami, N. H. (2022). Validitas Dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet Untuk Siswa SMA/MA Materi Keanekaragaman Hayati. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 43-59.
  20. Savira, I., & Noorhayati, A. (2019). Desain Instrumen Tes Three Tiers Multiple Choice untuk Analisis Miskonsepsi Siswa Terkait Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2277-2286.
  21. Setya Mustafa, P., & Kukuh Masgumelar, N. (2022). Kajian Review: Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 31–49.
  22. Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  23. Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel.M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Washington: Leadership Training Institute, University of Minnesota.
  24. Utami, T. P., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2022). Pengembangan Soal Uraian Berbasis Indikator Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP/Mts. PENDIPA Journal of Science Education, 2022(6), 129–135.