Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penerapan model CTL berbasis praktikum dalam pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif siswa pokok bahasan koloid kelas XI SMA Swasta Bersama Berastagi. (2) mengetahui korelasi antara skor afektif terhadap hasil belajar siswa pada penerapan model CTL berbasis praktikum pokok bahasan koloid kelas XI SMA Swasta Bersama Berastagi. (3) mengetahui korelasi antara skor psikomotorik terhadap hasil belajar siswa pada penerapan model CTL berbasis praktikum pokok bahasan koloid kelas XI SMA Swasta Bersama Berastagi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Swasta Bersama Berastagi dengan menetapkan 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI Mipa 1 dan XI Mipa 2 masing-masing berjumlah 24 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pretest-postest control group design. Berlandaskan penelitian yang telah dilaksanakan , diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen pada tes awal (pretest) sebesar 59 dan tes akhir (posttest) sebesar 86,13. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen pada awal (pretest) sebesar 53,92 dan tes akhir (posttest) sebesar 75,25. Hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbasis Praktikum mengalami peningkatan sebesar 67% masuk kategori sedang. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 5,58 > 1,72 yang membuktikan hasil belajar siswa dengan menerapkan model CTL berbasis praktikum pokok bahasan koloid kelas XI tidak sama dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model konvensional.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Anna Juniar, Chatrine Monalisa Br Tarigan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
-
Al Idrus, S. W., Purwoko, A. A., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Lingkungan Berbasis Green Chemistry Pada Mata Kuliah Kimia Lngkungan. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 541-547.
Andini, V. (2021). Penerapan model pembelajaran ctl (contextual teaching and learning) berbasis praktikum pada materi pencemaran lingkungan terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik di kelas x (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya)
Annisa, F., Annisa, R. N., Yunita, T., Rafifah, T., & Vichaully, Y. (2023). Peran Mata Kuliah Microteaching dalam Mengembangkan Keterampilan Guru Mengajar di Kelas. Journal on Education, 5(2), 1564-1569.
Anwar, S. (2018). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Pembelajaran Inklusi. Jurnal Ilmiah
Azila, S. N., Laila K. M., Wiwin P. H., & Fatimatul M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbantuan Wayang dalam Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa. Natural Science Education Rea]search. 1(2), 155-162.
Cahyono, H. (2019). Faktor-faktor kesulitan belajar siswa MIN Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1-4.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.
Damanik, R., Sagala, R. W., & Rezeki, T. I. (2021). Keterampilan dasar mengajar guru (Vol. 1). umsu press.
Darimi, I. (2016). Diagnosis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran aktif di sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 30-43.
Lestari, W. P., Ningsih, E. F., Choirudin, C., Sugianto, R., & Lestari, A. S. B. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 28-33.
Mudatsir, M., Ramli, R. B., & Mustakim, M. (2023). Optimalisasi Keterampilan Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendekatan Kolaboratif Era Merdeka Belajar. ARSEN: Jurnal Penelitian Pendididikan, 1(1), 39-49.
Muharmansyah, R., Rahmi, U., Imamuddin, M., & Rahmat, T. (2023). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal on Education, 5(3), 6986-6993.
Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran Kontekstual Dan Pembelajaran Problem Based Learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66-77.
Nababan, D., & Sipayung, C. A. (2023). Pemahaman Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Model Pembelajaran (Ctl). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 825-837.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Naik, G., Chitre, C., Bhalla, M., & Rajan, J. (2020). Impact of use of technology on student learning outcomes: Evidence from a large-scale experiment in India. World Development, 120(1).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Prasetya, D., Rasmawan, R., & Hadi, L. (2021). Pengembangan chemistry quartet card (chemqurca) pada materi sistem koloid di SMA Negeri 8 Pontianak. Jurnal Education and Development, 9(2), 36-41.
Simangunsong, A., Mege, R. A., & Lihiang, A. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. JSPB BIOEDUSAINS, 4(1), 83-88.
Suardi, M (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepublish
Sunismi, Werdiningsih, D., & Wahyuni, S. (2022). Pembelajaran berbasis proyek (project based learning). CV Literasi Nusantara Abadi. Malang.
Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93-101.
Yunita, H., Sesunan, F., Maulina, H., & Suana, W. (2021). Pembelajaran blended learning dengan metode praktikum untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMK. Physics Education Research Journal, 3(2), 133-140.
Referensi
Andini, V. (2021). Penerapan model pembelajaran ctl (contextual teaching and learning) berbasis praktikum pada materi pencemaran lingkungan terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik di kelas x (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya)
Annisa, F., Annisa, R. N., Yunita, T., Rafifah, T., & Vichaully, Y. (2023). Peran Mata Kuliah Microteaching dalam Mengembangkan Keterampilan Guru Mengajar di Kelas. Journal on Education, 5(2), 1564-1569.
Anwar, S. (2018). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Pembelajaran Inklusi. Jurnal Ilmiah
Azila, S. N., Laila K. M., Wiwin P. H., & Fatimatul M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbantuan Wayang dalam Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa. Natural Science Education Rea]search. 1(2), 155-162.
Cahyono, H. (2019). Faktor-faktor kesulitan belajar siswa MIN Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1-4.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.
Damanik, R., Sagala, R. W., & Rezeki, T. I. (2021). Keterampilan dasar mengajar guru (Vol. 1). umsu press.
Darimi, I. (2016). Diagnosis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran aktif di sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 30-43.
Lestari, W. P., Ningsih, E. F., Choirudin, C., Sugianto, R., & Lestari, A. S. B. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 28-33.
Mudatsir, M., Ramli, R. B., & Mustakim, M. (2023). Optimalisasi Keterampilan Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendekatan Kolaboratif Era Merdeka Belajar. ARSEN: Jurnal Penelitian Pendididikan, 1(1), 39-49.
Muharmansyah, R., Rahmi, U., Imamuddin, M., & Rahmat, T. (2023). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal on Education, 5(3), 6986-6993.
Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran Kontekstual Dan Pembelajaran Problem Based Learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66-77.
Nababan, D., & Sipayung, C. A. (2023). Pemahaman Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Model Pembelajaran (Ctl). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 825-837.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Naik, G., Chitre, C., Bhalla, M., & Rajan, J. (2020). Impact of use of technology on student learning outcomes: Evidence from a large-scale experiment in India. World Development, 120(1).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Prasetya, D., Rasmawan, R., & Hadi, L. (2021). Pengembangan chemistry quartet card (chemqurca) pada materi sistem koloid di SMA Negeri 8 Pontianak. Jurnal Education and Development, 9(2), 36-41.
Simangunsong, A., Mege, R. A., & Lihiang, A. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. JSPB BIOEDUSAINS, 4(1), 83-88.
Suardi, M (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepublish
Sunismi, Werdiningsih, D., & Wahyuni, S. (2022). Pembelajaran berbasis proyek (project based learning). CV Literasi Nusantara Abadi. Malang.
Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93-101.
Yunita, H., Sesunan, F., Maulina, H., & Suana, W. (2021). Pembelajaran blended learning dengan metode praktikum untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMK. Physics Education Research Journal, 3(2), 133-140.
